Kelebihan Lewat Jalan Tol, Mulus Tanpa Hambatan Bisa Sampai Lebih Cepat

Teman Traveler sudah persiapkan rencana buat mudik? Atau ada yang masih bingung mengenai jalur yang harus dilalui? Nah coba baca ulasan mengenai kelebihan lewat jalan tol berikut. Supaya punya gambaran kalau memutuskan mudik via tol. Sudah siap?

Medan Lebih Mulus

Ilustrasi Medan Lebih Mulus via Shutterstock
Ilustrasi Medan Lebih Mulus via Shutterstock

Teman Traveler yang mudik lewat jalan tol, akan menemui kelebihan berupa medan jalanan yang lebih mulus. Sebab biasanya sebelum mudik tiba, pemerintah setempat memperbaiki jalur tersebut. Mulai dari menambal jalan berlubang sampai memperbaiki lapisan aspalnya. Sehingga umumnya minim jalan rusak.

Nggak Pake Melewati Banyak Stopan

Ilustrasi Nggak Pake Melewati Banyak Stopan via Shutterstock
Ilustrasi Nggak Pake Melewati Banyak Stopan via Shutterstock

Kelebihan lewat jalan tol berikutnya adalah Teman Traveler tidak perlu melewati banyak stopan alias traffic light. Sehingga mobil bisa melaju lebih cepat dan bebas. Teman Traveler memang akan melewati toll gate sembari membayar tarifnya, namun setidaknya nggak sebanyak lampu merah yang biasanya ada di jalur nasional.

Jarak Tempuh Lebih Singkat

Ilustrasi Jarak Tempuh Lebih Singkat via Shutterstock
Ilustrasi Jarak Tempuh Lebih Singkat via Shutterstock

Jalan tol memang dibangun ‘membelah’ suatu daerah, mencari rute tersingkat. Sehingga Teman Traveler yang lewat jalan tol dapat mencapai tujuan lebih cepat daripada saat melalui jalur nasional. Lumayan untuk menghemat waktu, jadi begitu sampai tujuan bisa mempunyai waktu istirahat lebih banyak.

Jalur Mulus Bebas Hambatan

Kelebihan Lewat Jalan Tol
Ilustrasi Jalur Mulus Bebas Hambatan via Shutterstock

Jalur mulus bebas hambatan adalah hal yang memang diunggulkan oleh jalan tol. Selain tidak ada traffic light, Teman Traveler juga tidak akan menemui pengamen maupun pedagang asongan. Mobil pun dapat memaksimalkan kecepatan, namun tetap dalam standar aman, ya.

Fasilitas Rest Area Cukup Lengkap

Kelebihan Lewat Jalan Tol
Ilustrasi Fasilitas Rest Area Cukup Lengkap via Shutterstock

Walaupun jarak tempuh lebih singkat, namun namanya juga perjalanan jauh. Tentunya Teman Traveler tetap perlu istirahat. Nah itulah gunanya rest area yang disediakan di setiap ruas jalan tol. Teman Traveler bisa sekalian isi bensin, makan, ibadah, ambil uang, maupun sekedar meregangkan badan.

Tarif Tol Sudah Ditetapkan

Ilustrasi Tarif Tol Sudah Ditetapkan via Shutterstock
Ilustrasi Tarif Tol Sudah Ditetapkan via Shutterstock

Teman Traveler yang lewat jalan tol, harus siap-siap e-toll atau uang tunai untuk bayar tarif di toll gate. Biaya tersebut sudah ditentukan dari awal, sehingga Teman Traveler dapat memperkirakan pengeluaran sebelum perjalanan mudik. Supaya tahu harus mempersiapkan jumlah saldo pada e-toll.

Seperti itulah setidaknya 6 kelebihan jika Teman Traveler mudik lewat jalan tol. Bahkan untuk mendukung arus mudik tahun 2019 ini, terdapat beberapa jalur baru yang beroperasi secara fungsional. Di antaranya tol Balikpapan-Samarinda, Malang-Pandaan, Palembang-Lampung, dan Manado-Bitung. Teman Traveler lebih suka lewat jalur mana?

Tags
Akomodasi Indonesia Jalan Tol Kelebihan lewat jalan tol Mudik
Share