Seperti Masuk Museum, Kedai Havelaar di Jakarta Sajikan Menu Favorit Para Pahlawan

Tak sulit untuk berburu kuliner di Jakarta. Mulai dari makanan tradisional hingga kekinian, semua bisa dijumpai di ibukota ini. Nah, yang akan Travelingyuk bahas kali ini adalah tempat makan yang sangat unik dan memiliki konsep tak biasa yaitu Kedai Havelaar. Bertema nasionalis, tempat ini juga menyajikan beberapa hidangan favorit para pahlawan. Wah, seperti apa ya keunikannya?

Konsep Nasionalis

Konsep Nasionalis
Konsep Nasionalis via Instagram/huriyaniazra

Berbeda dari tempat lainnya, Kedai Havelaar mengusung konsep sejarah dan mengemas suasana berlatar belakang kebangsaan. Pengunjung akan dibuat kagum dengan adanya mural serta beberapa foto para pahlawan Indonesia seperti Soekarno, Hatta, dan lain-lain yang terpajang di seluruh dinding kedai. Mereka juga diberikan sensasi makan seperti di sebuah museum. Selain itu pihak kedai juga memutarkan lagu bertema kebangsaan. Berlokasi di Jl. Boulevard Raya Blok QJ3, No. 24, Kelapa Gading, Jakarta Utara, kedai buka setiap hari mulai jam 10.00 hingga pukul 22.00 malam.

Terinsipirasi dari Novel

Terinsipirasi dari Novel
Terinsipirasi dari Novel via Instagram/abditoyota86

Mengusung tempat yang unik yakni bertema nasionalis, kata Havelaar sendiri diambil dari novel bernama Max Havelaar yang merupakan karya dari Multatuli. Novel yang rilis sejak tahun 1860 ini memberikan pengaruh yang besar bagi rakyat Indonesia. Di novel tersebut menceritakan sistem tanam paksa yang menindas kaum bumiputera di daerah Lebak.

Max Havelaar merupakan satu karya yang diakui sebagai bagian dari karya sastra dunia. Setelah itu muncul lah suatu kelompok baru Hindia Belanda yang menggerakkan kesadaran nasionalisme Indonesia seperti Soekarno, Hatta, Sultan Syahrir, dan lain-lain.

Menu-Menu Favorit Para Pahlawan

Menu Favorit Para Pahlawan
Menu Favorit Para Pahlawan via Instagram/kedaihavelaar

Selain mengusung konsep nasionalis, Kedai Havelaar juga menyediakan berbagai menu tradisional yang menjadi favorit para pahlawan. Beberapa contohnya seperti Bung Karno menyukai sayur lodeh, rawon, dan sate. Untuk Bung Hatta, beliau lebih menyukai macam-macam sayuran seperti tumis kangkung dan sayur bayam. Maka tak heran menu-menu yang disajikan merupakan makanan rumahan.

Sang pemilik lebih memilih sate sebagai menu utama karena memiliki rasa berbeda dari yang lain. Tekstur dagingnya terasa empuk dan juga bumbunya meresap secara sempurna. Untuk menunya Kedai Havelaar menawarkan harga mulai dari Rp20.000 per porsi.

Menambah Pengetahuan Tentang Sejarah

Menambah pengetahuan tentang sejarah
Menambah pengetahuan tentang sejarah via Instagram/luciararas

Kedai ini memiliki tujuan sendiri yaitu untuk membangkitkan rasa nasionalisme terutama pada generasi muda. Sang pemilik menganggap bahwa generasi muda saat ini lebih banyak bermain dengan gadgetnya sehingga tidak mencari tahu bagaimana cerita dan perjuangan para pahlawan terdahulu. Karenanya di setiap meja makan diberi beberapa potongan cerita para pahlawan yang dilapisi dengan kaca. Hal ini bertujuan agar pelanggan yang datang dapat menambah pengetahuan. Konsep dari kedai ini tak hanya membuat konsumen datang dan kenyang, melainkan dapat menambah pengetahuan akan sejarah di Indonesia.

Dalam rangka menyambut hari pahlawan, Teman Traveler wajib berkunjung dan mencoba hidangan Kedai Havelaar. Jangan lupa ajak keluarga dan kerabat dekat ya! Bagaimana, ada Teman Traveler yang sudah pernah bertandang ke sini?

Tags
Indonesia Jakarta Jawa Barat kedai havelaar kuliner kuliner jakarta
Share