Kelakuan Menyebalkan Turis di Bali yang Baru-baru Ini Terjadi

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
kelakuan menyebalkan turis kelakuan menyebalkan turis

Tidak ada yang meragukan jika Bali merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang begitu terkenal di mata dunia. Budaya, masyarakat, kuliner sampai dengan alamnya, menyihir turis untuk berdatangan. Tak jarang juga menjadi lokasi syuting beberapa film kondang. Namun dibalik berdatangannya para wisman (wisatawan mancanegara), ada banyak kelakuan menyebalkan turis di Bali yang bikin geleng-geleng.

Turis India Mengutil Barang di Hotel Gianyar

Turis India mengutil di Bali, foto istimewa
Turis India mengutil di Bali, foto istimewa

Di media sosial, teruatama Instagram dan Twitter ramai memperbincangkan tingkah tamu villa di wilayah Gianyar, Bali. Ada sebuah video yang menunjukkan sekuriti sedang membongkar tas tamu wanita. Dan di dalamnya kedapatan sejumlah barang milik hotel, mulai dari lotion, gantungan baju, handuk sampai dengan speaker.

Digadang-gadang ini merupakan turis asal India yang memasukkan properti ke kopernya. Sempat adu mulut, namun akhirnya para turis tersebut telah mengganti rugi sejumlah barang yang diambil dan berdamai.

Turis Tak Mau Membayar di Kafe Ubud

Tidak mau membayar di kafe, foto istimewa
Tidak mau membayar di kafe, foto istimewa

Dari Gianyar kita beranjak ke Ubud, ada juga kasus yang menyebalkan. Di akun Twitter @coraliabali pada Senin (22/7/2019), ada wisatawan bernama Kalee Hewlett yang dilaporkan lantaran ia tidak mau membayar makanan saat mengunjungi Aletheia Blackhouse, coffee shop & gallery yang berada di Sanggingan, Ubud, Bali.

Tidak hanya sekali, wanita tersebut ternyata melakukannya beberapa kali. Dan bikin geramnya lagi, uang yang harus dibayar tidaknya terlalu banyak, hanya Rp95.000 saja. Namun wanita tersebut tidak bersedia membayaranya. Sampai akhirnya di-blacklist oleh sang empunya restoran.

Turis Usir Warga yang Main di Pantai Buleleng, Bali

Turis usir warga setempat, foto istimewa
Turis usir warga setempat, foto istimewa

Ada lagi yang viral di medisa sosial, video turis mancanegara yang mengusir warga lokal yang bermain di pantai yang berada di depan vilanya. Persitiwa ini terjadi di Desa Temukus, Banjar, Buleleng, Bali pada Minggu (21/7/2019).

Awalnya anak turis menghampiri warga lokal, dan memberikan isyarat atau memintanya untuk segera pergi dari pantai tersebut. Tak berselang lama, sang ayah juga datang megusir menggunakan bahasa Inggris. Padahal itu merupakan pantai milik negara, bukan untuk pribadi.

Turis Ceburkan Motor Sewaan ke Pantai

Turis menceburkan motor ke pantai, via Instagram/balilivin
Turis menceburkan motor ke pantai, via Instagram/balilivin

Kelakuan menyebalkan turis lainnya yang bikin geleng-geleng kepala adalah menceburkan motor sewaan ke pantai. Kejadian yang bikin geram ini terjadi pada awal 2019 yang lalu. Di dalam video tersebut, ada beberapa turis yang membawa motor rental ke pantai dan menceburkannya. Tentu saja ini merupakan tindakan yang tidak terpuji dilakukan di tempat wisata, apalagi di negara orang.

Jangan sampai kita mencoreng nama negara kita saat traveling ke berbagai tempat ya Teman Traveler. Yuk jalan-jalan dengan lebih bijaksana.