Liburan Lebaran ke Situbondo? Yuk Main ke Kampung Kerapu Baru yang Seru

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Kampung Kerapu Kampung Kerapu

Situbondo merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang ternyata memiliki banyak pariwisata asyik. Salah satunya adalah Kampung Kerapu yang cantik jelita. Keindahannya banyak disandingkan dengan destinasi dunia. Buat kamu yang menghabiskan lebaran di Situbondo, tempat ini bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi ya. Yuk kita lihat potret memesonanya seperti berikut ini.

Wisata yang Diresmikan Akhir 2018

Kampung Kerapu Situbondo, via Instagram/octwnty7_
Kampung Kerapu Situbondo, via Instagram/octwnty7_

Kampung Kerapu merupakan destinasi wisata yang diresmikan pada akhir 2018. Tepatnya pada tanggal 15 Desember 2018. Awalnya, ternyata tempat ini merupakan lokasi puluhan keramba budidaya ikan. Sekarang sudah disulap menjadi lokasi wisata dengan banyak spot Instagenic di dalamnya. Tak salah nama Kampung Kerapu belakangan kerap disebut saat membahas wisata di Situbondo.

Daya Tarik Utama Dermaga Apung

Mirip Pulo Cinta, via Instagram/sigitdim
Mirip Pulo Cinta, via Instagram/sigitdim

Salah satu daya tarik utama tempat ini adalah Dermaga Apung. Ini merupakan dermaga kayu dengan panjang kurang lebih 300 meter menjorok ke laut dengan trak melingkar. Nah, jika difoto dari atas menggunakan drone, kamu akan menyaksikkan panorama yang istimewa. Tidak hanya itu saja, lantaran bentkuknya yang melingkar inilah, kamu bisa menyaksikkan keramba ikan dengan lebih jelas.

Panorama malam hari, via Instagram/kampungkerapusitubondo
Panorama malam hari, via Instagram/kampungkerapusitubondo

Ada floating jetty yang bisa Teman Traveler nikmati di tempat ini. Saat malam hari, ada dair mancur warna-warni yang memang menjadi atraksi tersendiri. Karena itulah tempat in menjadi jujukan banyak orang.

Keindahannya Kerap Disandingkan dengan Maldives

Panorama Gunung Singgit, via Instagram/hanys_januari
Panorama Gunung Singgit, via Instagram/hanys_januari

Panorama di sekeliling Kampung Kerapu ini kerap disandingkan dengan banyak tempat. Misalnya saja Pulo Cinta di Kalimanta. Tidak sedikit pula yang menyebutkan jika tempat wisata Situbondo ini memiliki panorama bak Maldives. Air lautnya jernih, pasir putihnya juga istimewa. Begitu asri, kamu akan betah di sini. Oh iya, kamu bisa menyaksikkan panorama Gunung Ringgit saat libur lebaran di tempat ini.

Alamat Kampung Kerapu Situbondo

Ada kafe di sekitarnya, via Instagram/ucikermalutin99
Ada kafe di sekitarnya, via Instagram/ucikermalutin99

Alamat Kampung Kerapu ini berada di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo, Jawa Timur. Untuk tiket masuknya akan dibanderol Rp35.000 per 3 jam. Kamu bisa melakukan banyak hal. Bagi yang ingin mancing, kamu bisa membayar Rp50.000. Jangan salah, ikan di sini banyak ragamnya.

Kampung Kerapu bisa menjadi alternatif wisata yang bisa kamu pilih saat menghabiskan lebaran di Situbondo. Lokasinya cantik, kamu tak akan menyesal datang ke sini.