Gnomesville, Kampung Boneka dari Australia yang Unik

Benua Australia menyimpan banyak tempat wisata untuk dikunjungi, seperti Sydney Opera House, Luna Park Sydney, Menara Sydney, Kebun binatang Taronga, dan masih banyak lagi. Namun, apakah Teman Traveler pernah mendengar Gnomesville? Bukan manusia, tempat satu ini adalah sebuah desa yang dihuni oleh banyak boneka gnome. Penasaran seperti apa sih rupa dari desa ini? Yuk, baca lebih lanjut.

Asal Boneka Gnome

Gnomesville
Gnomesville via Instagram/stephanielopaten

Gnome sendiri merupakan sebuah makhluk legenda yang berasal dari Eropa dan telah ada sejak abad ke 16 lalu. Di Amerika, gnome memiliki arti yang berbeda-beda, tapi kebanyakan mengacu pada orang kerdil, kebanyakan pria, tinggal di tempat yang gelap, seperti hutan dan kebun. Tradisi modern dari gnome sendiri menurut kebanyakan orang Eropa ialah orang yang tua, kerdil, memakai topi berbentuk kerucut.

Bertebarannya Gnomes

Boneka Gnome
Boneka Gnome via Shutterstock/Alex Mahony

Australia sendiri memiliki sebuah desa yang dipenuhi dengan boneka Gnome yang bernama Gnomesville. Desa ini berada di kawasan lembah Ferguson, Australia Barat tepatnya berada di bundaran Jalan Wellington Mill. Teman Traveler akan menemukan ribuan boneka Gnomes yang bertebaran. Meskipun masyarakat sekitar tidak tahu persis bagaimana tempat ini terbentuk, namun beberapa cerita mengatakan dulu ada seorang perempuan yang suka memperbaiki gnome ini dan meninggalkan satu atau dua boneka.

Tempat yang Instagenic

Tempat yang Instagenic
Tempat yang Instagenic via Instagram/__zziiye___

Boneka gnome yang memiliki kesan seram ini ternyata bisa menjadi sesuatu yang sangat menarik. Desa ini terlihat berwarna-warni dan cantik, sehingga para wisatawan banyak yang mengabadikan momen dengan berfoto. Para pengunjung juga dapat dengan bebas untuk membawa gnome sendiri dan meletakannya di sini, bahkan sekarang diperkirakan jumlahnya mencapai 5000 lebih.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tidak sembarangan, para pengunjung yang membawa gnome harus jelas identitasnya, seperti berasal dari negara mana atau informasi lain yang berhubungan.

Kekhawatiran Penduduk Sekitar

Membawa binatang peliharaan
Membawa binatang peliharaan via Instagram/djmaxnsam

Gnomesville yang sudah menjadi tempat wisata ternyata membawa kekhawatiran bagi para penduduk sekitar, terutama bagi peternak hewan. Para wisatawan yang berdatangan di sekitar desa banyak yang mengambil foto dari pagar ternak. Hal itu dapat mengganggu sapi yang sedang ingin melahirkan. Selain itu, wisatawan yang membawa hewan peliharaan juga menjadi kekhawatiran. Kebanyakan dari pengunjung tidak menjaga hewan mereka dan mengganggu hewan ternak.

Boneka Gnome ternyata tidak selalu dikaitkan dengan sesuatu yang seram, melainkan menjadi hal yang menarik. Jika berencana traveling ke Australia, pastikan Teman Traveler mampir ke Gnomesville. Tertarik untuk berfoto dengan boneka-boneka ini?

Tags
Australia Ferguson gnomesville Luar negeri Wisata wisata australia
Share