Kebun Raya Purwodadi, Ada Koleksi Anggrek Langka-nya Lho

Meski bukan termasuk tujuan wisata favorit, Pasuruan tidak bisa dipandang sebelah mata lho Teman Traveler. Salah satu wilayah di Jawa Timur ini punya banyak tempat menarik untuk disambangi. Salah satu yang cukup saya rekomendasikan adalah Kebun Raya Purwodadi.

img20181217162742_01_FiM.jpeg
Bangunan unik di Kebun Raya Purwodadi (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Sesuai namanya, di Kebun Raya Purwodadi pengunjung bakal disuguhi beragam tanaman hias indah. Menempati area yang begitu luas, Teman Traveler dijamin bakal puas menikmati eloknya flora dari banyak jenis dan daerah. Penasaran? Yuk, simak pengalaman saya selama menjelajah di sana.

Catet Dulu Lokasi dan Tiket Masuknya

Kebun Raya Purwodadi beralamat di Jalan Raya Surabaya-Malang KM 65, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya berada tepat di pinggir jalan raya yang menghubungkan Malang,
Surabaya, dan Pasuruan.

Tiket masuk tempat wisata ini dibanderol Rp9.500 per orang, khusus untuk wisatawan domestik. Sementara untuk turis asing, wajib membayar Rp 15.500 per orang. Buat yang menumpang kendaraan bermotor, wajib membayar retribusi senilai Rp3.000 untuk sepeda motor, Rp5.500 untuk mobil, dan Rp10.500 untuk bus.

Tempat indah berisi aneka koleksi botani ini bisa Teman Traveler sambangi setiap hari. Mereka biasanya buka mulai pukul 07.00 hingga 16.00. Jangan sampai salah jam berkunjung ya.

Main-main di Taman Bougenville

img20181217155618_01_C2U.jpeg
Suasana di dalam kebun (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Kebun raya ini memiliki lebih dari 2.000 jenis koleksi tanaman, terdiri dari 11.000 spesies berbeda. Semuanya ditata rapi di atas lahan seluas 85 hektar. Fasilitas ini sendiri sudah berdiri sejak 1941, sebagai bentuk pemekaran Kebun Raya Bogor. Di dalamnya Teman Traveler akan menemukan beberapa area tematik sesuai tanaman yang dikembangkan.

Area pertama yang saya sambangi adalah Taman Bougenville. Kawasan favorit pengunjung ini tawarkan pemandangan apik untuk berfoto. Teman Traveler bisa langsung berpose dengan latar belakang bunga bougenville yang bercorak merah, merah muda, maupun jingga. Semuanya tampak tertata dan memberi rasa nyaman.

Jalan-jalan Seru di Taman Meksiko

img20181217160236_01_5dN.jpeg
Berfoto di Zona Tanaman Meksiko (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler bisa menemukan beberapa tumbuhan khas daratan Meksiko, seperti kaktus dan lainnya. Hampir semua tanaman di sini berukuran besar dan rata-rata tidak membutuhkan banyak air untuk tumbuh subur. Kawasan ini juga kerap menarik perhatian pengunjung lantaran suasana yang ditawarkan cukup berbeda.

Green House Anggrek

Bagi pecinta tanaman Anggrek, jangan lewatkan mampir ke rumah kaca yang berisi lebih ndari 2.000 koleksi Anggrek. Di dalamnya Teman Traveler bisa melihat tak kurang dari dari 319 jenis orchid, tujuh di antaranya merupakan endemik Jawa Timur. Beberapa juga merupakan jenis anggrek yang sudah sangat langka.

Fasilitas Lengkap

img20181217162610_01_x9Z.jpeg
Santai di sekitar kebun (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Sebagai area wisata, Kebun Raya Purwodadi tawarkan fasilitas lumayan lengkap. Buat pengunjung yang mengajak si buah hati, terdapat area khusus permainan anak. Di sini sudah tersedia beberapa keseruan untuk dicoba, seperti perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, dan masih banyak lagi.

Jika sudah bosan, Teman Traveler juga bisa ajak si kecil ke kolam khusus anak. Suasana yang ditawarkan cukup unik karena kolam nampak dikelilingi pepohonan rimbun.

Jangan lewatkan juga asyiknya santai di sekitar danau wisata. Di sini Teman Traveler bisa nikmati pemandangan alam memikat, sekaligus merasakan serunya duduk di atas bebek-bebekan. Bakal makin mengesankan jika kalian ditemani sahabat maupun sosok terkasih.

Pengelola juga sudah menyediakan sejumlah fasilitas lain seperti toilet di beberapa titik, mushola, dan gazebo untuk bersantai. Jika ingin habiskan waktu lama, sudah tersedia penginapan dan area khusus untuk mendirikan tenda alias kemping. Namun untuk opsi terakhir, Teman Traveler wajib meminta izin dulu pada petugas setempat.

Itulah pengalaman saya jalan-jalan menikmati indahnya Kebun Raya Purwodadi. Buat Teman Traveler yang sedang keliling wisata Malang atau sekitarnya, boleh coba rasakan asyiknya habiskan pekan di sini ya. Setuju, kan?

Tags
Indonesia kebun raya purwodadi kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share