Kebun Raya Indrokilo, Kawasan Mistis yang Kini Jadi Wisata Anyar Boyolali

Warga Boyolali dan sekitarnya boleh bergembira karena pilihan destinasi wisata dan edukasi kini semakin bertambah dengan hadirnya Kebun Raya Indrokilo. Digagas oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali, tempat seluas 8,9 hektar ini rencananya baru akan resmi dibuka pada 2019. Namun meski masih dalam tahap pengerjaan, pengelola sudah mulai menerima wisatawan yang ingin berkunjung ke sini.

Sebelumnya Indrokilo dikenal sebagai kawasan yang identik dengan nuansa mistis. Konon banyak orang berbondong-bondong mencari pesugihan ke tempat ini. Namun Bupati Boyolali, Seno Samodro, bertekad untuk mengubah citra tersebut dengan menjadikannya sebagai tempat wisata. Lantas apa saja hal-hal menarik yang ditawarkan oleh Kebun Raya Indrokilo?

1. Konservasi dan hiburan

Pengunjung berjalan-jalan di kawasan Kebun Raya Indrokilo via Instagram anda_ari

Bupati Seno Samodro menjelaskan bahwa Kebun Raya Indrokilo nantinya akan dijadikan sebagai tempat untuk konservasi sekaligus sarana hiburan rakyat. Koleksi tanaman yang ada di sini sebagian merupakan tumbuhan khas hutan hujan di Jawa Timur.

2. Taman tematik serta fasilitas lengkap

Senja di Kebun Raya Indrokilo via Instagram bayuthan

Kebun Raya Indrokilo tak main-main dalam upayanya menarik pengunjung. Taman yang ada di sini dirancang sedemikian rupa hingga memiliki tema tertentu, seperti paku-pakuan, taman labirin, rumah kaca, dan taman energi terbarukan. Selain itu wisatawan bakal dimanjakan dengan berbagai fasilitas menarik, seperti tiket masuk gratis dan WiFi kecepatan tinggi. Namun demikian, semua pengunjung diwajibkan berjalan kaki atau menggunakan sepeda ketika berada di dalam kompleks kebun raya.

3. Patung serta bangunan artistik

Kebun Raya Indrokilo ke depannya juga akan menjadi salah satu spot wisata Boyolali yang menawarkan berbagai sudut cantik untuk berfoto selfie. Pengelola sejauh ini sudah menyiapkan beberapa bangunan dan patung artistik untuk kebutuhan tersebut.

Gerbang mirip Chiang Kai Sek Memorial di Kebun Raya Indrokilo via Instagram nunna_najma

Salah satunya adalah patung Mahesa Jenar, salah satu tokoh dalam cerita pewayangan. Selain itu masih ada gerbang ala Tiongkok setinggi 30 meter, yang konon terinspirasi dari Chiang Kai Shek Memorial yang ada di Taiwan. Ditambah lagi ada jembatan ikonik yang bisa dijadikan spot foto-foto.

4. Arena pertunjukan

Taman Paku di Kebun Raya Indrokilo via Instagram galihranty

Kebun Raya Indrokilo juga diproyeksikan tak hanya sebagai tempat konservasi tumbuhan, namun juga ajang untuk menggelar berbagai pertunjukan kebudayaan. Menurut Bupati Seno Samodro, di masa mendatang tempat ini akan sering diramaikan dengan pagelaran wayang, tari-tarian, maupun musik jazz. Desain dan konsep Kebun Raya Indrokilo sendiri banyak terinspirasi dari Kebun Raya Bogor dan diharapkan bisa menandingi popularitasnya.

5. Lokasi

Kebun Raya Indrokilo cukup mudah dicapai dari pusat kota Boyolali. Letaknya hanya sekitar lima kilometer jika kamu bergerak dari Alun Alun Lor Boyolali. Sedangkan untuk lokasi tepatnya ada di Gunungsari, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo.

Gerbang Taman Paku di Kebun Raya Indrokilo via Instagram Faddina

Sekali lagi, tempat wisata ini masih dalam tahap pembangunan meski para pengunjung sudah diperkenankan untuk melihat-lihat. Jadi tidak perlu heran jika di sisi kiri atau kanan jalan paving masih ada beberapa gundukan tanah yang terkesan belum rapi.

Itulah tadi sekilas mengenai beberapa hal-hal menarik yang bisa Anda dapatkan di Kebun Raya Indrokilo. Tentunya masih akan ada banyak lagi keunikan yang muncul dari kawasan konservasi ini, jika sudah resmi dibuka pada 2019 mendatang.

Tags
Boyolali Indonesia Jawa Tengah kebun raya boyolali kebun raya indrokilo
Share