Kamu Wajib Coba Nasi Goreng dengan Warna-warni yang Meriah Ini

Nasi Goreng jadi pembicaraan hangat akhir-akhir ini, selain baru saja mendapat predikat makanan terenak setelah rendang, nasi goreng ternyata juga menjadi makanan favorit Presiden Indonesia yang keenam. Seperti menu wajib di setiap daerah, mudah sekali menemukan makanan yang satu ini. Untuk menu sarapan, makan siang bahkan untuk makan malam juga tetap enak. Travelingyuk mengajak kamu untuk mencicip berbagai variasi nasi goreng yang berwarna-warni. Bersiap ya!

Nasi Goreng Naga

Nasi goreng naga yang berwana pink keunguan
Nasi goreng naga yang berwana pink keunguan [image source]
Bila pada umumnya nasi goreng memiliki warna merah, nasi goreng yang satu ini benar-benar berbeda. Dari tampilannya nasi goreng naga memiliki warna ungu yang unik. Tapi pelanggan tidak perlu khawatir, karena untuk menjadikan nasi goreng ini menjadi ungu sama sekali tidak dibutuhkan pewarna buatan. Proses pembuatan nasi goreng yang berwarna ungu ini dibuat dari buah naga yang telah dihaluskan dan dicampurkan dengan bumbu nasi goreng. Kalau kamu suka banget memotret makanan sebelum dilahap, mungkin warna nasi goreng ini cukup catchy untuk dijadikan objek foto. Nasi goreng naga ini bisa ditemukan pada Rumah Makan Hari-Hari, Semarang.

Proses pencampuran sari buah naga dengan nasi goreng
Proses pencampuran sari buah naga dengan nasi goreng [image source]

Nasi Goreng Hijau

Nasi goreng hijau yang berasal sari bayam atau sawi yang dicampur dengan bumbu-bumbu nasi goreng
Nasi goreng hijau yang berasal sari bayam atau sawi yang dicampur dengan bumbu-bumbu nasi goreng [image source]
Jika kamu pernah menemui kuliner mie hijau, hal yang sama juga bisa kamu temukan pada nasi goreng. Nasi goreng hijau telah cukup banyak beredar di masyarakat. Warna hijau yang terdapat pada nasi goreng ini juga tidak menggunakan bahan pewarna kimia makanan. Warna ini bisa di sertakan pada nasi goreng dengan menggunakan sari-sari bayam atau sawi. Selanjutnya sari dari bayam atau sawi tersebut bisa di campurkan dengan bumbu-bumbu yang akan dicampurkan pada nasi goreng.

Selain bermain dengan warna, toping juga salah satu cara untuk membuat nasi goreng menarik
Selain bermain dengan warna, toping juga salah satu cara untuk membuat nasi goreng menarik [image source]

Nasi Goreng Merah Merona Makassar

Nasi goreng merah Makassar
Nasi goreng merah Makassar [image source]
Pada umumnya nasi goreng berwarna merah kecoklatan. Adapun yang sedikit merah karena mendapat sentuhan saus tomat kemasan botol yang biasa terdapat pada setiap pedagang nasi goreng. Tapi nasi goreng merah yang berada di Makassar ini memiliki warna merah yang cukup mencolok. Warna merah yang dikeluarkan sama-sama berasal dari tomat. Hanya, yang membedakan adalah tomat yang digunakan untuk membuat nasi goreng merah ini adalah tomat segar, bukan saos tomat dalam kemasan botol. Tomat segar harus direbus terlebih dahulu, baru setelah itu diambil sarinya untuk dimasak bersama bumbu nasi goreng.

Sari tomat murni bahan utama untuk memunculkan warna merah
Sari tomat murni bahan utama untuk memunculkan warna merah [image source]

Nasi Goreng Hitam

Hitam legam tapi nikmat di lidah
Hitam legam tapi nikmat di lidah [image source]
Nasi Goreng Hitam mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para food enthusiast. Secara tampilan fisik nasi goreng ini memiliki warna yang unik, hitam legam seperti nasi goreng yang overcook. Tapi jangan salah, kalian tidak akan menemukan rasa pahit ketika melahap nasi goreng ini. Karena warna hitam yang terdapat pada nasi goreng ini adalah warna hitam yang berasal dari tinta cumi. Tinta cumi bisa ditumis bersama rempah-empah khas nasi goreng agar semakin wangi dan sedap.

Seperti warna hitam yang cocok dengan warna apa saja, nasi goreng hitam juga cocok dengan lauk apa saja
Seperti warna hitam yang cocok dengan warna apa saja, nasi goreng hitam juga cocok dengan lauk apa saja [image source]
Menarik kan warna-warna nasi goreng di atas? Apalagi warna-warna yang terdapat dari nasi goreng tersebut bukan berasal dari pewarna makanan buatan. Kamu mau nasi goreng warna apa?

Tags
Indonesia Jawa Makassar Nasi Goreng semarang
Share