Kampung Batu Malakasari, Laboratorium Alam Indah di Bandung

Bicara soal wisata Bandung tentu takkan ada habisnya. Paris van Java tak pernah berhenti berinovasi untuk menarik minat wisatawan lokal maupun dari daerah lainnya. Bagi yang sedang mencari destinasi bernuansa alam untuk berlibur bersama keluarga, Kampung Batu Malakasari bisa dijadikan alternatif.

Beragam wahana seru dan pengalaman menarik sudah menanti di destinasi yang terletak di Jl Raya Bancaran Rencong, Desa Malakasari, Bale Endah ini. Tak hanya itu, pemandangan di sekitarnya pun juga sangat elok dipandang. Penasaran? Berikut penjelasan lengkap Travelingyuk soal pesona Kampung Batu Malakasari Bandung.

Bekas Pertambangan Terbengkalai

Kawasan kampung batu
Kawasan kampung batu via Instagram kampungbatu

Dulunya kawasan Kampung Batu Malakasari merupakan bekas daerah pertambangan batu. Kondisinya sempat memprihatinkan usai terbengkalai selama beberapa tahun. Namun semuanya berubah sejak kedatangan seorang investor bernama Ir H Waryo.

Setelah berkonsultasi dengan ahli geofisika bernama Ir Bambang Sutedja, proses pembangunan kembali kawasan ini pun dimulai. Dalam waktu beberapa bulan, lokasi yang mulanya tampak gersang dan kumuh disulap menjadi tempat wisata menarik. Tak hanya mengandalkan pesona alam, mereka yang berkunjung juga akan dimanjakan beragam wahana bernilai edukatif.

Laboratorium Alam

Outbond untuk si kecil
Outbond untuk si kecil via Instagram kampungbatu

Kampung Batu Malakasari bisa dibilang merupakan sebuah laboratorium alam. Betapa tidak, di sini para pengunjung bisa menjajal beragam kegiatan menarik, semuanya ditujukan untuk memanfaatkan secara maksimal potensi yang ada di sekitar lingkungan.

Mulai dari berinteraksi dengan hewan di peternakan sapi, domba, kelinci, dan kambing, melihat tingkah rusa totol di penangkaran, belajar soal persawahan serta agrikultur, dan juga menyelamai seni lokal di Bale Seni Budaya dan Rumah Adat Sunda. Selain itu masih ada titik menarik lain yang pantang dilewatkan, seperti outbond, flying fox, dan Bukit Batu.

Segarnya Bermain di Wahana Air

Arena bermain air
Arena bermain air via Instagram kampungbatu

Puas menjelajah berbagai sudut Kampung Batu Malakasari dan menikmati indahnya pemandangan dari Bukit Batu, sobat traveler bisa melanjutkan hari dengan bermain di Tektona Waterpark. Seperti tempat sejenis lainnya, Tektona menawarkan sensasi seru bermain air dalam beragam wahana menantang.

Selain Kolam Ombak dan Kolam Arus, keseruan tak terlupakan juga siap menanti di Kolam Semi Olympic, Mini Slider, dan Mega Slider. Masing-masing menawarkan variasi tantangan dan ketinggian berbeda. Cocok sekali bagi yang ingin merasakan adrenalin mengalir deras sembari bersenang-senang.

Liburan Lengkap Bersama Keluarga

Penangkaran rusa di kampung batu
Penangkaran rusa di kampung batu via Instagram kampungbatu

Dengan beragam wahana dan fasilitas yang ditawarkan, Kampung Batu Malakasari bisa dibilang merupakan salah satu destinasi wisata keluarga terlengkap yang ada di Bandung. Cocok sekali dijadikan alternatif mengisi waktu liburan di akhir pekan. Terutama bagi mereka yang menyukai tempat bernuansa alam.

Kampung Batu Malakasari buka setiap hari antara pukul sembilan hingga empat sore, kecuali akhir pekan dan hari libur (buka setengah jam lebih cepat dan tutup sejam lebih lama). Sobat traveler disarankan membawa cukup banyak uang tunai, sebab untuk masuk ke masing-masing wahana harus mengeluarkan biaya ekstra. Per wahana dibandrol sekitar lima hingga 15 ribu rupiah.

Well, itulah tadi sedikit gambaran mengenai pesona dan daya tarik lokasi wisata Kampung Batu Malakasari di Bandung. Jika masih bingung menentukan hendak berlibur ke mana di akhir pekan nanti, tak ada salahnya mencoba berkunjung ke laboratorium alam di Paris van Java ini.

Tags
Bandung Wisata
Share