Pilihan Kampung Warna Warni untuk Dieksplor saat Akhir Pekan

Destinasi wisata tak harus melulu di pantai, gunung, air terjun, ataupun di taman hiburan. Beberapa kota di Indonesia contohnya, saat ini sedang gencar menciptakan tempat wisata baru yang dulunya hanya berupa perkampungan kumuh. Bangunan-bangunan di lokasi tersebut kemudian dicat dan ditata sedemikian rupa agar tampak lebih cantik. Dari situ kemudian terciptalah kampung warna-warni yang menyajikan pemandangan unik dan menarik. Saat ini terdapat sekitar 5 kawasan di Pulau Jawa yang telah disulap menjadi berwarna-warni. Dimana saja? Yuk simak bersama!

1. Kampung Warna Warni Sungai Kalilo Banyuwangi

Kampung Warna Warni di tepi Sungai Kalilo Banyuwangi [via]

Sebuah kampung biasa yang berada di bantaran Sungai Kalilo dan dulunya sering dijadikan tempat pembuangan sampah. Namun baru-baru ini kawasan tersebut dipercantik dengan mengecat ulang rumah-rumah yang berada di sepanjang bantaran sungai dengan warna yang ceria dan menarik. Rupanya kerja sama antara Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh November (IKA-ITS) Surabaya dan Pemkab Banyuwangi ini membuahkan hasil.

Spot favorit berfoto para pengunjung saat datang ke Sungai Kalilo Banyuwangi [via]

Kini Sungai Kalilo tak lagi menjadi tempat pembuangan sampah, malah berubah menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi masyarakat. Deretan rumah berwarna-warni membuantnya terlihat semakin instagramable. Kampung warna-warni ini semakin terkenal setelah banyak pengunjung yang mengunggah foto di sosial media.

2. Rumah Warna Warni Kampung Code Yogyakarta

Kampung unik di bantaran Kali Code Yogyakarta [via]

Jika sebelumnya kita hanya mengenal Malioboro, Keraton, Pantai Parangtritis, dan lainnya sebagai destinasi wisata saat berlibur ke Yogyakarta, maka kini sudah saatnya kita mengeksplore Jogja lebih jauh. Di kawasan Kotabaru terdapat sebuah lokasi wisata unik bernama Kampung Kode. Dulunya lokasi ini hanyalah sebuah kawasan kumuh.

Serunya berfoto di salah satu tembok hits Kampung Warna-Warni Yogyakarta [via]

Namun berkat kepedulian Romo YB Manguwijaya, seorang arsitek yang juga pemuka agama Katolik dibantu dengan mahasiswa dan beberapa relawan, kampung ini kemudian berubah menjadi sebuah tempat bernuansa seni yang mempesona. Setiap hari adaa saja pengunjung yang datang ke tempat ini untuk berkeliling, melihat-lihat, atau sekedar berfoto.

3. Kampoeng Kelir Kroman Gresik

Salah seorang pengunjung berfoto di tembok hits Kampoeng Kelir Kroman [via]

Pada bulan November 2016 lalu, Desa Kroman yang berada di Kabupaten Gresik disulap menjadi berwarna menyusul beberapa kampung warna-warni yang tersebar di beberapa kota lain. Tujuannya adalah untuk membangun kesadaran masyarakat sekitar untuk lebih menjaga dan mencintai lingkungannya.

Wajah Iwan Fals digambar di salah satu tembok rumah warga [via]

Sekitar 104 bangunan termasuk rumah penduduk, tempat ibadah, dan balai desa dicat oleh sedikitnya 400 orang peserta bhaksos dan turut disemarakkan oleh kehadiran Gus Ipul dan Iwan Fals. Kawasan yang dulunya kumuh pun berubah menjadi cantik dan menarik hingga mampu menarik perhatian wisatawan. Sampai saat ini sudah ada ratusan pengunjung yang datang ke Kampoeng Kelir Kroman ini untuk melihat-lihat serta mengabadikan keindahannya.

4. Kampung Bulak Kenjeran

Kampung nelayan di Bulak kenjeran yang berwarna-warni [via]

Terkenal sebagai kampung nelayan karena mayoritas warganya bekerja sebagai penangkap ikan serta lokasinya yang berada di pesisir pantai. Pemkot Surabaya kemudian berencana untuk menjadikan lokasi ini lebih baik lagi dari sebelumnya dengan cara mengecat rumah warga menjadi berwarna-warni. Tujuannya adalah agar warga lebih peduli pada lingkungan dan untuk mencuri perhatian wisatawan sehingga sentra ikan laut yang ada di kawasan ini juga turut ramai pengunjung.

Salah satu wisatawan mengabadikan kampung warna-warni dari kejauhan [via]

Sampai saat ini sudah banyak orang yang datang untuk menikmati keindahan panorama di kawasan Bulak Kenjeran ini. Rata-rata warga mengabadikannya dari atas jembatan di seberang kampung untuk mendapatkan pemandangan yang bagus. Warna-warni rumah yang berjejer tampak begitu indah dari kejauhan, apalagi saat sunset tiba rona jingga matahari membuat panorama semakin mempesona.

5. Kampung Warna Warni Jodipan

Pengunjung berfoto di salah satu tembok hits di Kampung Warna-Warni Jodipan [via]

Di kawasan Jodipan terdapat kampung warna-warni lainnya yang dapat kamu temukan di Jawa Timur. Terletak di bantaran Sungai Brantas, Jalan Juanda, Kota Malang. Berawal dari ide sejumlah mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah yang sedang melakukan tugas praktikum. Hal ini kemudian disambut baik oleh warga, sponsor, maupun pemkot sehingga terciptalah sebuah destinasi wisata baru yang unik di Kota Malang.

Panorama Kampung Warna-Warni Jodipan dari kejauhan [via]

Tujuan dari program ini adalah untuk mengubah kebiasaan warga sekitar yang sebelumnya kurang peduli terhadap lingkungan agar lebih mencintai lingkungannya. Kini wajah kawasan yang sebelumnya merupakan perkampungan kumuh itu telah berubah dan mampu menyedot perhatian banyak wisatawan. Dalam sehari pengunjung yang datang untuk menikmati keunikan kampung warna-warni Jodipan bisa mencapai ratusan jumlahnya.

Inilah 5 destinasi wisata kampung warna-warni yang ada di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Cocok dijadikan tujuan berlibur di akhir pekan bersama teman ataupun keluarga karena selain murah, wisata ini juga sangat terjangkau.

Tags
Banyuwangi Gresik Indonesia Jawa Timur Malang Surabaya Wisata Yogyakarta
Share