Santai di Kedai Teh Kalasan, Seruput Aneka Teh Berbagai Negara

Advertisement

Teman Traveler termasuk penggemar teh? Jika iya, kalian patut mengagendakan singgah di Kedai Teh Kalasan Jogja. Selain mencicipi teh favorit, di sini kalian juga bisa mengenal ragam teh dari Indonesia hingga mancanegara.

Kedai Teh di Sleman

Kedai Teh Kalasan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Berdiri sejak 2018, artinya tempat ini belum genap berusia satu tahun. Meski terbilang baru, Kedai Teh Kalasan langsung mampu mencuri perhatian dari beberapa kalangan, terutama pecinta teh. Beralamat di Ringinsari, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, kedai ini adalah tempat tepat bagi Teman Traveler yang mengaku sebagai penikmat teh.  

Hadirkan beragam varian teh (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Beragam varian teh bisa Teman Traveler coba di sini. Beberapa bahkan mungkin menawarkan rasa yang selama ini belum pernah kalian coba. Kedai ini buka dari pagi hingga malam, mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Jangan datang hari Senin ya, karena kedai akan tutup.

Suasana Tenang di Pedesaan

Kedai berkonsep klasik tradisional (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Berada jauh dari ramainya perkotaan, tempat ini bisa jadi pilihan tepat untuk kabur sejenak melepas penat. Apalagi lingkungan sekitarnya menawarkan suasana pedesaan, lantaran terletak di sekitar persawahan. Pengunjung akan merasa tenang dan damai saat berada di sini.

Interior kedai pun terasa khas dengan konsep tradisional. Furniturnya terbuat dari kayu, sementara bangunannya mengusung arsitektur ala Jawa. Ngobrol santai bersama teman atau keluarga di sini dijamin bakal bikin lupa waktu.

Spesialis Teh

Beberapa varian teh (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Banyak varian teh yang ditawarkan, lebih dari 30 jenis. Ada yang berasal dari daerah lokal, ada pula yang diimpor dari mancanegara. Bagi pengunjung yang masih awam soal teh, mungkin akan sedikit bingung memilih menu di sini.  

Banyak varian teh menarik (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Meskipun dalam daftar menu tertulis keterangan lengkap, tetap saja nama-nama tersebut bakal terdengar asing bagi mereka yang bukan pecinta teh. Tenang saja, barista di sini akan siap menjelaskan setiap detailnya. Pengunjung bisa sekaligus belajar dan lebih mengenal teh, baik single origin atau blended, jenis Indonesia maupun mancanegara.

Varian Teh dari Lokal Hingga Mancanegara

Perpaduan daun teh dan roasted rice (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Beberapa jenis daun teh, baik dari Indonesia, China, blended, maupun fancy tea memiliki nama-nama yang menarik perhatian. Beberapa di antaranya juga merupakan jenis teh premiumd.

Total ada sepuluh varian teh Indonesia ditawarkan di sini. Seperti Prime Black, kopi hitam Jawa Barat, Redolent Green, teh hijau Sukabumi, serta White Beauty, teh putih dari Sumatera.  

Mengenal banyak tentang teh (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Chinese Tea tak kalah menarik. Total Teman Traveler bisa menemukan dengan lima macam teh asal Tiongkok di sini. Mulai dari Tie Guan Yinyang (premium oolong tea), Raw Pu’erh Da Xue Shan (teh fermentasi sembilan tahun), hingga Blooming Tea, teh hits yang tak hanya enak namun kelihatan cantik – perpaduan daun teh dan bunga kering.

Tiap Teh memiliki cita rasa tersendiri (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain dari Indonesia dan China, pilihan teh juga hadir dari negara lain seperti Jepang dan Eropa. Beberapa blended tea yang menarik perhatian adalah Fruhlingszauber, yakni teh dengan rasa campuran buah seperti melon dan peach. Selain itu ada Mandelplatzchen, merupakan perpaduan green tea, kelapa, dan almond.

Sudah terbayang bagaimana nikmatnya sajian teh tersebut? Dengan begitu banyaknya pilihan teh, semua kembali tergantung selera. Pastinya, tiap teh memiliki cita rasa khas sendiri. Untuk bisa menikmati kesegaran teh-teh tersebut, cukup siapkan uang antara Rp12.000 hingga Rp20.000.

Menu Pendamping Teh

Cemilan pendamping teh (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Tak lengkap rasanya menikmati teh tanpa makanan sebagai teman minum. Selain menawarkan menu berat, kedai ini juga memiliki pilihan makanan ringan. Ada menu nusantara dan menu western yang keduanya cocok untuk menjadi pelengkap minum teh.

Beberapa menu berat seperti nasi goreng, nasi ayam, dan bakmi dibanderol dengan range harga Rp18.000 hingga Rp25.000. Sementara jika ingin menu lebih ringan, Teman Traveler bisa memesan snack seperti banana toast, sandwich, mendoan, tahu bakso, atau singkong keju kukus. Cukup terjangkau karena hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 hingga Rp20.000.

Keseruan di Kedai

Kedai dipenuhi pohon markisa (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sekeliling kedai dipenuhi pohon markisa yang tumbuh subur, dengan buah lebat. Maka tak heran, jika Teman Traveler bisa memesan beberapa menu berbahan dasar markisa di sini.

Menariknya, pihak kedai sesekali mengadakan acara panen buah markisa yang bisa diikuti oleh pengunjung. Mereka juga kerap menggelar kontes mengukir gambar di atas markisa yang belum matang. Pemenangnya akan mendapat bibit markisa dan teh speial yang tidak dijual di kedai. Tertarik ikut serta?

Jangan lupa ngeteh! (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Menyeruput berbagai varian teh di Kedai Teh Kalasan dijamin membuat hati dan pikiran lebih rileks. Segera agendakan berkunjung ke sini bersama teman, keluarga, atau pasangan. Jangan lupa mampir dan temukan teh favorit di sini jika Teman Traveler sedang berada di Jogja.

Advertisement
Tags
kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta Travelingyuk
Share