Karlovy Vary, Kota Cantik dengan Sumber Air Alami di Republik Ceko

Eksotisnya bangunan dan wisata di Praha memang membuat siapapun jatuh cinta. Selagi liburan di Republik Ceko, sebaiknya sekalian mampir ke Karlovy Vary atau Carlsbad. Kota kecil ini terkenal akan sumber air panasnya. Setidaknya ada 15 sumber utama yang dilindungi oleh bangunan yang disebut Kolonnada atau Colonnade, sedang ada lebih dari 300 sumber kecil di sini.

Pada abad ke-18, Dr. David Becher mempromosikan bahwa air panas di Karlovy Vary dapat diminum dan kandungan mineralnya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Secantik apa kota ini? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Muthia Anindita berikut ini.

Bangunan Modern Spring Colonnade

Sumber Air Panas Vridlo
Sumber Air Panas Vridlo (c) Muthia Anidita/Travelingyuk

Spring Colonnade dibuka pada tahun 1975. Bangunan ini melindungi Sumber Air Panas Vridlo, yang merupakan sumber terbesar di Karlovy Vary. Sumber ini memancarkan 2000 liter air bersuhu 72C tiap menitnya dengan ketinggian air dapat mencapai 12 meter. Keran-keran kecil dibangun untuk menurunkan suhu air dan memudahkan pengunjung untuk minum dari mata air tersebut.

Spring Colonnade
Spring Colonnade (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Zamecka Kolonnada atau Castle Colonnade

Castle Colonnade
Castle Colonnade (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Castle Colonnade dibangun pada tahun 1910 oleh arsitektur Vienna, Friedrich Ohmann. Bangunan tersebut melindungi dua mata air panas, yaitu Upper Castle Spring dan Lower Castle Spring. Sebelumnya Lower Castle Spring hanya dapat diakses oleh pengunjung pemandian air panas Castle Spa, namun sekarang sumber ini dialirkan ke bangunan Market Colonnade.

Karlovy Vary
Karlovy Vary (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Bangunan Kayu Market Colonnade

Market Colonnade
Market Colonnade (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Bangunan kayu dengan ukiran bergaya Swiss dari Market Colonnade didirikan pada tahun 1882 oleh arsitektur Vienna, Felner dan Helmer. Bangunan tersebut juga melindungi tiga mata air, yaitu Spring of Charles IV, Lower Castle Spring dan Market Spring. Dinamakan Spring Of Charles IV karena menurut cerita, Raja Charles IV pernah membenamkan kakinya di mata air ini. Di atas mata air ini terdapat relief yang menggambarkan kisah terbentuknya Karlovy Vary.

Spring Of Charles IV
Spring Of Charles IV (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Bangunan Bergaya Renaissance Mill Colonnade

Mill Colonnade
Mill Colonnade (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Mill Colonnade adalah bangunan terbesar dan paling popular. Bangunan bergaya Renaissance ini didirikan pada tahun 1871. Mill Colonnade melindungi lima mata air panas, yaitu Mill Spring, Rock Spring, Libuse Spring, Rusalka Spring atau Nymph Spring dan Prince Wenceslas Spring. Bagaimana, tentu terasa kurang jika belum berfoto dengan latar bangunan eksotis ini bukan?

Teras Cantik di Park Colonnade

Park Colonnade
Park Colonnade (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Masih mau foto dengan latar menarik? Teman Traveler dapat mampir ke Park Colonnade. Tempat ini dibangun di area Taman Dvorak. Teras tersebut merupakan bagian dari Blanensky Pavilion Concert Hall. Park Colonnade didirikan untuk melindungi tiga mata air, yaitu Park Spring, Snake Spring dan Freedom Spring.

Park Spring
Park Spring (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Cangkir Porselain Elegan

Cangkir Porselain Untuk Mengkonsumsi Air Mineral
Cangkir Porselain Untuk Mengkonsumsi Air Mineral (c)Muthia Anindita/Travelingyuk

Menurut tradisi Karlovy Vary, air mineral dari sumber air panas sebaiknya diminum dari sebuah cangkir khusus yang terbuat dari porselen. Cangkir ini sangat unik karena pada gagang cangkir terdapat lubang tempat meminum air. Cangkir cantik ini sekarang dijual di toko-toko cinderamata sepanjang jalan Karlovy Vary. Bisa jadi oleh-oleh spesial untuk orang di rumah bukan?

Bagaimana, tertarik untuk mencicipi murninya air mineral langsung dari sumbernya? Yuk traveling ke Karlovy Vary dan jangan lupa untuk berfoto dengan latar sumber air panas ini ya.

Tags
Bohemia Barat Luar negeri Republik Ceko Travelingyuk Wisata Bohemia
Share