Puncak Gunung Lawu Kebakaran, Jalur Pendakian Ditutup

Selasa (19/6/2018) sore, jalur pendakian menuju Gunung Lawu ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pasalnya kebakaran hutan terjadi di lereng Gunung Lawu. Sedangkan penyebab kebakaran di Gunung Lawu belum diketahui.

Asap putih terpantau di Lereng Gunung Lawu foto Tempo.co
Asap putih terpantau di Lereng Gunung Lawu foto Tempo.co

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak Perhutani untuk menutup sementara jalur pendakian, mengingat kebakatan sangat rawan merembet ke wilayah Magetan, Jawa Timur,” ucap Fery Yoga Saputra, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan, seperti dilansir dari Detik.com

Ilustrasi petugas yang sedang memadamkan kebakaran hutan via
Ilustrasi petugas yang sedang memadamkan kebakaran hutan via voaindonesia.com

Titik pusat kebakaran berada di Argo Tiling petak 63 RPH Nglerak Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH), Lawu Utara, Karanganyar. Seluruh jalur pendakian tetap ditutup meskipun kebakaran terjadi pada satu titik. Rute tersebut meliputi Candi Cetho, Cemoro Sewu, dan Cemoro Kandang.

Pemandangan Gunung Lawu via
Pemandangan Gunung Lawu via tanahnusantara.com

Sebanyak 20 anggota Tim SAR dikerahkan untuk memantau dan mengawasi situasi sekitar jalur pendakian. Mereka juga menyiapkan diri jika mendadak harus melakukan evakuasi menuju puncak atau sekitar lokasi kebakaran.

Ilustrasi pendakian Gunung Lawu via
Ilustrasi pendakian Gunung Lawu via tribunnews.com

Dilansir dari Antara, terdapat sekitar 300 orang yang melakukan pendakian melalui jalur Candi Cetho saat kebakaran terjadi. Melihat kondisi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar segera melakukan evakuasi.

Rabu Sore Api Berangsur Padam

Petugas melintasi lokasi kebakaran via Antara
Petugas melintasi lokasi kebakaran via Antara

Hingga Rabu (20/6/2018) api yang melahap vegetasi di Argo Tiling petak 63 RPH belum seluruhnya padam. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bambang Jatmiko, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan penanganan dan berharap api segera padam. Terdapat empat titik dengan luas satu hektar yang dilahap si jago merah. Namun saat ini telah berkurang dan hanya tersisa satu titik.

Tags
Gunung Lawu Indonesia Jawa Tengah
Share