Keliling Ho Chi Minh City Jalan Kaki? Bisa Kok!

Helga Christina

Helga Christina

On Kontributor
Keliling Ho Chi Minh City jalan kaki Keliling Ho Chi Minh City jalan kaki

Keliling Ho Chi Minh City tentunya tak lengkap jika belum menyambangi sederet tempat bersejarah dan terkenal. Apalagi kota terbesar di Vietnam ini menyimpan banyak kisah menarik.

Kali ini saya menantang diri untuk mengelilingi Ho Chi Minh City tanpa mengeluarkan uang sepeser pun untuk transporatasi. Saya hanya akan berjalan kaki menyusuri sudut-sudut kota.

Lantas tempat apa yang bisa saya kunjungi? Yuk, simak kisah saya keliling Ho Chi Minh City jalan kaki berikut ini.

Saigon Central Post Office

Saigon Central Post Office (c) Helga Christina/Travelingyuk

Perjalanan kami mulai pukul 10.00 di Saigon Central Post Office. Bangunan ikonik ini terletak di Distrik 1, pusat destinasi wisata dan perbelanjaan di Ho Chi Minh.

Meski fungsi utamanya adalah kantor pos, gedung ini sangat ramai dikunjungi wisatawan karena mengusung arsitektur unik khas era kolonial. Asyiknya lagi, pengunjung bebas masuk untuk berfoto-foto.

Interior di dalam kantor pos (c) Helga Christina/Travelingyuk

Saigon Central Post Office juga menjual berbagai macam oleh-oleh menarik. Jika membeli kartu pos, kita juga bisa langsung mengirimnya ke sanak famili di kampung halaman. Keren ya?

Notre Dame Cathedral of Saigon

Katedral Notre Dame di Saigon (c) Helga Christina/Travelingyuk

Dari Saigon Central Post Office, cukup menyeberang jalan kita sudah sampai di Notre Dame Cathedral of Saigon. Gereja ini juga jadi salah satu favorit wisatawan untuk berfoto-foto karena arsitekturnya juga teramat indah.

Sayangnya saat saya berkunjung ke sana, Notre Dame Cathedral of Saigon sedang dalam perbaikan. Para pengunjung pun harus puas hanya berfoto-foto di luar, karena wisatawan tidak diperkenankan masuk ke dalamnya.

Ben Thanh Market

Motor melintas di depan Ben Thanh Market (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kami lantas melanjutkan perjalanan menuju Ben Thanh Market. Masih di Distrik 1, hanya butuh waktu 10 menit berjalan kaki untuk bisa sampai di pasar terbesar Ho Chi Minh City ini.

Pusat kuliner di Ben Thanh Market (c) Helga Christina/Travelingyuk

Beragam barang dijual di sini, termasuk di antaranya oleh-oleh untuk para wisatawan. Jika belanja di sini, menawar adalah sebuah keharusan karena harga yang ditawarkan kadang lumayan tinggi.

Mencicipi Kopi Vietnam (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 13.00, kami pun memutuskan untuk makan dan istirahat di Hello 5 Coffee. Di sini kami tak lupa memesan kopi Vietnam yang sangat terkenal.

Saigon Municipal Opera House

Foto di depan Saigon Municipal Opera House (c) Helga Christina/Travelingyuk

Dari Benh Thanh Market kami berjalanan kaki sekitar 15 menit hingga akhirnya sampai di Saigon Municipal Opera House. Selama perjalanan kami sempat mampir ke beberapa mall. Pantang dilewatkan karena harga barang di Vietnam termasuk murah. 

Sore itu sedang ada tidak ada pertunjukan di Saigon Municipal Opera House. Kami akhirnya hanya berfoto-foto di sekitar sini. Padahal jika sedang ada jadwal pertunjukkan tentu bakal sangat menarik untuk ditonton.

Couleurs by Réhahn Fine Art Photography

Deretan foto yang dipajang (c) Helga Christina/Travelingyuk

Senang mengunjungi galeri foto? Maka destinasi satu ini tidak boleh terlewatkan. Cukup berjalan kaki sekitar dua menit dari Saigon
Municipal Opera House, kita sudah sampai di Couleurs by Réhahn Fine Art
Photography.

Di sini kita bisa melihat berbagai foto karya Rehahn tentang Vietnam. Kita juga bisa membeli oleh-oleh berupa kartu pos.

Ho Chi Minh Statue

Berfoto di Patung Ho Chi Minh (c) Helga Christina/Travelingyuk

Berikutnya kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 12 menit menuju Patung Ho Chi Minh, salah satu ikon Ho Chi Minh City. Monumen penting ini terletak tengah-tengah taman. Kalian bisa berfoto-foto serta bersantai menikmati pemandangan sekitar.

Perjalanan lantas kami selesaikan di sini karena hari sudah malam. Setelah rampung makan malam, kami memutuskan kembali ke hotel.

Itulah sedikit pengalaman saya keliling Ho Chi Minh City jalan kaki. Bagaimana Teman Traveler, berwisata di Vietnam ternyata tak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya bukan? Tertarik?