Kampung Ramadan Desa Beji, Meriah dengan Aneka Pertunjukan Budaya

Ramadan kerap diiringi beragam tradisi unik dan menarik. Salah satunya bisa Teman Traveler temukan di Desa Beji, desa mungil di wilayah Kecamatan Junrejo. Warga sekitar rutin mengadakan Kampung Ramadan Desa Beji yang dimeriahkan dengan beragam pertunjukan budaya lokal.

Pengisi acara Kampung Ramadan Desa Beji (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Desa Beji sendiri berada di sekitar Batu dan dikenal sebagai penghasil tempe kualitas jempolan. Namun selain itu, mereka ternyata juga punya tradisi Ramadan menarik. Seperti apa? Yuk, simak ulasan saya berikut ini.

Menarik Perhatian Warga Batu

Salah satu pengisi acara (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Memasuki Ramadan 2019, Karang Taruna Desa Beji mengadakan kegiatan khusus untuk menyambut Bulan Suci. Perhelatan tahun ini terasa semakin meriah karena acara yang disuguhkan makin banyak dan bervariasi. Salah satunya adalah lomba karaoke yang diikuti bukan hanya oleh warga Beji, namun juga peserta dari seantero Batu. 

Bazaar Warga

Bazaar warga (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Selama kegiatan Kampung Ramadan Desa Beji, digelar pula Bazaar Warga. Di sini Teman Traveler akan menemukan beragam stand yang tawarkan aneka kuliner menarik. Mulai dari makanan berat hingga minuman untuk takjil tersedia di sini.

Kreasi Pengisi Acara

Pengisi acara Kampung Ramadan (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Selain Bazaar Warga, perhelatan kali ini juga diisi beragam pertunjukan budaya lokal menarik. Ada seni gamelan, tari, puisi, dan masih banyak lagi. Semuanya dilakukan dengan melibatkan warga sekitar. Sungguh meriah dan sangat menghibur.

Lomba Mewarna

Peserta lomba mewarna (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Bukan hanya orang dewasa, kegiatan kali ini juga melibatkan para murid TK. Untuk mengasah kreativitas mereka di Bulan Suci, panitia mengadakan kompetisi mewarna dengan hadiah menggiurkan. Menarik ya, Teman Traveler?

Kompetisi Patrol

Lomba patrol (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Lomba Patrol jadi yang paling ditunggu karena di sinilah kreativitas masyarakat ditampilkan. Masing-masing tim unjuk kebolehan menggunakan properti menarik, mulai dari kentongan bambu, botol, dan lainnya. Kostum mereka pun bermacam-macam, mulai dari sarung, pakaian adat, hingga baju daur ulang.

Itulah sedikit ulasan mengenai uniknya Kampung Ramadan Desa Beji. Diadakan dengan melibatkan seluruh warga dan diramaikan beragam pertunjukan budaya menarik. Bagaimana menurut kalian Teman Traveler?

Tags
Batu kontributor Travelingyuk wisata batu
Share