Road Trip ke Siem Reap via Thailand, Jangan Sampai Salah Langkah!

Thailand dikenal sebagai Negara Gajah Putih yang kental dengan budayanya memikat. Kali ini ada cerita perjalanan menuju ke Siem Reap, Kamboja, dengan jalan darat dari Thailand. Road trip Siem Reap via Thailand ini bisa dibilang perjalanan yang mudah dan murah. Kira-kira transportasi apa saja yang bisa dinaiki untuk menuju ke Siem Reap lewat Thailand?

Beli Tiket di Stasiun Don Muang

Perjuangan menuju Siem Reap (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami

Jika kamu kebetulan berada di Singapura, kamu bisa naik pesawat dari Singapura menuju ke Bandara Don Muang. Sesampainya di bandara, nantinya kamu harus membeli tiket di Stasiun Don Muang. Stasiun Don Muang berada persis di seberang Bandara Don Muang. Loket tiket stasiun ini dibuka mulai dari jam 04.00.

Setelah sampai di Stasiun Don Muang, nantinya kamu harus pilih kereta dengan jadwal pagi menuju Stasiun Hua Lamphong. Untuk tahu jadwal kereta di Thailand coba rajin-rajin cek di situs resminya. Untuk harga tiket kelas ekonomi sebesar 48 Baht.

Alternatif Lain Menuju Hua Lamphong

Perjuangan menuju Siem Reap (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami

Karena road trip ke Siam Reap via Thailand ini lumayan jauh dan melelahkan, kamu juga bisa mencoba taksi. Namun jangan lupa untuk mengingatkan sang supir untuk memasang meteran harga. Dari Stasiun Don Muang menuju ke Stasiun Hua Lampong menghabiskan biaya sebesar 221 baht. Selain itu, di Thailand juga ada Grab.

Tempat peristirahatan di Stasiun Hua Lampong cukup luas. Kamu bisa tidur, mandi, ataupun sekedar duduk melepas lelah sembari menunggu pintu gerbang dibuka. Ada banyak macam orang yang datang ke sini, mulai dari traveler hingga homeless. Jam 04.00 pintu gerbang dibuka dan bisa langsung mengantri membeli tiket.

Turun di Aranyaprathet

Perjuangan menuju Siem Reap (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami

Nantinya kamu bisa turun di stasiun pemberhentian terakhir yaitu Aranyaprathet. Jika susah mengingatnya, kamu bisa minta tolong kepada petugas untuk dibantu. Perhatikan langkah saat naik kereta karena gerbong banyak dipenuhi oleh turis. Kereta yang berangkat dari jam 05.40 ini benar-benar ramai. Maka dari itu kamu harus siapkan fisik dan tenaga selama 5 jam perjalanan.

Sesampainya, kamu bisa berjalan kaki dari stasiun untuk ke imigrasi Thailand. Namun jika ingin lebih cepat bisa naik tuktuk dengan harga 80 baht.

Minta Stempel di Imigrasi Kamboja

Perjuangan menuju Siem Reap (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami

Setelah sampai di imigrasi Thailand, segera cari letak imigrasi Kamboja untuk meminta stempel. Sangking minimnya petunjuk, kamu harus sering-sering baca blog untuk tahu kondisi di sini. Imigrasi di Kamboja ini terbilang agak kumuh dan sempit. Kamu pun harus berhati-hati jika dimintai 100 baht bahkan untuk negara-negara yang free visa.

Penting juga untuk traveler wanita untuk memilih tawaran transportasi karena bisa saja kena penipuan semacam scam. Jika bingung baiknya tanya petugas yang sedang bertugas. Biasanya mereka akan mengarahkan untuk menuju terminal bus terdekat menuju Kota Siem Reap.

Menuju Kota Siem Reap

Perjuangan menuju Siem Reap (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami

Setelah tiba di terminal bus, nantinya kamu akan diberi tawaran naik bus seharga 10 USD atau mini van 12 USD. Untuk bus harus menunggu sekitar 4-5 orang, sedangkan mini van bisa langsung berangkat minimal 6 orang. Jika bus terbilang lama, kamu bisa naik mini van. Setelah 2 jam di perjalanan sampailah kita di kota Siem Reap.

Itulah susah-senangnya perjuangan ke Siem Reap Thailand. Semoga cerita ini bermanfaat. Selamat Traveling!

Tags
Akomodasi ke Siem Reap Jalur Darat Thailand kontributor Luar negeri Thailand Travelingyuk
Share