Berwisata Sembari Lestarikan Budaya Indonesia di Kampung Batik Tangerang

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia

Tangerang terus bergeliat untuk menjadi salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata yang beragam. Setelah sebelumnya hits dengan Kampung Berkelir, kali ini Tangerang juga mulai memoles kampung baru yang ditujukan sebagai destinasi wisata. Terbaru adalah Kampung Batik Larangan. Lokasinya berada di Kelurahan Larangan Selatan.

Kampung Pembuatan Batik

Proses pembuatan batik, Via Instagram belajarmembatik

Asal mula ide untuk membuat kampung batik di Tangerang atau disebut juga dengan Kampoeng Batik Kembang Mayang itu dikarenakan banyak warga yang memiliki keterampilan membuat batik. Ada pula sanggar batik yang dilaksanakan setiap hari Rabu dan juga Jumat untuk semakin mengembangkan kreativitas dari warga setempat. Selain bisa dijual, ke depannya kampung batik di Tangerang ini juga diharapkan menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi.

Banyak Mural Batik untuk Selfie

Banyak mural Instagenik di Kampung Larangan, Via Instagram rumah_batik_palbatu

Mungkin dahulu awalnya hanya terkenal sebagai salah satu sentra batik yang ada di sekitaran Jakarta. Namun sekarang ini sepertinya masyarakat sudah semakin cerdas dengan secara mandiri mengembangkan kampungnya menjadi destinasi wisata . Hal ini terbukti dari masyarakat secara mandiri melukis mural-mural batik di sekitar lingkungan kampung. Mural-mural tersebut dibuat dengan sangat apik, sehingga instagenik.

Kampung Berkelir di Tangerang, Via Instagram ramadhan_penuhberkah

Salah satu acuan masyarakat adalah karena sebelumnya memang ada Kampung Berkelir yang populer. Kampung Berkelir menjadi salah satu ikon Tangerang. Lokasinya berada di Kelurahan Babakan, Tangerang. Contohnya ada beberapa kesenian atau ikon Tangerang yang terkenal. Misal ada Lenggang Cisadaen, Cokek, Laksa, Gambang Kromong dan lain sebagainya. Jika di Kampung Berkelir membuat berbagai mural dengan tema kearifan lokal yang beragam, wisata baru di Tangerang ini mengusung batik yang sangat Indonesia.

Alternatif Wisata Tak jauh dari Ibu Kota

Belajar membantik di Kampung Batik Larangan, Via Instagram sulastri_wulandari10

Karena memiliki pemandangan yang sangat instagenik, mural-mural yang berada di kampung batik Tangerang ini bisa dimasukkan menjadi background foto-foto yang ciamik. Tentu saja bagi kamu warga ibu kota, Jakarta, kampung batik di Tangerang ini menjadi salah alternatif wisata yang asyik. Kamu tak perlu jauh-jauh ke Solo ataupun Jogja untuk melihat proses pembuatan batik. Tawaran traveling yang sanggat menggiurkan bukan?

Alternatif wisata tak jauh dari Jakarta, Via Instagram sulastri_wulandari10

Yes, kamu bisa melihat berbagai proses pembuatan batik secara langsung. Mulai dari menjemur kain, mengaplikasikan motif dengan menggunakan canting, membakar lilin, dan lain sebagainya. Kebanyakan yang membuat batik di sini adalah ibu-ibu, jadi jangan kaget ya. Kamu bisa bertanya-tanya mengenai proses pembatan batik.

Alternatif wisata yang tak jauh dari ibu kota ya? Jika kamu memiliki waktu liburan yang sangat singkat, misalnya saja satu hari tapi ingin liburan, kampung batik Tangerang ini bisa jadi pilihannya. Bisa dapat stok foto yang ciamik sekaligus dapat batik untuk tambah-tambah koleksi.