Pesona Karst dan Goa di Kutai Timur, Gagah Bebatuannya Undang Kekaguman Siapa Saja!

Advertisement

Pecinta petualangan, sudah sejauh mana goa-goa di Indonesia yang dijelajahi? Rasanya, jika sudah cinta, sejauh apa pun akan ditempuh saja. Begitu, kan? Nah! Jika demikian, pesona karst dan goa di Kutai Timur, harus masuk dalam daftar tujuan! Setuju? Sebelum benar-benar merencanakannya, terlebih dahulu pastikan untuk menyimak artikel berikut ini!

1. Karst Sangkulirang Mangkalihat

Berani Menaklukkannya? via Instagram
Berani Menaklukkannya? via Instagram/ zefanya_suryawan

Kekurangan salah satu karst dan goa di Kutai Timur ini hanya satu; belum dipublikasikan secara besar-besaran. Jika sudah, dijamin keindahannya dapat memukau banyak orang, bahkan hingga wisatawan mancanegara. Karst Sangkulirang Mangkalihat, berada di Kalimantan Timur. Ia dikelilingi oleh dinding-dinding terjal. Di sekitarnya ada gua bawah tanah yang alami dan eksotis. Ditambah hamparan perbukitan hijau yang akan bikin Teman Traveler terkagum-kagum.

Jelajah Karst di Kutai Timur via instagram
Jelajah Karst di Kutai Timur via instagram/ padelapantiga

Luas total kawasan karst yang ada di Kalimantan Timur adalah 3. 642.860 hektare. Luas terbesar, ada di kawasan Berau dan Kutai Timur. Menurut penelitian, Karst Sangkulirang Mangkalihat merupakan tempat munculnya manusia purba di Indonesia untuk pertama kali. Pasalnya, di sini ditemukan jejak dari manusia purba rumpun Austronesia berupa lukisan tangan yang sudah ada sejak 10.000 tahun SM.

Jejak Manusia Purba Terlihat Jelas via Instagram
Jejak Manusia Purba Terlihat Jelas via Instagram/ aidilputra17

Karst Sangkulirang Mangkalihat memiliki banyak potensi alam berupa kayu, non kayu, batuan mineral dan sarang burung walet yang bantu ekonomi masyarakat setempat. Bahkan, tercatat bahwa kawasan ini merupakan pemasuk terbesar sarang walet di dunia. Untuk menuju kawasan ini, jalur yang digunakan sebagian besar melalui sungai-sungai. Tetapi, ada baiknya untuk meminta panduan dari penduduk lokal yang lebih mengetahui medan.

2. Goa Mardua

Kegagahan Goa Mardua via Instagram
Kegagahan Goa Mardua via Instagram/ tapak_borneo

Pesona karst dan goa di Kutai Timur yang terletak di Desa Pengadan, Kecamatan Kaubun, Kutai Timur ini bikin takjub siapa saja. Stalagmit dan stalaktit di Goa Mardua merupakan jenis sodastraw stalagtite, canulite, gaudam dan cave craft. Dari kejauhan, seperti membentuk sebuah tirai raksasa. Terbentuknya stalagmit dan stalaktit ini didominasi oleh kandungan kalsium karbonat.

3. Goa Kombeng

Goa dengan Kisah Legenda via Instagram
Goa dengan Kisah Legenda via Instagram/ wulan_suling

Goa Gunung Kombeng atau Goa Kombeng, punya legenda yang masih berkaitan dengan cerita Raja Mulawarman. Jangan heran jika di dalamnya, Teman Traveler akan menemukan beberapa arca peninggalan pendeta asal Kerajaan Mulawarman. Diceritakan bahwa pada zaman dahulu, saat terjadi peperangan antara Kerajaan Mulawarman dan Kutai Kartanegara, banyak pendekat mengungsi, menghindari peperangan ke daerah goa ini. Untuk sampai ke sini, Teman Traveler harus menuju Samarinda terlebih dahulu. Lanjutkan perjalanan ke Sanggata lalu ke Muara Wahau.

4. Goa Angin

Keindahan Lanskap Goa Angin yang Unik via Instagram
Keindahan Lanskap Goa Angin yang Unik via Instagram/ peta_kaltim

Karst dan goa di Kutai Timur selanjutnya, berada di kawasan Jalan Raya Poros Bontang – Sanggata Kutai Timur. Jaraknya hanya sekitar 8 km. Untuk traking ke kawasan ini, Teman Traveler harus lebih dulu mempersiapkan segala macam peralatan ya, terutama stamina. Selayaknya akan menjelajah goa, jangan lupakan perlengkapan-perlengkapan yang dapat membantu melindungi diri serta memudahkan penjelajahan.

Menjelajah goa-goa di atas jelas akan menjadi pengalaman seru bagi Teman Traveler. Termasuk saat jelajah karst dan goa yang ada di kawasan ini. Jangan lupa untuk mempersiapkan stamina, ya. Nyali saja tetap nggak cukup untuk menaklukkan karst dan goa di Kutai Timur. Bagaimana, mau taklukkan yang mana dulu, nih?

Advertisement
Tags
Indonesia Kalimantan Timur karst dan goa di kutai timur kutai timur Wisata
Share