6 Destinasi Petik Buah Naga di Pulau Jawa

Traveler tentu tidak asing dong dengan tanaman buah naga. Buah yang berasal dari tanaman sejenis kaktus ini memiliki empat varian yaitu buah naga berwarna hitam, merah, putih dan kuning. Buah naga sendiri kian digemari masyarakat Indonesia karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dari situ kemudian hadir perkebunan buah naga di berbagai wilayah di Indonesia dan tak sedikit yang dibuka untuk kepentingan pariwisata bertajuk agrowisata.

Sebelumnya sudah banyak agrowisata di Indonesia yang menawarkan kepada pengunjung sensasi memetik buah langsung dari kebunnya. Saat euforia buah naga sedang mencuat muncul lagi wisata agro baru yang menawarkan pengunjung memetik buah naga langsung. Agrowisata seperti ini banyak dijumpai di pelosok negeri. Tapi buat traveler yang ada di pulau Jawa, Travelingyuk coba rangkumkan 6 kebun buah naga yang bisa kamu jadikan destinasi wisata bersama keluarga dan teman-teman.

1. Pantai Pandansari, Yogyakarta

Pantai Pandasari [image source]
Jika biasanya main ke pantai itu identik dengan berenang dan bermain pasir maka lain halnya jika traveler berkunjung ke Pantai Pandasari. Pantai di pesisir selatan Yogyakarta ini terkenal memiliki ombak besar yang berbahaya untuk digunakan bermain-main. Akan tetapi ada hal menarik lain yang bisa dilakukan di sana salah satunya adalah berkunjung ke agrowisata kebun buah naga.

Pantai pandanwangi [via]
Kebun buah naga di pantai Pandansari ini terletak di Dusun Wonoroto, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul. Pantai ini begitu terkenal karena keberadaan mercusuar tinggi yang digunakan traveler sebagai spot fotografi. Dari atas mercusuar ini terlihat jelas hamparan luas kebun buah naga di pesisir pantai. Traveler pun berkesempatan untuk masuk ke dalam kebun buah naga dan memetiknya langsung di lokasi. Kebun buah naga yang mulai dikembangkan tahun 2007 ini menjadi destinasi favorit traveler. Untuk satu kilogram buah naga dihargai sebesar Rp30.000,00.

Alamat: Sanden, Gadingsari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763, Indonesia

2. Waras Farm, Cilegon

Waras farm [image source]
Waras Farm adalah agrowisata di daerah Cikerai, Cilegon, provinsi Banten. Traveler bisa menjumpai banyak tanaman buah di dalam kebun tersebut seperti buah pepaya California hingga buah naga. Artinya kebun ini bisa kamu jadikan destinasi wisata memetik buah naga di kawasan pulau Jawa bagian barat.

Waras Farm [via]
Waras Farm dikelola oleh Ir. Rasmidi, seorang insinyur pertanian dari Universitas Brawijaya yang telah memiliki pengalaman di bidang perkebunan dan pertanian selama lebih 20 tahun. Menariknya Waras Farm selain menjadi destinasi wisata agro juga menjadi pusat pengembangan tanaman dan pembibitan di mana berbagai macam bibit tanaman unggul diproduksi dan dipesan oleh perusahaan negara. Lokasi Waras Farm yang berada di pegunungan Cikerai membuat kondisi udara di sana sangat sejuk sehingga banyak tanaman yang cocok tumbuh di kawasan tersebut.

Alamat: Jl. Lebakkayang Kp. Perigi Cikerai, Cibeber, Cikerai, Kec. Cilegon, Kota Cilegon, Banten 42427, Indonesia

3. Keboen Nogo, Bululawang, Malang

Kebun buah naga [image souce]
Jika kota Batu terkenal sebagai penghasil buah apel maka kecamatan Bululawang adalah penghasil buah naga. Kedua daerah ini sama-sama berada di wilayah Malang. Adalah Keboen Nogo di kecamatan Bululawang disebut-sebut sebagai pioneer pengembangan agrowisata buah naga di Malang loh. Jadi kalau liburan ke kota ini jangan lupa mampir ke Keboen Nogo ya.

Keboen Nogo, Bululawang, Malang [image source]
Keboen Nogo, Bululawang, Malang [image source]
Malang memang memiliki banyak potensi wisata terutama wisata agro. Belum cukup mengembangkan wisata petik apel di kota Batu lagi-lagi mereka membuka kawasan agro berupa kebun buah naga berkualitas tinggi di kecamatan Bululawang. Luas perkebunan di sana tidak tanggung-tanggung yaitu 300 hektar dengan kapasitas produksi mencapai 38 ton per hektarenya. Kawasan agrowisata buah naga ini terus gencar dipromosikan pemerintah setempat untuk menarik banyak kunjungan wisatawan.

Alamat: Gg. Koramil, Pakisaji, Bululawang, Malang, Jawa Timur 65162, Indonesia

4. Desa “Buah Naga” Sambirejo, Banyuwangi

Buah naga [image source]
Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke kebun buah naga tanpa mengunjungi daerah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Buah Naga. Inilah kabupaten Banyuwangi, daerah ini mendapat julukan sebagai Kota Buah Naga lantaran produksi buah dari tanaman sejenis kaktus yang melimpah terutama di daerah desa Sambirejo, kecamatan Bangorejo.

Buah naga Banyuwangi [via]
Di desa tersebut tercatat ada 18 kelompok tani yang mengembangkan agrowisata buah naga di desa Sambirejo. Saking banyaknya petani buah naga di daerah tersebut sampai-sampai desa Sambirejo dijuluki sebagai Desa Buah Naga. Keuntungan traveler yang datang langsung ke kebun, mereka bisa memetik buah dengan tangan sendiri dan yang pasti mendapatkan harga yang lebih murah. Jika di pasaran buah naga dijual dengan harga Rp25.000,00 per kilogram maka mereka yang memetik langsung dan membeli pada petaninya konon bisa mendapatkan harga Rp10.000,00 per kilo gramnya.

Alamat: Sambirejo, Bangorejo, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia

5. Warso Farm, Bogor

Buah naga [image source]
Warso Farm sudah sangat terkenal di Bogor sebagai kebun durian. Namun jika melihat bagian depan kebun ini terdapat patung buah durian dan di sampingnya juga ada patung buah naga artinya di tempat ini juga menanam buah naga. Tidak seperti wisata agro lainnya yang bebas dikunjungi wisatawan kapan saja. Untuk datang ke Warso Farm dan memetik buah sendiri mereka harus datang pada saat musim panen.

Warso Farm [via]
Warso Farm menyediakan tempat khusus untuk pengunjung yang ingin membeli buah dan juga aneka minuman dari buah-buahan. Kawasan buah ini buka setiap hari sedangkan jika traveler mau melakukan tur berkeliling kebun harus datang pada hari Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional, pada pukul 07.00 – 17.00. Tapi pengunjung dilarang memetik buah ya jika datang di luar musim panen. Lokasi Warso Farm berada di desa Cihideung, kecamatan Cipelang, Bogor. Rute yang bisa dilalui yaitu lewat tol Jagorawi dan keluar lewat tol Ciawi. Lanjutkan perjalanan lewat jalur menuju Sukabumi dan di pertigaan Caringin belok ke kanan hingga bertemu tugu durian dan buah naga yang besar.

Alamat: Jl. K. H. Halimi, Cipelang, Cijeruk, Cipelang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat 16740, Indonesia

6. Taman Agrowisata Buah Naga Kusuma Wanadri, Yogyakarta

Buah naga [image source]
Kembali lagi ke Jogja, selain di Pantai Pandansari, Bantul, traveler juga bisa menikmati sensasi memetik buah naga di Taman Agrowisata Buah Naga Kusuma Wanadri, Kulonprogo. Alamatnya berada di kawasan Blebekan, Glagah Indah, kecamatan Temon, kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta atau traveler bisa mencari jalur menuju ke Pantai Glagah, pantai paling populer di kabupaten tersebut.

agrowisata Kusuma Wanadri [via]
Kebun buah naga seluas 2,5 hektare ini memproduksi dua varian buah naga yaitu yang berdaging putih dan merah. Umumnya wisatawan yang selesai rekreasi di Pantai Glagah akan mampir ke agrowisata ini . Kalau sedang musim panen mereka diperkenankan untuk memetik buah naga langsung menggunakan tangan mereka sendiri. Kalau belum musim panen paling-paling traveler muda tetap terhibur dengan foto-foto di tengah kebun yang sangat luas atau berbelanja aneka olahan buah naga seperti selai atau pun sirup. Saat panen raya buah naga di kebun ini tidak hanya dijual pada wisatawan namun juga disetor ke supermarket di wilayah Jakarta loh.

Alamat: Blebekan, Glagah Indah, kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta

7. Agrowisata Kebun Buah Naga Rembangan

Buah naga [image source]
Saat hari biasa saja kawasan Agrowusata Rembangan di Jember ramai dikunjungi wisatawan apalagi saat musim libur tiba. Memang buah naga saat ini menjadi salah satu santapan favorit saat siang bolong yang begitu segar. Buah naga di tempat ini termasuk organik dan memiliki kandungan gizi yang banyak. Uniknya, kamu bisa memetik sendiri tentunya kamu akan didampingi oleh para pekerja. Dengan begitu kamu juga akan dibekali dengan pengetahuan seputar tanaman buah naga. Siapa tau kamu berminat untuk menanamnya di pekarangan rumah.

Buah naga [image source]
Lokasi : Kemuninglor, Arjasa, Jember

Bagi sobat Travelingyuk yang punya referensi agrowisata petik buah naga di daerahmu bisa mempromosikannya lewat kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Tags
Banyuwangi Buah Naga Cilegon Indonesia Jawa Barat Jawa Timur Malang Yogyakarta
Share