Kediaman SBY di Pacitan, Menyelami Masa Muda Sang Pemimpin

Verwati Iriani

Verwati Iriani

On Indonesia
Rumah SBY di Pacitan Rumah SBY di Pacitan

Pacitan merupakan salah satu daerah yang banyak menawarkan pesona alam. Mulai dari gua-gua alami hingga pantainya yang indah. Namun Pacitan pun menyimpan sejarah, salah satunya ada di kediaman SBY – sosok anak bangsa yang pernah memimpin negeri ini.

Susilo Bambang Yudhoyono atau dikenal dengan sebutan SBY, merupakan sosok nomor satu di eranya. Pacitan menjadi saksi bisu dilahirkannya mantan presiden tersebut. Nah, bagi Teman Traveler yang hobi wisata sejarah bisa coba jalan-jalan ke kediaman SBY. Penasaran? Mari simak penuturan kontributor Travelingyuk, Verwati Iriani.

Nuansa Jawa Terasa Kental

Ruang tengah bernuansa kuno
Ruang tengah bernuansa kuno via Instagram chrislelyfw

Kediaman SBY terletak di pusat kota. Walaupun sudah banyak bangunan-bangunan baru, sekitar kawasan pun semakin ramai. Rumah bersejarah tersebut masih berdiri kokoh di balik rumah-rumah baru.

Suasana adat Jawa terasa amat kental Bangunannya dibentuk dengan gaya joglo dan memiliki ruang cukup luas. Sepanjang mata memandang tampak ruang besar tanpa sekat. Daya tarik unik lainnya adalah tiang kayu menjulang tinggi di gerbang depan. Begitu masuk, terlihat lampu besar kuno dengan pancaran sinar yang khas.

Menjelma Tempat Wisata

Kediaman SBY dipenuhi foto beliau (c) Verwati Iriani/Travelingyuk
Kediaman SBY dipenuhi foto beliau (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Kediaman SBY kini dijadikan sebagai tempat wisata. Pengunjung dapat mengetahui bagaimana sosok mantan orang nomor satu Indonesia tersebut di kala muda, dengan berkeliling ke setiap sudut rumah.

Beberapa gambar menarik terpampang di sana. Semuanya melambangkan perjalanan hidup kader Partai Demokrat tersebut. Mulai dari foto pernikahannya dengan Ibu Ani dalam adat Jawa, momen romantis keduanya kala menikmati matahari terbit di gunung Bromo, hingga foto bersama keluarga besar.

Tempat tidur lawas di kediaman masa kecil SBY (c) Verwati Iriani/Travelingyuk
Tempat tidur lawas di kediaman masa kecil SBY (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Nuansa klasik kian terasa dengan adanya beberapa perabot rumah yang masih dijaga keasliannya. Sebut saja mesin ketik kuno, sejumlah gamelan di ruang tengah, serta beberapa pusaka kuno. Pastinya sangat menarik bagi kalian yang hobi berwisata sejarah.

Tampak depan rumah masa kecil SBY
Tampak depan rumah masa kecil SBY via Instagram ritaironadi

Menyusuri setiap sudut rumah, Teman Traveler akan bisa memahami bahwa tempat ternyaman bagi sosok SBY adalah keluarga. Bagaimana beliau menghabiskan masa kecil hingga beranjak dewasa di kediaman orang tuanya di Pacitan. Sedari SD hingga SMA, SBY muda bertempat tinggal di sana, hingga akhirnya beliau memulai pendidikan militernya. Sampai sekarang pun kamar tidur beliau masih terjaga rapi.

Itulah tadi sekilas gambaran mengenai pesona dan daya tarik wisata di Kediaman SBY. Dengan mengunjungi rumah masa kecil mantan Presiden RI tersebut, Teman Traveler sekaligus dapat belajar bahwa sebuah mimpi bukan hanya harapan semata, tetapi cita-cita yang harus terus digapai.