Waspada Saat Liburan! 4 Benda Ini Bisa Jadi Kamera Pengintai di Toilet Umum

Sudah banyak berita yang beredar tentang sebuah kamera yang diletakkan di toilet umum. Hal ini tentu membuat semua orang menjadi was-was apabila harus menggunakan kamar mandi publik. Nah, parahnya lagi, ada beberapa benda yang dimodifikasi menjadi kamera pengintai di toilet umum supaya tidak terlihat. Lantas, apa saja benda yang dimaksud? Kita lihat uraian di bawah ini. 

1. Gantungan Baju 

kamera di toilet umum
Kamera bentuk gantungan baju via facebook/Cakrawala Grosir

Teknologi yang sangat mumpuni pada saat ini, membuat beberapa orang tak kehilangan akal untuk mengkreasikan apapun itu. Salah satunya berupa kamera yang ditanamkan pada gantungan baju.

Sekilas memang bentuknya sama seperti gantungan baju pada umumnya. Tapi, kalian bisa melihat cirinya dari badan gantungan baju. Apabila ada titik kecil di bagian tengahnya, maka Teman Traveler kudu berhati-hati, karena di dalamnya terdapat sebuah kamera pengintai. 

2. Alat Pengharum Ruangan 

kamera di toilet umum
Kamera bentuk alat pengharum ruangan via facebook/Toko Serba Ada

Benda satu ini juga tak luput dari produsen pembuat kamera pengawas. Yaitu alat pengharum ruangan. Cara yang satu ini memang sangat ampuh dan pasti tidak dicurigai oleh banyak orang.

Ini dikarenakan benda tersebut tidak ada ciri-ciri khususnya kalau dilihat dari luar. Semua terlihat mirip dengan pengharum ruangan yang biasanya. Jadi, kalian harus lebih waspada ketika ada pengharum ruangan di sana. 

3. Lampu LED 

Kamera bentuk lampu LED via facebook/Fransisca Krisnawati

Selanjutnya ada lampu LED yang bisa berfungsi sebagai kamera pengintai. Kalau dilihat dari luar memang sama saja seperti lampu yang sering dipakai. Namun, kalian bisa memperhatikannya pada bagian kacanya. Apakah memiliki warna bening atau tidak dan lihat juga apa terdapat bulatan hitam di dalamnya. Kalau lampu mempunyai ciri tersebut, kalian harus cari toilet umum yang lain atau segera lapor kepada penjaga. 

4. Sekrup 

Kamera bentuk sekrup via twitter/kelabingdotcom

Terakhir, ada sekrup yang juga dijadikan sebuah kamera. Rasa-rasanya seperti tidak mungkin, tapi benda ini bisa ditanami sebuah kamera yang ukurannya cukup kecil. Supaya Teman Traveler bisa berhati-hati, ada ciri khusus yang dimiliki oleh kamera pengintai berbentuk sekrup ini. Adalah ukurannya lebih besar dari sekrup pada umumnya. Kemudian peletakannya tidak di tempat biasa sekrup dipasang. 

Jadi, untuk Teman Traveler sebaiknya lebih berhati-hati terhadap kamera pengintai yang ada di toilet umum. Nah, untuk mendeteksi apakah ada kamera tersembunyi atau tidak, bisa coba untuk matikan lampu toilet terlebih dulu. Kalau sudah, arahkan kamera ponsel kalian ke seluruh ruangan. Apabila ada titik-titik merah yang muncul, bisa dipastikan ada kamera di sana. 

Tags
kamera di toilet umum tips traveling
Share