Kampung Mural Pulo Geulis Bogor, Paduan Sejarah, Kebudayaan, dan Pluralisme

Guna menyedot banyaknya wisatawan, banyak kota-kota di Indonesia yang melakukan berbagai inovasi. Misalnya saja dengan membuat kampung warna, menambahkan spot foto kekinian, dan lain sebagainya. Berbicara mengenai destinasi wisata baru yang kreatif, Bogor juga memiliki yang namanya Pulo Geulis.

Pulo Geulis di Bogor ini merupakan destinasi wisata yang bisa dibilang unik dan asyik. Banyak hal-hal baru dan informasi baru yang disuguhkan melalui berbagai mural yang digambar di tembok-tembok. Tak salah jika Pulo Geulis ini sekarang jadi hits di Instagram. Potret kecenya berseliweran di media sosial.

Sajikan Mural yang Sarat Akan Sejarah, Kebudayaan, dan Pluralisme

Mural berisi cerita sejarah, via Instagram suparnojumar

Pulo Geulis ini berlokasi di sebuah desa yang terletak di Kecamatan Babakan Pasar, Bogor Tengah. Hal utama yang ditawarkan di sini adalah berbagia mural kreatif yang sarat akan makna. Pada Minggu (18/3/2018), banyak artis mural yang datang ke lokasi tersebut dan membubuhkan karya indahnya di pulau yang bersejarah ini.

Cara yang begitu kreatif menyedot wisatawan, Via Instagram suparnojumar

Pulo Geulis sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di tengah Sungai Ciliwung, Bogor, tepatnya berada di sebelah selatan dari Kebun Raya Bogor. Mural-mural yang dihasilkan seakan bercerita mengenai sejumlah sejarah yang terjadi di Nusantara. Tak sedikit pula mural yang berisi kartun buatan anak negeri. Mural-mural yang diciptakan cukup menarik perhatian dengan sajian yang menarik hati.

Tujuan Membuat Mural Secara Massal di Pulo Geulis

Pola batik di tembok, Via Instagram haninurlaili

Berdasarkan keterangan Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Pulo Geulis ini memiliki potensi yang sangat besar. Destinasi wisata di Bogor ini sarat akan sejarah, plularisme, kebudayaan, dan kuliner nikmat yang tak boleh disepelekan. Karenanya, tempat ini semakin dipercantik dan dikemas sedemikian rupa agar bisa menjadi salah satu destinasi kekinian yang banyak diincar wisatawan, terutama para generasi millennial.

Lokasi Strategis dekat dengan Berbagai Spot Kuliner Khas Bogor

Sangat kreatif, lokasinya dekat dengan kuliner khas Bogor, via Instagram haninurlaili

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Pulo yang penuh dengan mural ini juga dekat dengan spot kuliner khas Bogor. Misalnya saja cungkring ataupun juga bir kotjok. Dengan menikmati berbagai kuliner khas Bogor, kamu akan semakin merasakan kayanya Bogor dari berbagai sudut. Dari sisi sejarah, plurarisme, dan juga kulinernya. Makanan khas selalu berhasil menyihir para wisatawan.

Mural Pulo Geulis Hasil Kerja Sama Banyak Pihak

Contoh mural di Pulo Geulis, Via Instagram haninurlaili

Ternyata berbagai mural yang terdapat di Pulo Geulis ini merupakan hasil kerjasama banyak pihak. Pengecatan secara massal itu dilakukan oleh pemerintah Kota Bogor, khususnya pihak Kelurahan Babakan Pasar, yang didukung oleh The101 Bogor Suryakencana serta PT Propan Raya yang merupakan perusahaan cat melalui program yang mereka sebut sebagai Corporate Social Responsibility atau (CSR). Cara yang bisa dibilang kreatif untuk menarik wisatawan bukan?

Nah, jika selama ini kamu hanya memiliki kampung warna saja, sepertinya Pulo Geulis ini bisa jadi destinasi selanjutnya yang recommended untuk dijelajahi.

Tags
kampung mural kampung mural bogor Pulo geulis pulo geulis bogor pulo geulis di bogor
Share