Uniknya Kampung Asian Games Solo, Ada Jokowi Latihan Tinju

Advertisement

Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga akbar se-Asia tersebut akan digelar di Jakarta dan Palembang mulai Agustus mendatang. Gaungnya pun sudah mulai terasa di beberapa tempat. Salah satunya Kampung Asian Games Solo yang bertujuan menyemarakkan gelaran besar tersebut. Kampung yang dimeriahkan oleh karya sejumlah seniman Solo Raya ini juga diharapkan bisa memberi semangat pada para atlet Tanah Air untuk mencetak prestasi.

1. Berada di Rumah Walikota

Kampung Asian Games di Solo
Kampung Asian Games di Solo via Instagram kampungasiangames

Kebanyakan orang mungkin mengingat Solo sebagai kota kelahiran Presiden Jokowi. Namun, kota di Jawa Tengah tersebut juga punya banyak kekayaan budaya dan kesenian yang menarik. Maka tak heran jika ada banyak kreativitas dan seniman jenius lahir di kawasan satu ini.

Salah satu buah kreasi terbaru warga Solo adalah Kampung Asian Games. Dibentuk demi memeriahkan pesta olahraga akbar antarbangsa Asia tahun ini, kampung unik tersebut terletak di rumah Walikota Solo – F.X Hadi Rudyatmo. Tepatnya ada di kawasan Pucangsawit.

2. Buah Karya Seniman Solo Raya

Mural buah karya seniman Solo raya
Mural buah karya seniman Solo raya via Instagram kampungasiangames

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Kampung Asian Games Solo di Pucangsawit merupakan buah karya para seniman Solo Raya. Talenta kreatif dari seantero Kota Batik sengaja diundang dan diberi kesempatan untuk menuangkan ide mereka dalam lukisan. Tawaran tersebut lantas disambut dengan positif oleh para seniman.

Pembuatan karya seni lukisan dinding alias mural di Pucangsawit sendiri memakan waktu tidak sedikit. Namun hal tersebut tak membuat para pekerja kreatif yang sudah diundang patah arang. Bahkan demi konsentrasi dan menjaga ketertiban sekitar, mereka rela untuk terus melukis di malam hari.

3. Mural-mural Keren Menghiasi Dinding

Mural keren gambar atlet panahan
Mural keren gambar atlet panahan via Instagram kampungasiangames

Kerja keras para seniman tersebut tak sia-sia. Dinding-dinding rumah warga di kawasan gang Candribodro dan Candisawit kini sudah dihiasi banyak mural keren bertemakan Asian Games. Hasilnya begitu apik dan mengundang decak kagum siapapun yang melihatnya.

Beberapa figur legendaris diabadikan dalam mural, salah satunya pebulutangkis Susi Susanti. Selain itu masih ada gambar trio maskot Asian Games; Bhin-bhin, Atung, dan Kaka. Namun yang paling menarik perhatian tentu saja figur Presiden Joko Widodo yang digambarkan sedang berlatih tinju.

4. Semangat Persatuan

Jokowi berlatih tinju
Jokowi berlatih tinju via Instagram kampungasiangames

Keberadaan Kampung Asian Games Solo merupakan wujud spirit dan antusiasme warga lokal dalam menyambut gelaran akbar di Jakarta dan Palembang nanti. Para atlet yang berlaga diharapkan semakin termotivasi dengan karya-karya menarik terkait Asian Games yang muncul di beberapa daerah, serta  mencetak prestasi tertinggi. Hal ini sempat disampaikan sendiri oleh walikota Solo, F.X Rudyatmo beberapa saat lalu.

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai kisah menarik dan daya tarik Kampung Asian Games Solo. Bagi sobat traveler yang ingin ikut merasakan semangat gelaran Asian Games, langsung saja meluncur ke kawasan Pucangsawit dan abadikan mural di sana dalam ragam foto menarik.

Advertisement
Tags
Solo Wisata
Share