Ternyata Ini Fungsi Karpet di Bandara, Kamu Sudah Tahu Belum?

Hampir di setiap bandara memiliki beragam interior demi menunjang kenyamanan. Seperti di Bandara Changi yang menghadirkan Hello Kitty and Friends. Konsep ini bertujuan untuk menghibur penumpang sekaligus menyambut tahun baru di Singapura. Selain itu, berbagai perabotan lain serta ornamen pun tersedia demi menambah estetika dan kerapian. Bagaimana dengan fungsi karpet di Bandara?

Kehadiran karpet hampir di setiap lantai seringkali meninggalkan pertanyaan bagi pengunjung. Terkadang, benang halusnya bisa menghalangi laju roda saat kamu membawa koper. Lantas, kenapa benda ini masih sering digunakan oleh banyak bandara di beberapa tempat?

Karpet di bandara [image source]

Berikan Rasa Tenang dan Nyaman

Ternyata, fungsi karpet di Bandara untuk memberikan rasa nyaman kepada penumpang yang sedang menunggu penerbangannya. Benda ini bisa memberikan kesan lembut dan menyenangkan sehingga menciptakan rasa seperti di rumah sendiri. Hal ini menjadi pengaruh positif terhadap mood serta perilaku orang-orang yang berada di ruang tunggu.

Memberikan rasa nyaman [image source]
Kehadiran karpet juga menciptakan suasana santai bagi pengunjung. Motifnya pun bisa memberikan keindahan tersendiri di dalam ruangan. Umumnya, benda ini terpajang di sekitar ruang tunggu, sehingga pengunjung bisa duduk di sini meski tak kebagian kursi. Rasa nyaman yang tercipta membuat orang lebih merasa rileks sebelum keberangkatan.

Terletak dekat pintu keberangkatan [image source]

Pancing Hasrat Belanja

Menurut hasil riset, rasa nyaman akan membuat penumpang menghabiskan 7% uang mereka dengan belanja. Untuk itu, penempatan retail di dekat kawasan berkarpet pun bisa jadi menguntungkan. Jumlah pelayan yang sedikit pun bisa berpengaruh terhadap minat membeli. Berdasarkan survey, 40% pengunjung lebih menghindari interaksi dengan orang lain saat berbelanja.

Meningkatkan minat membeli [image source]
Demi menambah rasa nyaman, pihak bandara juga menyediakan fasilitas lain seperti bioskop, penginapan, hingga ruang yoga. Kehadiran jasa tersebut bisa membuat penumpang rela mengeluarkan uang lebih banyak, sehingga keuntungan ekonomi pun bisa didapatkan.

Ternyata berguna, ya [image source]
Nah, sudah tau kan fungsi karpet di Bandara? Ternyata, hal yang sering dianggap kecil ini bisa berpengaruh terhadap penumpang. Bagaimana menurut kalian? Setuju atau tidak dengan ulasan di atas? Tinggalkan komentarmu ya!

Tags
tips
Share