Kedung Pengilon, Harta Karun Tersembunyi Bantul

Bantul memang terkenal kaya akan wisata alamnya. Pilihan destinasinya beragam, mulai dari yang populer atau tempat yang jarang diketahui. Bagi yang lebih suka opsi terakhir, Kedung Pengilon termasuk salah satu air terjun tersembunyi yang wajib disambangi di Bantul.

Sama seperti air terjun pada umumnya, Kedung Pengilon menawarkan nuansa alami dan panorama indah. Letaknya jauh dari kawasan perkotaan, cocok untuk para pencari ketenangan. Penasaran dengan pesonanya? Simak penjelasan kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia berikut ini.

Pesona Kedung Pengilon

Air Terjun Tersembunyi di Bantul via Instagram yusuf_dzikrianto
Air Terjun Tersembunyi di Bantul via Instagram yusuf_dzikrianto

Daya tari utama Kedung Pengilon tentu saja adalah air terjunnya. Menjulang di ketinggian 10 meter dan memiliki kolam dengan air yang jernih. Pengunjung bisa berenang di sana, namun sebaiknya punya kemampuan menyelam mumpuni. Sebab kedalaman kolam tersebut mencapai delapan meter.

Selain panorama indah air terjun, nuansa alami yang juga memanjakan mata bisa dinikmati di hutan sekitarnya. Suasana di sekitar kawasan wisata Kedung Pengilon masih sangat asri dan sejuk. Beningnya aliran sungai dijamin bakal membuat wisatawan yang bersusah payah datang ke sini merasa puas.

Lokasi dan Akses Jalan

Spot foto di bawah air terjun via Instagram arezataufiq
Spot foto di bawah air terjun via Instagram arezataufiq

Secara geografis, wisata keren ini berada di Dusun Petung, Kecamatan Kasihan Pajangan, Bantul. Wisatawan yang berniat datang ke Kedung Pengilon bisa mencapai lokasi ini menggunakan kendaraan pribadi. Hanya saja harus ekstra hati-hati. Sebab saat memasuki dusun Petung jalannya dipenuhi cukup banyak bebatuan.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga 5 ribu rupiah. Bagi yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir ekstra. Lima ribu untuk mobil dan tiga ribu untuk motor. Cukup terjangkau bukan?

Fasilitas di Kedung Pengilon

Kawasan wisata ini hingga sekarang masih dikelola secara swadaya oleh warga sekitar. Tak heran jika fasilitas yang tersedia masih minim. Untungya kebutuhan dasar seperti tempat parkir dan kamar mandi sudah tersedi. Bagi yang ingin berenang, warga setempat juga menyediakan jasa sewa ban dengan tarif tiga ribu rupiah.

Tips Berkunjung

Kolam alami dengan air yang bening via Instagram arulfriams
Kolam alami dengan air yang bening via Instagram arulfriams

Waktu paling pas untuk mengunjungi Kedung Pengilon adalah saat musim penghujan, namun tunggu hingga hari cerah. Sebab di musim kemarau, debit air akan lebih sedikit atau bahkan kering.

Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, sebaiknya mengurungkan niat turun ke kolam. Kedalamannya mencapai delapan meter dan cukup berbahaya untuk keselamatan.

Mereka yang berniat menambah koleksi foto-foto menarik disarankan datang ke Kedung Pengilon saat hari cerah. Usahakan tak datang saat suasana sudah mulai gelap, sebab air terjun ini berada di tengah hutan dan sepi.

Terakhir, jangan lupa membawa bekal sendiri dari rumah. Kedung ini lokasinya cukup tersembunyi dan fasilitasnya cukup minim. Bakal sulit menemukan warung makanan di sekitar sini.

Itu dia sejumlah keseruan yang ada di Kedung Pengilon. Tertarik datang? Langsung ajak kawan-kawan untuk mencoba wisata keren di Jogja ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata yang disambangi.

Tags
Bantul Jogjakarta Wisata
Share