Pulau Nailaka di Bandai Neira, Keindahan Surga Tersembunyi Maluku

Bagi mereka yang ingin liburan sekaligus merasakan pengalaman keluar dari zona nyaman, plesiran ke Indonesia Timur adalah pilihan tepat. Arahkan radar ke Maluku, yang menyimpan sebuah surga kecil tersembunyi di Pulau Nailaka, Banda Neira.

Banda sempat jadi pusat perdagangan rempah di era pendudukan Belanda dan di dalamnya terdapat beragam peninggalan era kolonial. Namun bagi yang ingin wisata dengan nuansa alam yang masih asri, bergeraklah ke Nailaka.

Berikut adalah gambaran keindahan Pulau Nailaka, sebagaimana dituturkan oleh salah satu kontributor Travelingyuk, Venicka Arlia Putriana.

Jauh dari hingar bingar kota

Indahnya perairan di Pulau Nalaika
Indahnya perairan di Pulau Nailaka via Instagram javajourney

Pulau Nailaka sampai saat ini masih belum banyak terendus oleh media sehingga pulau di Banda Neira ini masih sepi pengunjung. Hal itu pula yang membuat suasananya masih terkesan asri dan bersih.

Cocok sekali bagi mereka yang sedang merasa stress atau bosan dengan hingar bingar kehidupan ibu kota. Tak ada salahnya mempertimbangkan datang ke sini. Begitu mendarat di Pulau Nailaka, dijamin semua perasaan negatif tersebut segera hilang.

Transportasi lengkap

Ilustrasi siluet Kapal PELNI
Ilustrasi siluet Kapal PELNI via Instagram andarwansyah

Ada beberapa moda transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai Pulau Nailaka. Dari Ambon, Kapal PELNI siap mengantarkan pengunjung ke pulau dengan jarak tempuh antara tujuh sampai delapan jam. Harga tiketnya berkisar 120 ribu rupiah dan jangan lupa melakukan reservasi terlebih dulu.

Bagi yang ingin sampai lebih cepat, bisa menggunakan kapal non PELNI. Jarak tempuhnya hanya empat sampai lima jam, namun tiketnya lebih mahal. 650 ribu rupiah untuk kursi VIP dan 410 ribu untuk kelas ekonomi.

Ilustrasi pesawat perintis
Ilustrasi pesawat perintis via Instagram imanuel_the_aviationist

Selain itu masih ada pesawat terbang perintis dari Bandara Pattimura. Namun mereka hanya bisa menampung 12 orang penumpang. Jika beruntung, wisatawan bisa menumpang penerbangan ini dengan biaya 350 ribu rupiah dan perjalanan hanya memakan waktu 45 menit.

Wisata alam sembari belajar sejarah

Asyiknya menyelam di Pulau Nailaka
Asyiknya menyelam di Pulau Nailaka via Instagram provokatorpantai

Waktu terbaik mengunjungi Pulau Nailaka adalah antara bulan Oktober hingga November. Saat itu cuaca sedang cerah-cerahnya dan ombak juga tidak terlalu ganas.

Banyak hal menarik bisa dilakukan selama berada di pulau yang ada di Maluku Tengah ini. Pengunjung bisa menikmati keindahan bawah laut dengan diving maupun snorkling. Namun harap tetap memperhatikan gerak-gerik agar tak sampai merusak ekosistem terumbu karang di sekitar.

Benteng Belgica Peninggalan Belanda
Benteng Belgica Peninggalan Belanda via Instagram timur.arafura

Lelah bertualang di perairan sekitar, pengunjung bisa menjajal petualang rasa dengan menikmati manisan pala – camilan rempah yang populer di kalangan wisatawan. Menghabiskan waktu dengan mengunjungi Benteng Belgica peninggalan Belanda juga tak kalah asyik, hitung-hitung sekalian wisata sejarah.

Itulah tadi sekilas mengenai gambaran pesona Pulau Nailaka di Banda Neira. Sudah ada yang tertarik untuk berkunjung? Segera atur jadwalmu dan ajak orang terdekat untuk menikmati surga kecil di tanah Maluku, Banda Neira. Happy Holiday!

Tags
Ambon Maluku Wisata
Share