Oneday trip Getaway ke Kampung Kelahiran Soekarno Surabaya, Siapkan Dirimu!

Sudah memasuki Bulan Agustus nih, suasana Kemerdekaan Indonesia terlihat di seluruh penjuru Tanah Air. Surabaya memang cocok disebut Kota Pahlawan. Selaina ada Bung Tomo, ternyata kampung kelahiran Soekarno juga berada di Surabaya, Lho. Kalau Teman Traveler berniat jelajah kampung kelahiran Soekarno Surabaya, kamu bisa menikmati lokasi wisata nasionalis dengan rute berikut. Sudah siap?

1. Stasiun Surabaya Kota

Foto Perlintasan Kereta Stasiun Surabaya Kota via Instagram @surabayakabarmetro

Rumah kelahiran Soekarno berlokasi di Jl. Pandean IV No.40, Peneleh, Kec. Genteng, Kota SBY. Kalau Teman Traveler menggunakan jalur kereta api, bisa turun di stasiun Surabaya Kota untuk mendapat lokasi terdekat dengan kampung kelahiran Soekarno. Cukup berjalan kaki sekitar 15 menitan, bisa langsung menuju rumah kelahiran Soekarno.

Namun, jika kamu mengambil rute lain, bisa juga menemukan banyak lokasi wisata sejarah di Surabaya. Lokasinya tak jauh dari Museum 10 November, Tugu Pahlawan, Kulineran dan Tugu Pahlawan tentunya.

sumber harga tiket kereta api Jawa Timur via jadwalkereta.net

2. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan dari atas via Instagram @arighi_pramudyatama

Hanya berjarak sekitar 650 meter saja dari Stasiun Surabaya Kota, kamu bisa jalan kaki dengan merasakan hangatnya Surabaya Dari stasiun, Teman Traveler bisa melanjutkan perjalanan menuju Jl. Bubutan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya untuk mendatangi Tugu Pahlawan.

Tugu Pahlawan merupakan saksi perjuangan arek-arek Surabaya melawan Belanda pada saat itu. Monumen ini juga dibuat untuk mengenang jasa pejuang yang tumbang di medan perang. Teman Traveler akan merasakan sendiri nuansa perjuangan saat melakukan trip dengan jalan kaki dari Stasiun menuju Tugu Pahlawan,

3. Museum 10 November

Monumen Soekarno Hatta di lingkungan Museum 10 November dan Tugu Pahlawan via Instagram @juan_exel

Berada di lingkungan Tugu Pahlawan, Teman Traveler juga bisa menapak tilas dan menyaksikan bukti-bukti riwayat pertempuran 10 November dari arek-arek Suroboyo kala itu. Sengaja dibangun lebih rendah dari Tugu Pahlawan, museum ini memuat banyak sekali kenangan perang, mulai dari foto-foto hingga monumen yang berhasil membangkitkan jiwa nasionalis kamu seketika.

Setelah mendatangi tempat ini, emosi kamu bakal bergejolak karena merasakan usaha yang mempertaruhkan nyawa demi kemerdekaan Indonesia. Museum ini beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 16.00 dan hanya dikenakan tiket masuk sebesar 5 ribu saja. Jadi jangan sampai kemalaman dan tidak bisa menjelajahi lengkap museum ini ya, Teman Traveler.

4. Rumah Lahir Soekarno

Rumah lahir Ir.Soekarno di Surabya via Instagram @aldrinrachmanpradana

Ir Soekarno lahir dan menjadi Soekarno kecil di Jl.Pandean Peneleh, Gang IV, Nomor 40, Surabaya. Soekarno tidak lama tinggal di situ dikarenakan harus tinggal bersama kakeknya di Tulungagung Jawa Timur. Ayahnya adalah seorang guru dari Singaraja Bali yang baru dipindahkan ke Surabaya.

Teman Traveler bisa melihat sendiri tempat kelahiran bapak Proklamator kita di Rumah Lahir Soekarno. Rasakan sendiri suasana keluarga Soekarno saat itu dari bangunan rumah yang tidak banyak berubah.

5. Bebek Tugu Pahlawan

Kuliner Bebek Tugu Pahlawan via Instagram @surabayafoodies

Kalau stamina Teman Traveler telah terkuras dengan perjalanan emosional dan nasionalis sehabis berkeliling di Tugu Pahlawan, Museum 10 November dan Rumah Lahir Soekarno, kamu bisa makan di Bebek Tugu Pahlawan yang legendaris.

Berlokasi tidak jauh dari Tugu Pahlawan, Bebek Tugu Pahlawan beroprasi mulai jam 18.00 sampai 24.00 di Jl. Tembaan No.17F, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota Surabaya.

Rasa Khas dan banyak menuai ulasan kelembutan dari olahan bebeknya, pasti bisa bikin stamina kamu buat traveling nasionalis meningkat kembali. Kamu bisa meminta sambal yang pedas atau yang bisa dibilang manis saat menikmati Bebek Tugu Pahlawan ini. Harga dari tiap menunya juga terbilang murah.

Itulah rute one day trip ke Kampung Kelahiran Soekarno di Surabaya. Wisata sejarah perlu lho untuk meningkatkan rasa nasionalis kita. Bagaimana, kapan mau coba?

Tags
bebek tugu pahlawan Indonesia kuliner surabya museum 10 november soekarno surabaya Surabaya Tugu Pahlawan wisata surabaya
Share