Tips Memilih Kamera Berdasarkan Jenis Aktivitas Traveling

Bagi pecinta traveling, gadget satu ini sudah menjadi barang wajib yang harus dibawa. Barang tersebut tentu saja alat pengambil gambar berupa kamera. Namun kadang timbul masalah sepele seperti bingung memilih kamera yang pas untuk di bawa saat traveling saking banyaknya jenis kamera yang beredar di pasaran.

Tak jara traveler yang bertanya “pilih kamera saku atau SLR ya buat di bawa traveling?” Nah untuk itu kami mencoba untuk memberikan sedikit gambaran tentang cara menyesuaikan kamera berdasarkan jenis kegiatan traveling Anda agar Anda bisa pas memilih jenis kamera saat traveling. Berikut ulasannya lengkapnya.

1. Mengabadikan Moment Selama Perjalanan Pakai Kamera Ponsel

Banyak traveler yang saking antusiasnya untuk pergi jalan-jalan sampai mengabadikan setiap moment yang dijalaninya termasuk ketika masih di perjalanan. Mereka biasanya akan mengambil gambar saat di terminal, stasiun maupun bandara. Ada pula yang sempat untuk berfoto di rest area atau SPBU.

Foto via Tips Fotografi
Foto via Tips Fotografi

Nah jika tujuannya untuk mengabadikan moment selama perjalanan, kamera ponsel khususnya smartphone adalah pilihan yang tepat. Kenapa demikian? Seiring berkembangnya teknologi kualitas kamera ponsel kini sudah semakin membaik. Selain itu kamera ponsel yang melekat di alat komunikasi tersebut sudah tentu selalu standby dan ada di saku sehingga mudah di gunakan jika ada moment seru yang mendadak. Kelebihan lainnya, si pengguna bisa langsung mengunggah hasil fotonya ke media sosial secara real time.

2. Kamera GoPro Untuk Kegiatan Adventure

Kegiatan traveling tak hanya leha-leha menikmati pemandangan pantai atau jalan-jalan di di taman yang penuh dengan bunga-bunga saja. Banyak traveler yang memilih untuk melakukan hal-hal yang anti mainstream seperti trekking, paraseling, bungee jumping atau melakukan hal-hal seru lainnya. Bahkan tak sedikit dari mereka yang menginginkan aktivitas ekstrimnya untuk direkam.

Foto via Talk Men
Foto via Talk Men

Suatu hal yang mustahil untuk membawa kamera saku atau bahkan SLR saat melakukan hal-hal tersebut. Nah solusinya dengan menggunakan kamera sport seperti GoPro. Ini adalah salah satu jenis kamera yang didesain khusus dengan bentuk yang compact, fleksibel dan mampu mengakomodir kegiatan ekstrim seperti yang disebutkan tadi.

3. Kegiatan Traveling yang Santai Gunakan Kamera Saku

Jika kegiatan traveling Anda didominasi dengan kegiatan jalan-jalan santai maka cukup membawa kamera saku saja. Kamera saku biasanya memiliki bentuk yang ringkas (kecuali jenis bridge-camera alias kamera yang mirip SLR) sehingga cukup ringan untuk dikantongi.

Foto via Harga Kamera
Foto via Harga Kamera

Selain mudah dan ringan untuk di bawa, kamera saku kini juga telah memiliki kualitas yang cukup bagus bahkan mendekati kamera SLR. Sehuingga mampu mengabadikan moment-moment yang Anda inginkan dengan baik. Terlebih Anda tidak perlu repot menenteng kamera SLR yang jauh lebih besar dan ribet.

4. Hunting Foto? Bawa Kamera SLR sebagai Solusinya

Setiap traveler memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam menjalani masa liburannya. Ada yang ingin bersantai saja ada pula yang sekalian berburu dan mengasah kemampuan fotografinya. Jika Anda salah satu jenis traveler yang suka jalan-jalan sekaligus hunting foto dan belajar fotografi maka membawa kamera SLR adalah pilihan yang tepat.

Foto via Trik Fotografi
Foto via Trik Fotografi

Traveler model ini tentu tidak akan keberatan untuk selalu menenteng kamera ukuran besar kemanapun berada. Tentu kualitas gambar yang dihasilkan dari jepretan kamera SLR jauh lebih ciamik dibanding kamere saku atau bahkan kamera pensel. Kamera ini sangat cocok untuk mengambil gambar dengan kualitas HD. Hanya mereka yang benar-benar hobi fotografi saja yang tidak keberatan dengan ukuran besar dan bobot yang berat dari kamera jenis ini.

5. Merekam Kegiatan Liburan? Pakai Handycam

Ada satu lagi alat tempur yang bisa dipilih untuk mengabadikan momen liburan yaitu handycam. Ini memang bukan kamera seperti daftar sebelumnya tapi ini layak untuk diperhitungkan sebagai gadget yang musti di bawa. Kadang ada traveler yang kurang puas jika hanya mengabadikan moment liburan dengan foto saja. Mereka menginginkan merekam seluruh kegiatan liburan dengan urut, saat itulah handycam diperlukan.

Foto via WP
Foto via WP

Mengambil video bisa saja dilakukan dengan perangkat kamera. Itu benar, namun ada satu hal yang membedakan antara kamera dengan handycam. Mungkin secara kualitas sekarang banyak kamera yang mampu merekam video sebaik handycam namun namanya kamera pasti fungsi utamanya untuk mengambil gambar jadi tidak dibekali dengan space memori yang besar. Nah handycam bisa merekam video dalam waktu yang lama tanpa harus mengganti memori.

Itulah berbagai gadget yang bisa dipilih berdasarkan jenis kegiatan traveling Anda. Gadget yang mana yang Anda pilih untuk liburan Anda? Sesuaikan dengan jenis aktivitasnya ya agar tida ribet membawanya saat berada di lokasi. Good luck.

Tags
GoPro Handycam Kamera Saku Kamera SLR memilih kamera tips liburan
Share