Dari Venice Architecture Biennale Diboyong ke Museum Macan, Jangan Lewatkan Karya Andra Matin yang Unik

Museum Macan (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara) memang menjadi salah satu lokasi strategis di Jakarta untuk memamerkan berbagai karya seni ternama, bahkan kelas dunia. Setelah sebelumnya ada Yayoi Kusama, seniman asal Jepang dengan berbagai karyanya menyedot perhatian, tahun ini Museum Macan menampilkan sejumlah karya menarik lainnya. Salah satu yang membetot perhatian adalah dari Andra Matin.

Seni Instalasi Bangunan Modern

Karya seni Andra Matin, via Instagram/celinetjitro
Karya seni Andra Matin, via Instagram/celinetjitro

Andra Matin merupakan arsitek Indonesia yang selama ini kondang dengan karya-karyanya berupa bangunan modern. Pameran dari Andra Matin ini merupakan bagian dari persembahan Museum Macan yang bertajuk Matter and Place di April tahun 2019.

Matter and Place sendiri akan mengeksplorasi mengenai hubungan manusia dengan ruang. Matter and Place menampilkan sebanyak 6 karya dan instalasi oleh para perupa dari Indonesia ataupun internasional.

Mendapatkan Penghargaan “Elevation” (2018)

Gabungan yang unik, via Instagram/ukharchitect
Gabungan yang unik, via Instagram/ukharchitect

Elevation, karya Andra Matin yang dipajang di Museum Macan ini sebelumnya ternyata sudah mendapatkan penghargaan Special Mention di International Architecture Exhibition – La Biennale, Venezia tahun 2018. Keunikan yang dimiliki oleh Elevation ini adalah dengan mudah menggabungkan material modern dengan teknologi unggulan ditambah komponen tradisional, menimbulkan keunikan tersendiri.

Bisa Saksikan Karya Seni Lainnya

Miniatur rumah adat Joglo, via Instagram/ukharchitect
Miniatur rumah adat Joglo, via Instagram/ukharchitect

Selain karya-karya dari Andra Matin, kamu juga bisa menikmati buah seni seniman lain. Mulai dari karya Theaster Gates dengan A Transgressive Wyoming sampai dengan Helix Rain buatan dari Genevieve Chua. Setelah selesai berkeliling, ada salah satu lokasi yang wajib dikunjungi. Yakni Infinity Room buatan Yayoi Kusama yang sekarang ini sudah hadir secara permanen di Museum Macan sejak 26 Maret 2019.

Infinity Room, via Instagram/elvin.epin
Infinity Room, via Instagram/elvin.epin

Pertunjukan Sementara dari 13 April-21 Juli

Seni yang luar biasa, via Instagram/byoliving
Seni yang luar biasa, via Instagram/byoliving

Seperti pertunjukan seni sebelumnya, karya Andra Matin yang dipajang ini juga sementara. Karya arsitek Andra Matin ini bisa dinikmati di Museum Macan dari 13 April hingga 21 Juli 2019 mendatang, di area Taman Patung. Kamu bisa datang dan menyaksikan seni-seni yang begitu unik ini mulai dari Selasa-Minggu, pukul 10:00 hingga 18:00 WIB.

Museum Macan ini berlokasi di Wisma Akr, Jl. Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Harga tiket masuknya juga bisa dibilang cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membayar Rp50.000 saja untuk pengunjung dewasa, Rp40.0000 lansia dan pelajar, sementara anak-anak Rp30.000. Ayo segera kunjungi sebelum ganti karya seni lainnya.

Tags
andra matin Indonesia Jakarta Museum macan wisata jakarta
Share