Cara Paling Seru Keliling Kota Malang, Naik Macito!

Advertisement

Kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surakarta dan Surabaya tercatat telah memiliki bus wisata yang memungkinkan wisatawan berkeliling kota menggunakan bus khusus. Berwisata berkeliling kota menggunakan bus ini dikenal dengan istilah city tour. Nah, kini giliran Kota Malang yang memanjakan wisatawan dengan menghadirkan Malang City Tour.

Sudah pernah liburan di Malang? Sudah pernah naik Macito? Nah, kini wisatawan yang berlibur di Malang Kota bisa keliling sambil menikmati keindahan Kota Apel dengan cara yang berbeda dan lebih seru ketimbang naik taksi, angkot atau berkendara sendiri. Adalah Macito alias Malang City Tour, sebuah layanan bus wisata yang menawarkan wisatawan berkeliling kota secara gratis.

Malang City Tour, via instagram
Malang City Tour, via instagram

Macito secara resmi mengaspal di jalanan Kota Malang per tanggal 8 Februari 2015. Modelnya adalah bus berwarna hijau dengan desain jadul. Bus ini terdiri dari dua lantai dengan lantai teratas dalam bentuk bak terbuka ini siap melayani 40 penumpang sekali jalan. Dilansir Travelingyuk dari situs Halo Malang, Macito beroperasi setiap hari di jam 09.00 hingga 12.00 WIB. Khusus hari minggu jam operasional dimulai lebih lambat setengah jam lantaran ada Car Free Day di jalur yang dilalui.

Pemandangan dari atas Bus Malang City Tour, via instagram
Pemandangan dari atas Bus Malang City Tour, via instagram

Lantas mana saja jalur yang dilalui Macito? Bus wisata keliling kota ini akan berkeliling kota melintasi tempat-tempat vital dan terkenal di seputaran Kota Malang. Rute yang dilalui bus ini antara lain start dari Balai Kota Malang – Alun-Alun Merdeka – Jalan Kawi – Jalan Ijen – putar balik di Simpang Balapan – kembali ke Balai Kota.

Jatah keliling kota bus Macito perharinya adalah 3 kali yang mana bagi setiap wisatawan yang ingin merasakan naik bus ini harus menunggu di Tugu Malang di depan DPRD Kota Malang sebelum pukul 09.00. Kawasan Tugu Malang adalah satu-satunya shelter yang digunakan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Menurut mengelola mereka tidak akan menaikkan penumpang di tengah jalan.

Berkeliling menggunakan Macito, via instagram
Berkeliling menggunakan Macito, via instagram

Fasilitas yang diberikan Pemkot Malang ini langsung menarik antusiasme warga kota sekaligus wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. Apalagi menurut sumber, naik Macito tidak dipungut biaya alias gratis. Meski begitu belum banyak wisatawan yang tahu fasilitas gratis ini, banyak dari mereka yang ragu-ragu saat hendak naik ke dalam bus. Sudah pernah naik Macito guys?

Advertisement
Tags
Macito Malang Malang City Tour
Share