Kedung Minten, Wisata Hits Anak Muda Tulungagung

Belum lama dibuka untuk umum, Kedung Minten di Desa Klurup, Kecamatan Sendang, langsung ngehits di kalangan milenial Tulungagung. Kesejukan udara di lingkar Pegunungan Wilis, plus hadirnya beberapa spot instagenik, membuat destinasi ini kerap jadi pilihan untuk habiskan momen akhir pekan. Yuk, lihat lebih dekat.

Murah Bonus Teh!

Keindahan kedung dari jarak dekat (c) Akbar Dedy/Travelingyuk
Gudang teh di dekat pintu masuk kedung (c) Akbar Dedy P/Travelingyuk

Berada tak jauh Bumi Perkemahan Jurang Senggani, destinasi ini hanya menarik tiket masuk seharga Rp5.000 per pengunjung. Lembaran tiket yang Teman Traveler dapat, nantinya bisa ditukarkan dengan sebungkus teh produk lokal. Luar biasa! Sudah murah, masih dikasih bonus pula.

Kejernihan Air yang Mempesona

Kedung ini bisa dijadikan tempat bermain air (c) Akbar Dedy P/Travelingyuk

Kedung Minten tawarkan pesona jernih air yang luar biasa. Dilihat dari permukaan saja, sudah tampak deretan bebatuan indah. Siapa yang tak terhipnotis melihatnya? Tak perlu ragu mencelupkan kaki di sini karena mata airnya tidak terlalu dalam. Namun demikian, Teman Traveler yang membawa anak kecil sebaiknya berhati-hati agar si kecil tak sampai terpeleset.

Wahana Menarik yang Bikin Betah

Deretan gazebo untuk beristirahat (c) Akbar Dedy P/Travelingyuk

Sejumlah gazebo, warung, serta tempat peristirahan tersebar di seluruh kawasan Kedung Minten. Semua berpadu apik dengan kearifan alam hijau di sekitarnya. Buat yang ingin berenang, tersedia penyewaan ban seharga Rp3.000 per jam. Murah kan?

Oh ya Teman Traveler, jangan ragu mengisi perut di sini. Warung-warung di sekitar kawasan ini tawarkan harga murah meriah kok. Secangkir kopi misalnya, cuma dibanderol Rp3.000.

Petilasan dan Kebun Teh

Pintu masuk menuju kedung (c) Akbar Dedy P/Travelingyuk

Naik ke atas bukit, terdapat sebuah petilasan yang disinyalir merupakan tempat persemayaman seorang Mataram bernama Nyai Minten. Lantaran sosoknya sangat dihormati, hingga kini petilasan masih dirawat dengan baik dan dibersihkan rutin oleh pengelola wisata. Posisinya berada tepat di antara kebun teh warisan zaman kolonial.

Kebun teh yang sudah ada sejak zaman Belanda (c) Akbar Dedy P./Travelingyuk

Tak hanya sampai situ, Kedung Minten juga menyimpan banyak pesona lain. Terdapat sebuah gedung teh milik Belanda di dekat pintu masuk menuju tempat wisata. Teman Traveler bisa berfoto-foto di sini, dijamin hasilnya bakal kelihatan Instagenic banget.

Petilasan Nyai Minten (c) Akbar Dedy P./Travelingyuk

Itulah sedikit ulasan mengenai Kedung Minten, sebuah wisata eksotis di tengah Pegunungan Wilis. Buat Teman Traveler yang belum tentukan destinasi untuk habiskan akhir pekan, boleh banget agendakan liburan ke Tulungagung dan mampir ke sini bersama teman-teman.

Tags
kontributor Travelingyuk Tulungagung Wisata Tulungagung
Share