Deretan Kedai Kopi Legendaris Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Siapa yang tak suka dengan kopi? Menikmati minuman yang satu ini kini bahkan menjadi salah satu gaya hidup. Belum keren kalau tak ngopi cantik di kafe atau restoran. Namun, disamping makin banyaknya gerai modern bermunculan, deretan kedai kopi legendaris Indonesia ini tidak tergeser dan tetap diminati oleh pelanggan setianya. Di mana saja ya?

1. Kopi Es Tak Kie, Jakarta

Kopi Es Tak Kie
Kopi Es Tak Kie via Instagram/@gemasakti

Nama Kopi Es Tak Kie tidak asing di telinga pecinta kuliner legendaris Jakarta. Kedai sederhananya berlokasi di Jalan Pintu Besar Selatan III, Gang Gloria No. 4 – 6, Glodok, RT.7/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Meski harus masuk gang-gang kecil, kedainya tak pernah sepi. Dari tahun 1927, kopi es di sini masih menggunakan racikan dari bahan yang sama. Tak hanya kopi, kamu juga bisa memesan bakmi dan makanan lainnya. Kong Latief, sang pemilik akan memesankan dari luar kedai, Tujuannya adalah agar bisa bagi rejeki dengan pedagang lain.

Kopi Es Tak Kie, Glodok, Jakarta
Kopi Es Tak Kie, Glodok, Jakarta via Instagram/@jacksenmenardi

2. Kim Teng, Pekanbaru

Kim Teng
Kim Teng via Instagram/@takdare

Saat jalan-jalan ke Pekanbaru, pastikan Kedai Kopi Kim Teng masuk dalam daftar destinasi yang wajib dikunjungi. Kedainya sudah buka sejak tahun 1950an dan sudah menjadi langganan banyak pejabat. Bijinya didatangkan langsung dari Kerinci, Jambi. Kedai Kim Teng pun memanggang sendiri biji Arabica yang digunakan untuk disuguhkan pada para pelanggannya. Jangan lupa juga mencoba roti selai sarikaya yang menjadi teman sempurna ngopimu. Penasaran? Mampir saja ke kedainya yang berlokasi di Jalan Jalan Senapelan 22, Pekanbaru.

Kopi Kim Teng
Kopi Kim Teng via Instagram/@desmonginting

3. Kedai Kopi Bhineka Djaja, Bali

Kedai Kopi Bhineka Djaja
Kedai Kopi Bhineka Djaja via Instagram/@budiantoaris11

Sudah bukan rahasia, Bali adalah surganya kafe kopi. Meski begitu, Kedai Kopi Bhine Djaja yang sudah buka dari tahun 1935 tidak pernah sepi pengunjung. Mampir saja ke Jalan Gajah Mada No.80, Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali dan mencicipi sendiri kopi enaknya. Jangan mencaroi kopi kekinian di sini. Kamu akan disughi kopi original di dalam bangunan yang masih jadul. Serasa kembali ke jaman dulu. Di sini kamu juga bisa memborong kopi untuk oleh-oleh.

Kopi di Kedai Kopi Bhineka Djaja
Kopi di Kedai Kopi Bhineka Djaja via Instagram/@can.dri

4. Rumah Kopi Tikala, Manado

Rumah Kopi Tikala
Rumah Kopi Tikala via Instagram/@imankrisman

Pecinta kopi wajib mampir ke Rumah Kopi Tikala yang berlokasi di Jalan Sudirman 2, Komo Luar, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara. Kedai kopi sederhana ini sudah berdiri selama 70 tahunan dan sudah turun temurun ke tiga generasi. Hanya ada kopi dan kue-kue di sini, namun Rumah Kopi Tikala selalu ramai. Tak hanya kopi yang jadul, rumahnya pun masih terlihat kuno yang justru menambah rasa betah bagi para pengunjungnya. Cocok nih untuk ngopi pagi karena sudah buka sejak pukul 6.

Rumah Kopi Tikala Manado
Rumah Kopi Tikala Manado via Instagram/@mdofoodies

Nah, percaya kan kalau kedai kopi legendaris Indonesia tidak akan tergeser hanya karena banyak kafe bermunculan. Bagaimana, kamu sudah coba yang mana saja?

Tags
Indonesia kedai kopi kuliner legendaris
Share