Kebun Buah Mangunan, Tempat Terbaik Kagumi Sunrise di Jogja

Bicara soal tempat wisata di Jogja tak bakal pernah ada habisnya. Ada banyak pantai di pesisir selatan yang menarik dikunjungi. Jika merasa bosan dengan pantai, bisa coba mengunjungi wisata alam di daerah Bantul, Kebun Buah Mangunan.

Kebun Buah Mangunan ini berada di ketinggian 200 mdpl, yang sekaligus membuatnya mendapat julukan Negeri di Atas Awan. Dibangun pada tahun 2003, lokasi keren ini memiliki luas sekitar 23 Hektar. Lantas apa saja pesona menarik lainnya? Simak penuturan kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia berikut ini.

Pemandangan Gunung Berselimut Awan

Duduk santai di Gazebo Kebun Buah Mangunan via Instagram randimaulaana
Duduk santai di Gazebo Kebun Buah Mangunan via Instagram randimaulaana

Berada di ketinggian, pengunjung bakal disuguhi pemandangan luar biasa indah. Deretan pengunungan terlihat jelas dari kejauhan. Atmosfer romantis sangat terasa dengan adanya  gumpalan-gumpalan awan tebal. Rasanya bagaikan berada diatas awan, sangat menakjubkan.

Spot Melihat Sunrise dan Sunset Terbaik

Pemandangan Gunung Sewu via Instagram maleostory
Pemandangan Gunung Sewu via Instagram maleostory

Waktu paling pas untuk berkunjung ke Kebun Buah Mangunan adalah pukul empat pagi. Pada jam tersebut, pengunjung bisa merasakan keseruan melihat sunrise dari ketinggian. Tak perlu kecewa jika tak bisa datang subuh. Sekitar pukul setengah lima sore, pemandangan sunsetyang tersaji juga tak kalah indahnya.

Berfoto di Hutan Pinus

Spot foto di Hutan Pinus Kebun Buah Mangunan via Instagram jockothon
Spot foto di Hutan Pinus Kebun Buah Mangunan via Instagram jockothon

Tak jauh dari Kebun Buah Mangunan, terdapat hutan yang didominasi pohon Pinus menjulang tinggi. Selain itu ada juga panggung berbentuk setengah lingkaran, biasa digunakan untuk pertunjukan teater maupun musik bertema alam terbuka. Tempat ini juga menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung di Kebun Buah Mangunan.

Melihat Keajaiban Watu Tumpang

Watu Tumpang di Bantul
Watu Tumpang di Bantul via Instagram ratu_ayuwulandari

Masih di daerah Hutan Pinus, pengunjung akan menemukan sebuah batu yang cukup unik. Sebuah batu besar yang berada di atas sebuah batu kecil. Ajaibnya lagi, batu kecil tersebut berada di area tanah yang miring. Secara logika harusnya batu besar di atasnya jatuh.

Lokasi dan Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Pemandangan alam Kebun Buah Mangunan via Instagram vacationlands.id
Pemandangan alam Kebun Buah Mangunan via Instagram vacationlands.id

Tempat wisata keren ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Mencapai wisata Kebun Mangunan ini juga tidak terlalu sulit. Dari pusat kota Jogjakarta tinggal meluncur ke perempatan ring road terminal Giwangan.

Selanjutnya dari perempatan tinggal menuju arah selatan lewat jalan Imogiri Timur sampai ketemu pertigaan, belok kiri ke arah timur. Setelah itu akan ada papan petunjuk arah. Selanjutnya tinggal mengikuti papan petunjuk untuk sampai ke Kebun Buah Mangunan. Jika masih bingung, bisa menggunakan aplikasi Maps.

Harga Tiket Masuk

Salah satu tempat wisata di Jogja yang pas untuk melihat sunrise via Instagram feyrie
Salah satu tempat wisata di Jogja yang pas untuk melihat sunrise via Instagram feyrie

Mereka yang tertarik menikmati wisata alam ini cukup membayar tiket masuk lima ribu rupiah, murah bukan? Sementara biaya parkir dua ribu rupiah untuk motor dan tiga ribu rupiah untuk mobil.

Dari loket pengunjung cuma perlu jalan kaki sebentar untuk menuju puncak Kebun Buah Mangunan. Begitu sampai di sana, para pelancong bakal langsung dibuat terpesona dengan pemandangan indah Gunung Sewu.

Fasilitas di Mangunan

Sebagai tempat wisata yang sudah lama didirikan, fasilitas di Kebun Buah Mangunan tergolong lengkap. Mulai dari area parkir luas, musholla, toilet umum, gazebo, pendopo, joglo, kolam renang, hingga kolam pancing.

Selain itu ada juga gedung pertemuan yang bisa menampung 300 orang. Bagi yang ingin bermalam disini, tersedia penginapan maupun homestay. Jika ingin lebih menyatu dengan alam, ada juga area perkemahan.

Tertarik berkunjung ke Kebun Buah Mangunan? Tunggu apalagi, langsung agendakan liburan bersama teman, pacar ataupun keluarga. Tapi selalu ingat, jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan ya.

Tags
Bantul Jogjakarta Wisata
Share