Kambose, Olahan Jagung Rebus Khas Pulau Muna Provinsi Sulawesi Tenggara

Pulau Muna merupakan bagian Provinsi Sulawesi Tenggara yang memiliki alam yang eksotis, salah satunya adalah Danau Randhano Ghage. Tak hanya itu, Pulau Muna pun memiliki panganan khas. Berikut adalah salah satu kuliner khas Pulau Muna yang patut dijajal para Teman Traveler yaitu olahan jagung kambose atau kambuse. Seperti apa sih bentuk dan rasanya? Yuk, simak lebih lanjut.

Kambose Selalu ada di Setiap Hidangan

Kambose atau Kambuse via Instagram @ayokemuna_official

Penduduk Pulau Muna menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Sehingga kambose yang terbuat dari jagung yang sudah tua ini selalu disajikan saat makan sehari-hari dan acara adat yang disukai semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Jika biasanya biji jagung muda masih diselimuti kulit tipis berwarna kuning, berbeda dengan olahan ini yang biji jagungnya tidak berselimut kulit.

Keistimewaan Olahan Jagung Kambose

Kambose Disantap dengan Ikan Topa via Facebook [source]
Cara memasak olahan jagung kambose cukup sederhana, yaitu dengan cara direbus. Penduduk asli Pulau Muna menggunakan serbuk kapur yang ditambahkan saat jagung direbus. Membutuhkan ketepatan yang akurat agar kulit tipis biji jagung bisa lepas. Jika terlalu banyak menambahkan serbuk kapur, tentu saja jagung tidak bisa dikonsumsi. Biji jagung yang telah direbus tersebut harus dicuci bersih dulu sebelum diolah kembali atau langsung dikonsumsi, untuk meluruhkan sisa – sisa serbuk kapur. Olahan Kambose cenderung lebih lembut dibandingkan dengan yang biasa akibat tidak adanya kulit yang menyelimuti biji jagung.

Menyantap Kambose

Belum ke Pulau Muna Kalau Belum Makan Kambose via Instagram @amalianunung

Penduduk Pulau Muna biasa menyantapnya dengan sayur berkuah atau ikan bakar. Bagi yang tua dan sudah tidak memiliki gigi biasanya menumbuk kambose dalam lesung atau digiling dengan alat bernama kagiling, agar bisa lebih mudah dikunyah. Pecinta kuliner juga bisa menjajal inovasi lainnya, yaitu yang berkuah santan dan salad yaitu biji jagung dicampur dengan potongan berbagai buah. Teman traveler juga bisa praktek membuat kambose langsung dengan penduduk asli Pulau Muna. Tertarik ingin mencoba?

Mendapatkan Kambose

Dinikmati dengan Ikan via Instagram @carimakan.kendari

Teman traveler bisa mendapatkan kambose atau kambuse ini di warung bahkan restoran di Pulau Muna. Pecinta kuliner juga bisa saja berbaur dengan masyarakat Pulau Muna untuk belajar langsung cara pembuatannya,, sekaligus menjajalnya. Sangat menarik, ya.

Traveling ke Sulawesi Tenggara, khususunya Pulau Muna tidak akan menjadi biasa-biasa saja, nih. Ada banyak pengalaman seru, termasuk membuat olahan jagung kambose bersama masyarakat sekitar. Bagaimana, Teman Traveling nggak sabar untuk mencoba?

Tags
Indonesia Kambose Kambuse kuliner Pulau Muna Sulawesi tenggara
Share