Tempat Wisata Bertabur Karya Seni di Jakarta, Kagumi Keindahan Hasil Tangan Perupa

Aktivitas traveling bisa berbagai macam ya Teman Traveler. Bisa mendaki gunung, main ke pantai, jelajah alam, sampai kunjungi berbagai tempat dengan banyak karya seni. Buat kamu yang memiliki waktu berlibur yang tidak lama, mengunjungi tempat wisata yang bertabur karya seni merupakan pilihan yang cukup bagus. Ada beberapa spot bertabur karya seni di Jakarta yang bisa dikunjungi lho.

Museum Macan

Museum Macan, via Instagram/ci_shinta
Museum Macan, via Instagram/ci_shinta

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Macan) merupakan museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern, kontempor sampai internasional. Tempat wisata penuh karya seni di Jakarta ini sudah dibuka sejak 4 November 2017. Di sini acap kali dipamerkan berbagai karya-karya para perupa internasional.

Sebut saja salah satunya yang cukup menyita perhatian adalah Yayoi Kusama dari Jepang. Selain itu banyak pula karya-karya perupa dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Tiket masuk ke Museum Macan ini juga bisa dibilang terjangkau. Harga tiket dewasa Rp50.000. Sementara untuk pelajar Rp40.000.

Museum Toeti Heraty

Museum Toeti, via Instagram/indriaparamitasari
Museum Toeti, via Instagram/indriaparamitasari

Lokasi penuh karya seni di Jakarta lainnya adalah Museum Toeti Heraty. Awalnya ini merupakan galeri milik budayawan Toeti Heraty. Lokasinya berada di Jl. HOS Cokroaminoto No. 9-11. Bertepatan dengan ulang tahun Toeti yang ke-81, galerinya dibuat menjadi museum. Di dalamnya terdapat berbagai koleksi seni seperti halnya patung, lukisan dan lain-lain.

Tidak hanya ruang pameran saja, museum ini sudah memiliki beberapa fasilitas dan tempat lainnya. Sebut saja perpustakaan, ruang rapat, kafe, dan juga homestay bagi yang ingin bermalam. Karya-karya yang terdapat di dalam museum ini datang dari berbagai perupa Indonesia. Misalnya saaja, Agus Djaja, Basoeki Abdullah dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk bisa masuk ke dalamnya, Teman Traveler hanya perlu membayar Rp10.000 saja.

Dia.Lo.Gue ArtSpace

Dia.Lo.Gue, via Instagram/dialogue_arts
Dia.Lo.Gue, via Instagram/dialogue_arts

Dia.Lo.Gue Art Space ini juga cocok dikunjungi buat Teman Traveler pecinta seni. Lokasi nongrong yang bikin betah. Di sini kamu bisa melihat berbagai karya seni. Mulai dari fine art, paper installations, foto, video, dan lain-lain.

Tidak hanya jadi lokasi menikmati seni, tempat ini juga menyediakan kafe dan shop. Kamu bisa makan setelah menikmati berbagai karya seni yang ditawarkan. Alamatnya berada di Jl. Kemang Selatan No. 99 A, Bangka, Mampang, Jakarta Selatan.

Art: 1

Art 1 Museum, via Instagram/mariaaoctaviaa
Art 1 Museum, via Instagram/mariaaoctaviaa

Kemudian ada yang namanya Art: 1, berada di Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3. Awalnya, tempat ini memiliki nama Mon Decor, kemudian diganti ada tahun 2011. Di dalamnya terdapat berbagai koleksi karya seni dari perupa terkenal, baik dalam ataupun luar negeri. Sebut saja seperti Bambang Ernawan, Budi Adi Nugroho dan lain-lain.

Tempat ini juga jadi lokasi pameran karya seni sementara. Harga tikek masuknya adalah Rp100.000 untuk umum. Sementara untuk pelajar Rp50.000-Rp75.000. Waktu operasionalnya mulai dari Selasa sampai Minggu, buka jam 10:00 hingga pukul 18:00 WIB.

Buat kamu yang ingin menikmati berbagai ketenangan dengan di kelilingi hasil karya perupa, empat lokasi sudah direkomendasikan ya. Semoga jalan-jalanmu menyenangkan.

Tags
Indonesia Jakarta karya seni di Jakarta tepat seni di Jakarta wisata di jakarta
Share