5 Kebiasaan Turis Indonesia saat Kunjungi Australia, Benar Tidak?

Terlepas dari variasi tempat wisata di Tanah Air, warga Indonesia masih punya minat tinggi untuk jalan-jalan ke luar negeri. Salah satu negara yang paling sering dituju adalah Australia. Tak hanya karena jaraknya yang relatif dekat, Negeri Kanguru tersebut juga punya hubungan diplomatik yang cukup bagus dengan Indonesia. Alhasil, mengunjungi The Great Under bukan sesuatu yang sulit, terutama dari sisi administrasi.

Belum lama ini, Scott Walker menjadi salah satu pembicara di Australia Travel Fair yang digelar di Senayan City, Jakarta. Country Manager Singapore & Indonesia Tourism Australia itu sempat bicara mengenai beberapa kebiasaan turis Indonesia kala berkunjung ke negaranya. Apa saja hal-hal yang dimaksud?

1. Sydney, Perth, dan Melbourne Jadi Kota Favorit

Scott menyatakan bahwa ada tiga kota Australia yang menjadi destinasi favorit para warga Indonesia. Ketiga kota tersebut adalah Sydney, Perth, dan Melbourne. Sydney dipilih karena memiliki dua landmark yang sering dijadikan sebagai latar belakang foto, yakni Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge.

Pemandangan di sekitar pelabuhan Sydney via Instagram stephtee

Sementara Melbourne juga tidak kalah populer lantaran termasuk kota besar dan punya banyak fasilitas serta atraksi menarik. Terakhir, ada Perth, kota yang menurut Scott jarak tempuhnya paling singkat jika menggunakan penerbangan dari Jakarta

2. Wisata Budaya

Pemandangan Uluru di kala senja via Instagram ponpon.e

Kebudayaan Australia menjadi salah satu hal yang menarik perhatian warga Indonesia selama kunjungan mereka. Menurut Scott, hal tersebut karena turis dari Tanah Air menyukai sesuatu yang baru. Salah satu tempat paling populer di Australia adalah Uluru. Kawasan yang menyajikan formasi bebatuan masif dan luar biasa ini cukup sering dikunjungi turis yang ingin menyaksikan pemandangan matahari terbit atau terbenam. Tak jauh dari Uluru terdapat Aboriginal Center, di mana para pengunjung bisa mendapatkan informasi lebih banyak mengenai suku asli Australia, Aborigin.

3. Shopping

Scott juga menyatakan bahwa turis Indonesia senang sekali berbelanja atau shopping ketika berada di Australia. Urusan belanja, The Land of Oz memang salah satu juaranya. Mulai dari barang-barang merk Internasional, hingga kerajinan tangan buatan warga lokal, semuanya bisa didapatkan di Australia.

Kawasan The Rock market di sekitar Sydney Harbor Bridge via Instagram leonce0809

Salah satu tempat belanja terkenal di Australia adalah Queen Victoria Building. Tempat yang direstorasi dari bangunan dengan arsitektur khas Abad ke-19 ini menjadi surganya para pengunjung yang ingin berbelanja aksesoris dan barang fashion branded. Selain itu masih ada The Rocks, pasar terbuka yang terletak tidak jauh dari Sydney Harbour Bridge. Di sini para wisatawan bisa menemukan sejumlah kedai street food, serta beragam pilihan suvenir, baju, dan kerajinan tangan.

4. Saksikan kehidupan alam Liar

Kanguru di Pulau Kanga, Australia via Instagram loving_all_the_animals

Lebih lanjut Scott menyebutkan bahwa kehidupan alam liar Australia juga cukup menarik di mata orang Indonesia. Salah satunya karena mereka penasaran ingin melihat koala dan kanguru. Australia memiliki sejumlah kebun binatang yang bisa dikunjungi, antara lain Australia Zoo, Adelaide Zoo, dan Melbourne Zoo. Selain itu masih ada Taronga Zoo yang menawarkan kesempatan melihat koala dari jarak dekat. Bagi yang ingin melihat kanguru maupun koala di alam liar bisa mengunjungi sejumlah taman nasional seperti Kangaroo Island dan You Yangs.

5. Wisata kuliner

Salah satu sajian hidangan di Australia via Instagram melisasoetarso

Terakhir, Scott menjelaskan bahwa wisata kuliner juga merupakan salah satu aktivitas yang digemari warga Indonesia saat berkunjung ke Australia. Negeri Kanguru memang menawarkan pilihan masakan beragam, mulai dari hidangan ala Eropa hingga Asia. Scott juga menyebutkan turis Indonesia akan semakin antusias jika restoran yang mereka kunjungi punya bangunan dan desain interior yang menarik.

Sejumlah restoran di Australia memang mengusung konsep yang cukup unik. Contohnya saja Goono Goono Station, di New South Wales. Pengunjung akan diajak merasakan sensasi makan di dalam rumah kaca, sembari menikmati indahnya pemandangan hijau di sekitar mereka. Selain itu masih ada MEZZ Kitchen and Bar di Melbourne. Mengusung konsep elegan modern, restoran ini menggunakan pink sebagai tema warna utamanya.

Itulah tadi beberapa kebiasaan yang konon sering dilakukan turis Indonesia ketika berada di Australia. Bagaimana menurut kamu? Share pendapat kamu di kolom komentar ya!

Tags
Australia Indonesia turis indonesia
Share