Pilihan Karbo Selain Nasi Putih agar Kulineranmu Tetap Sehat

Isti

Isti

On Indonesia

Jelajah kuliner, apalagi yang bersantan dan berdaging memang bikin ketagihan. Namun tanpa disadari, berat badan berangsur menambah jika terus-terusan makan seenaknya. Terlebih jika tak diimbangi dengan makanan sehat serta olahraga. Nah, untuk tetap sehat saat liburan, berikut ada rekomendasi karbo selain nasi putih. Bisa nih buat pilihan menu untuk Teman Traveler yang tengah diet.

1. Nasi Merah

nasi merah
nasi merah via instagram/@food_and_passion

Karbo pertama yang terjamin bakal membuat berat badanmu stabil adalah nasi merah. Para penggiat diet juga banyak menggunakan pilihan ini sebagai pengganti nasi putih. Kandungan beras ini tidak hanya karbohidrat, tapi juga rendah kalori. Kandungan karbohidrat tersebut berperan sebagai sumber energi dalam perut. Nah, setelah menyantap kamu bakalan dibuat kenyang meski porsinya sedikit. Untuk rasa memang berbeda dari nasi putih. Jika tak ingin terlalu hambar, boleh tambahkan sedikit garam agar lebih berasa. Belakangan, kedai makanan dengan menu ini sudah banyak. Bahkan, kota-kota besar seperti Jakarta dan Tangerang.

2. Kacang Hijau

kacang hijau
kacang hijau via instagram/@tradisionaldrink

Menu selanjutnya yang bisa jadi selingan agar berat badan tetap stabil saat kulineran adalah kacang hijau. Nah, kandungan gizi dari kacang hijau cukup tinggi dan lengkap. Ada vitamin A, vitamin B1, vitamin C, asam folat, karbohidrat, serta, protein, asam lemak omega 3, dan omega 6. Belum lagi kandungan kalorinya yang cukup rendah. Tak perlu khawatir, ada banyak warung yang menyediakan menu ini. Salah satunya kedai bubur kacang hijau. Jika ingin lebih sehat, sebaiknya masak sendiri.

3. Jagung

jagung rebus
jagung rebus via instagram/@haryosetyow

Makanan kekinian yang berasal dari jagung makin banyak. Bahkan, ada es krim jagung yang diberi topping krim di atasnya. Ternyata, menu dari olahan jagung juga bisa menjadi pilihan karbo selain nasi putih. Apalagi kandungan nutrisinya yang lumayan banyak dari vitamin A, B, hingga vitamin E. Tentu, tidak semua olahan jagung memiliki kandungan kalori sehat. Apalagi jika sudah ditambah dengan susu, gula dan aneka menu lainnya. Pasti kalorinya bertambah sesuai dengan campuran bahan yang digunakan. Jika mau yang sehat, jagung rebus solusinya.

4. Kentang

kentang
kentang via instagram/@thecookingfoodie

Pilihan karbo selain nasi putih berikutnya yang bisa dijadikan pengganti nasi adalah kentang. Varian menu dengan bahan ini juga banyak. Tentu tidak menghilangkan kandungan karbohidrat dan nutrisi di dalamnya. Kebutuhan vitamin C, vitamin B, zat besi, kalsium, dan kalium bakalan tercukupi. Menariknya lagi, kentang memiliki kandungan pati resisten yang dapat membakar lemak dalam tubuh. Wah, menarik bukan? Cocok banget nih untuk kamu yang berhari-hari menimbun lemak dengan makanan berkolesterol.

5. Ketela Pohon

ketela pohon
ketela pohon via instagram/@liliswahyuwardanii

Makanan lain yang tak kalah mengenyangkan perut tapi bikin berat badan stabil adalah ketela pohon atau singkong. Kandungan karbohidrat dalam bahan ini sudah tak perlu diragukan lagi. Bahkan dengan mengonsumsi singkong, Teman Traveler dapat mengusir kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Belakangan jajanan dari bahan ini banyak macamnya. Tidak hanya dimasak menjadi kolak, tapi juga digoreng kemudian disiram dengan keju. Siapa nih penggemar singkong keju?

Traveling tanpa menyantap kuliner khas suatu daerah memang kurang gereget. Namun, jika perlu untuk berdiet agar tubuh tetap sehat, rekomendasi karbo selain nasi di atas bisa banget di coba. Setuju kan?