Tempat Indah yang Pernah Menjadi Lokasi Shooting Film Indonesia

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Karena keindahannya, Indonesia sering menjadi lokasi shooting film-film Holywood. Seperti Pulau Bali yang menjadi lokasi pengambilan gambar film Eat, Pray, Love (2010) yang dibintangi Julia Roberts. Pulau Mursala pun juga pernah muncul dalam film King Kong (2015). Namun tak hanya sinema sekelas Hollywood saja yang mampu mengambil lokasi shooting yang indah. Film nasional tak mau kalah, empat tempat di bawah ini juga pernah muncul dalam sinema Indonesia yang populer.

1. Pulau Satonda, Dompu

Panorama Pulau Watu Parunu [image source]
Pulau Satonda muncul dalam satu film horor nasional berjudul Jailangkung (2017). Di pulau ini kamu bisa menemukan danau air asin di tengah pulau yang terbentuk karena letusan Gunung Satonda. Untuk dapat mencapai Pulau Satonda, kamu perlu menghabiskan waktu sekitar lima jam dari kota Dompu dengan menggunakan kendaraan bermotor dan kapal.

Danau air asin [image source]

2. Bukit Tanarara, Sumba

Lansekap Bukit Tanarara [image source]
Marlina si Pembunuh Dalam Empat Babak adalah film nasional yang mendapat pujian oleh kalangan perfilman internasional di Cannes, Perancis. Karya anak bangsa ini juga menampilkan keindahan Indonesia dalam scene-nya. Mengambil lokasi di Sumba, keindahan Bukit Tanarara digambarkan dengan jelas pada beberapa adegan dalam film yang dibintangi oleh Marsha Timothy tersebut. Saat kemarau, rumput yang ada di sini akan berwarna coklat keemasan. Namun ketika musim penghujan datang warnanya menjadi hijau segar.

Hijau saat musim hujan [image source]

3. Pantai Watu Parunu

Tebing Pantai Watu Parunu [image source]
Pantai Watu Parunu merupakan lokasi syuting film yang dibintangi oleh Nicholas Saputra berjudul Pendekar Tongkat Emas. Salah satu scene di film yang diputar pada tahun 2014 ini menggunakan tebing batu di Watu Parunu. Selain keindahan tebing, di sini juga juga terdapat lubang batu karang besar yang dapat ditelusuri dengan berjalan kaki ketika air surut.

Watu parunu dari ketinggian [image source]

4. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Tepi Pantai Tanjung Tinggi [image source]
Laskar Pelangi (2008), garapan sutradara Riri Reza, menampilkan keindahan Belitung dalam filmnya. Tempat tersebut adalah Pantai Tanjung Tinggi. Luasnya mencapai 80 hektar. Keindahannya tak hanya berupa pasir putih, namun juga batuan granit dengan ukuran besar yang bertumpuk di tepi pantai. Pantai ini cukup aman untuk berenang, karena ombaknya yang tenang dan tak terlalu besar.

Gambar Aerial Watu Parunu [image source]
Tepat sekali apabila film-film Indonesia memilih lokasi di tanahnya sendiri yang indah. Terlebih lagi jika film-film tersebut mendunia. Mana tempat yang sudah pernah kamu kunjungi?