Libur Panjang Menanti, Ini Lho Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan

Advertisement

Libur panjang menjadi kesempatan buat kamu untuk melakukan berbagai kegiatan yang tidak bisa dilakukan saat minggu kerja. Seperti libur panjang yang akan menyambut kita sebentar lagi, tepatnya libur momen Hari Raya Idul Adha 2023. Berikut adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan selama liburan.

Libur Cuti Bersama Hari Raya Idul Adha 2023

Pemerintah akhirnya menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 29 Juni 2023. Sedangkan tanggal 28 dan 30 Juni 2023, ditetapkan sebagai cuti bersama. Sehingga, libur untuk Idul Adha menjadi 3 hari.

Foto via Okezone

Buat kamu yang libur kerja pada hari Sabtu dan Minggu, ini berarti kamu akan memiliki libur panjang selama 5 hari. Selain itu, liburan ini juga bertepatan dengan libur sekolah kenaikan kelas dan kenaikan tingkat mahasiswa. Libur panjang ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Mengunjungi Destinasi Wisata Impian

Air Terjun Sri Gethuk
Foto via Instagram

Buat kamu yang susah mendapatkan momen liburan untuk mengunjungi destinasi wisata impian, mungkin inilah saatnya kamu untuk bergerak. Kamu bisa mendatangi daftar tempat wisata yang ada dalam bucket list. Misalnya mengunjungi beberapa destinasi wisata alam sekaligus. Selain wisata alam, kamu juga bisa berkunjung ke theme park atau water park bersama keluarga atau teman-teman.

Mendaki Gunung Bersama Teman-Teman

Mendaki gunung bisa jadi salah satu alternatif kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat libur panjang. Ajak serta teman-temanmu agar semakin ramai. Kamu bisa camping dan menikmati waktu bersama teman-teman di tengah alam. Beberapa gunung yang menjadi tujuan favorit para pendaki adalah Gunung Gede Pangrango, Gunung Prau, Gunung Lawu, hingga Gunung Semeru.

Kegiatan Libur Panjang
Ilustrasi via Unsplash

Kamu bisa mendaftar sebelum kuota penuh dan menyiapkan stamina untuk mendaki. Ingat untuk selalu berhati-hati dan jangan meninggalkan sampah apa pun saat kembali turun.

Wisata Religi ke Masjid Terindah

Kegiatan Libur Panjang
Foto via Instagram

Dalam momen Idul Adha, kamu bisa berwisata religi mengunjungi masjid-masjid indah yang ada di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Masjid Istiqlal Jakarta, Masjid Dian Al Mahri Depok, Masjid Al Irsyad Padalarang, Masjid Agung Jawa Tengah, dan masih banyak lagi. Masjid-masjid tersebut dikagumi karena keindahan arsitekturnya. Begitu megah dan indah.

Melakukan Kegiatan yang Memacu Adrenalin

Kegiatan Libur Panjang
Foto via Unsplash

Tak ada salahnya mencoba hal baru. Di saat libur panjang ini, kamu bisa mencoba beberapa kegiatan yang memacu adrenalin dan begitu seru. Seperti melakukan arung jeram, deg-degannya dapet, serunya juga tak ketinggalan. Sudah pernah selusur goa atau memanjat tebing? Kegiatan ini juga bisa kamu lakukan di kala punya banyak waktu. Karena setelahnya, kamu bisa beristirahat untuk memulihkan stamina.

Jangan Ketinggalan Wisata Kuliner

Pasar Blauran Surabaya
Foto via Instagram

Tidak melulu mengunjungi sebuah destinasi wisata, kamu juga bisa berwisata kuliner saat libur panjang. Mencicip berbagai santapan khas nusantara, pastinya ingin kamu rasakan kan? Tapi ingat untuk tidak berlebihan ya!

Kegiatan apa yang paling ingin kamu lakukan saat liburan panjang datang nih, Teman Traveler?

Advertisement
Tags
Cuti Bersama Hari Libur Nasional 2023 Hari Raya Idul Adha 2023 Libur panjang
Share