8 Kampung Batik Terkenal di Jawa, Biar Makin Cinta Nusantara

Batik merupakan tradisi leluhur yang harus dilestarikan. Jangan sampai seperti beberapa waktu yang lalu Batik diklaim sebagai warisan budaya negara lain. Cara melestarikan batik ini beragam caranya, salah satunya adalah dengan mengunjungi berbagai kampung batik yang berada di Tanah Air. Untuk tahap awal, traveling ke berbagai kampung tematik batik di Jawa sudah sangat oke. Pasalnya, kampung bernuansa batik di Jawa juga banyak sekali jumlahnya, seperti 8 di antaranya yang bisa jadi destinasi wisata.

1. Kampung Batik Rejomulo, Semarang

Wisata Batik di Semarang, Via Instagram nengnana10

Berada di Jl. Pattimura Kelurahan Rejomulyo, Semarang, kampung batik ini sangat rekomended sekali buat dijelajahi. Hampir di setiap sudut kampung dihiasi oleh keindahan batik yang khas, baik di mural maupun di batik kain. Selain menikmati keindahan batik yang disuguhkan, kamu juga bisa belajar membuat batik dengan hanya membayar Rp 20 – 30 ribuan saja. Saat pulang, kamu juga bisa membawa beberapa batik cantik. Satu lagi sih, di sekitaran kampung Batik ini ada spot wisata yang ikonik di Semarang, yakni Kampung Djadhoel.

2. Kampung Batik Larangan, Tangerang

Kampoeng Batik di Tangerang, Via Instagram genpikotatangerang

Lokasinya berada di Kelurahan Larangan Selatan, Kecamatan Larangan, Kampung Batik satu ini jadi destinasi wisata yang tengah sedang naik daun. Sudah ada mural-mural ukuran besar yang cantik di tembok-tembok. Lokasinya sekarang sudah menjadi salah satu perburuan para millenials. Instagenic, apik dan memikat hati. Ada juga sentra batik yang bisa kamu kunjungi, pulang-pulang bisa bawa batik khas Tangerang.

3. Kampung Batik Ngasem, Jogja

Kampung Batik Ngasem, Via Instagram angela_jehnsen

Kampung bernuansa batik lainnya yang tidak kalah terkenal adalah yang berada di daerah Ngasem, tepatnya berada di daam benteng keraton Jogja. Tak hanya batik saja yang bisa kamu nikmati keindahannya, megahnya bangunan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan batik Jogja yang murah meriah, jangan segan buat menawar. Tapi tentu saja harus dengan harga yang wajar ya, jangan sadis-sadis banget saat nawar.

4. Kampung Batik Kubil, Banten

Belajar membatik di Kampung Kubil, Via Instagram firlaaa

Lokasinya berada di Jl. Bhayangkara, Kampung Kubil Kelurahan Cipocok Jaya Serang, ini merupakan kampung tema batik yang juga terkenal.

Kampung Batik Nusantara
Kampung Batik Nusantara (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Sebagai informasi nih, bahkan keindahan dari batik khas Banten ini sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO. Ciri khas dari Batik Banten ini memiliki warna abu-abu, bisa banget untuk dibuat baju yang cantik.

5. Kampung Batik Kauman, Pekalongan

Kampung bernuansa batik di Kauman, Via Instagram megaaaul

Pekalongan juga merupakan daerah di Indonesia yang terkenal dengan batiknya. Sebagai salah satu sentra batik di Indonesia, tentu saja Pekalongan memiliki banyak batik yang berkualitas, salah satunya merupakan produksi dari Kampung Batik Kauman. Sudah sejak tahun 2007 yang lalu, daerah Pekalongan menjadi kampung batik, jadi sangat disarankan buat dikunjungi. Terutama buat kamu para pecinta batik Nusantara.

6. Kampung Batik Trusmi, Cirebon

Wisata Batik Trusmi, Via Instagram dwiimaniar

Batik Cirebon yang sangat terkenal motifnya adalah mega mendung yang memiliki arti yang sangat filosofis di belakangnya. Sementara itu kampung yang bisa kamu kunjungi adalah Kampung Batik Trusmi yang lokasinya berada di Plered, Cirebon. Selain kampung bernuansa batik, Cirebon juga memiliki destinasi wisata lainnya yang bisa banget buat dijelajahi.

7. Kampung Batik Jetis, Sidoarjo

Proses pembuatan Batik di Jetis, Via Instagram prasatya_photo_art

Sidoarjo juga memiliki kampung bertema batik yang terdapat di Desa Lemah Putro. Motif yang sangat terkenal adalah burung merak yang memiliki warna cantik, ada merah, kuning, hijau, dan biru. Kampung bernuansa batik di Sidoarjo ini sudah lama, sejak tahun 1970-an. Ternyata Sidoarjo tak hanya punya industri saja ya?

8. Kampung Batik Girli Kliwonan, Solo

Batik di Girli Kliwonan, Via Instagram bad_run_nh

Kota di Jawa lainnya yang terkenal memiliki batik adalah Solo, Jawa Tengah. Ada kampung bernuansa batik yang bernama Girli Kliwonan, Sragen, Solo. Lokasinya berada di pinggir sungai yang diberi nama dengan Girli Kliwonan. Sementara itu untuk motif dari batik khas Solo di kampung ini didominasi berwarna hitam.

Di luar Jawa masih banyak kampung-kampung dengan khas batik yang perlu banget buat ditelusuri. Jadi, pastikan nih kamu jadi generasi yang melek sama berbagai warisan leluhur. Lebih bagus lagi jika kamu turut melestarikannya. Kalau kamu sudah ke kampung batik yang mana?

Tags
Indonesia kampung batik Wisata
Share