Tak Hanya Pecinan, di Indonesia Juga Ada Kampung Bule

febri rama

febri rama

On Indonesia
Kampung Bule Kampung Bule

Bule atau turis asing bukanlah hal yang aneh di Indonesia. Ada tempat-tempat wisata keren yang jadi favorit wisatawan dari berbagai negara. Salah satunya adalah Bali. Pulau Dewata ini ramai didatangi bule dari berbagai negara setiap waktu terutama saat musim liburan. Ada juga destinasi lain yang mendapat julukan Kampung Bule. Apa alasannya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Kampung Bule Batam

Kampung Bule Batam
Kampung Bule Batam Via Jakarta 100 Bars

Batam memiliki daerah yang dikenal sebagai kawasan bule, tepatnya ada di Nagoya. Memang setiap hari tempat ini banyak didatangi oleh warga negara asing yang ingin bersantai dan seru-seruan menikmati Batam di saat malam. Terdapat banyak sekali tempat nongkrong dan kulineran. Setidaknya ada lebih dari 40 bar dan cafe dengan berbagai tema berjajar menawarkan daya tariknya pada pelanggan.

Salah satu sudut kampung bule
Salah satu sudut kampung bule via 2 Bags and a Pack

2. Kampung Bule Prawirotaman

Prawirotaman
Prawirotaman via @tony_barker_

Kawasan Prawirotaman berjarak sekitar tiga kilometer dari Jalan Malioboro. Itu artinya, juga dekat dengan tempat wisata Jogja lainnya seperti Keraton dan Taman Sari. Disebut Kampung Bule karena banyak turis asing yang beraktivitas di sini. Penduduk setempat banyak yang mahir menggunakan Bahasa Inggris sehingga membuat wisatawan mancanegara lebih nyaman. Selain itu juga ada fasilitas penginapan dengan harga yang murah.

Prawirotaman
Prawirotaman via Yogya Backpacker

3. Jalan Jaksa Jakarta

Jalan jaksa
Jalan jaksa via CoklatKita

Jalan Jaksa yang berada di Jakarta Pusat dikenal juga sebagai tempat nongkrongnya para bule. Namanya sendiri sudah terkenal di kalangan pelancong mancanegara. Itulah mengapa banyak dari mereka yang sengaja datang ke sini untuk singgah sebelum melanjutkan perjalanan. Tersedia banyak hotel murah hingga cafe, mengingatkan pada Legian di Bali. Di waktu-waktu tertentu bahkan ada festival budaya Betawi yang banyak diikuti oleh para bule.

Jalan jaksa
Jalan jaksa Via YouTube

Itulah beberapa kampung bule yang ada di Indonesia dengan segala keunikannya. Tempat-tempat tersebut menunjukkan bahwa penduduk setempat bisa berbaur dengan warga negara asing. Salah satu bukti bahwa Indonesia memang ramah dan memesona.