Pernah Hilang, Ini 3 Wisata Palu yang Selalu Bikin Rindu

Palu adalah Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Asal usul nama kota Palu adalah kata Topalu’e yang berarti lautan. Beberapa tahun yang lalu, Palu pernah mengalami bencana gempa dan pergeseran lempeng sehingga daerah yang tadinya lautan kini terangkat dan membentuk daratan yang sekarang menjadi Kota Palu. Beberapa wisata Palu ini pernah terjadi bencana alam dan sekarang telah diperbaiki.

1. Jembatan Kuning

Jembatan Kuning (c) Muh. Aidil Akbar/Travelingyuk

Jembatan Ponulele atau yang dikenal dengan Jembatan Kuning Palu sendiri merupakan ikon wisata di Kota Palu. Jembatan Ponulele membentang di atas Talise dan menghubungkan Palu Timur dan Palu Barat. Peresmiannya dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bulan Mei tahun 2006. Jembatan ini merupakan jembatan lengkung pertama yang dibangun di Indonesia. Panjang jembatan ini mencapai 250 meter.

2. Pantai Talise

Pantai Talise (c) Muh. Aidil Akbar/Travelingyuk

Pantai Talise adalah pantai yang letaknya tidak begitu jauh dari Kota Palu, tepatnya di sepanjang teluk Palu.  Pantai Talise dikenal sebagai pantai yang memiliki pasir putih dengan ombaknya yang tenang dan memukau. Pantai ini juga memiliki perbukitan yang memesona dan memanjakan mata. Selain menikmati keindahannya, biasanya para pengunjung juga melakukan aktivitas seperti renang, menyelam, memancing, hingga ski air.

3. Masjid Arkam Babu Rahman

Masjid Arqam Babu Rahman (c) Muh. Aidil Akbar/Travelingyuk

Masjid Arqam Babu Rahman ini terletak di Jalan Rono, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat. Masjid yang memiliki nama asli Masjid Arqam Bab Al Rahman ini menyimpan banyak sejarah khususnya untuk mengenang jasa almarhum Syekh Abdullah Raqi alias Datuk Karama. Masjid Apung Palu ini menjadi salah satu ikon ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah.

4. Ketika Bencana Alam Datang

Bencana alam yang pernah terjadi (c) Muh. Aidil Akbar/Travelingyuk

Tapi sayang keindahan-keindahan ini pernah hancur karena adanya musibah bencana alam. Pada 28 September 2018 lalu, Palu mengalami gempa dan tsunami yang begitu dahsyat. Di mana bencana ini tidak hanya menghancurkan keindahan tetapi juga memakan banyak korban jiwa. Bersyukur sekarang Palu sudah mulai bangkit dari keterpurukan. Masyarat kini mulai menjalankan aktivitas dan mulai memperbaiki fasilitas yang ada.

Itulah tadi keindahan-keindahan wisata Palu yang pernah hilang karena bencana alam. Semoga dengan adanya informasi ini Teman Traveler bisa lebih menjaga lingkungannya. Kota Palu adalah kota istimewa yang wajib dikunjungi. Jadi kapan mau main ke sini?

Tags
Palu wisata palu
Share