Tempat Makan Kaledo di Palu, Kuliner Khas Mutiara Khatulistiwa yang Istimewa

Kaledo merupakan singkatan dari kaki lembu Donggala. Dan memang benar, ini memang merupakan kuliner khas Donggala yang ada di Palu, Sulawesi Selatan. Bahan baku utama untuk membuat kuliner ini adalah kaki sapi.

Memang ini sekilas mirip dengan sop buntut, namun terbuat dari kaki lembu. Uniknya, sop kaledo ini tidak dinikmati dengan nasi, tapi umbi seperti singkong rebus. Nah kali ini Travelingyuk telah mengumpulkan tempat makan kaledo di Palu. Di mana saja?

RM. Kaledo Mutiara

Kaledo Mutiara, via Instagram/hana_hardian
Kaledo Mutiara, via Instagram/hana_hardian

Rumah Makan Kaledo Mutiara belokasi di Jl. Layana Indah, Kecamatan Mantikolore, Palu. Kaledo di sini tersaji dalam mangkuk, kamu bisa melihat komposisi bahannya dengan mudah. Sepintas mirip dengan sop sumsum, namun daging lembunya di sini tidak dibumbui. Kuahnya bening dengan rasa yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan sop sumsum.

Kaledo di sini juga disantap dengan singkong rebus. Sensasi makan yang berbeda akan kamu dapatkan. Satu porsi kaledo di sini dipatok Rp65.000. Salah satu lokasi yang cukup rekomended buat para pecinta olahan kaledo.

Kaledo Stereo

Kaledo Stereo, via Instagram/ferislova
Kaledo Stereo, via Instagram/ferislova

Tempat lain yang bisa kamu kunjungi di kota yang mendapatkan julukan sebagai Mutiara Khatulistiwa adalah Kaledo Stereo. Berada di Jl. Diponegoro No. 40. Konon penamaan tempat makan ini lantaran orang-orang makan harus menggunakan dua tangan, jadi bukan mono namun stereo.

Di sini kaledo bisa disantap dengan nasi putih jika tidak ingin singkong rebus. Kuahnya memiliki cita rasa yang sangat segar, dominan asam dan juga pedas. Bukanya mulai dari jam 09:00 hingga pukul 22:00 WIB. Untuk harganya, dipatok Rp65.000.

RM. Kaledo Abadi

Rumah Makan Kaledo Abadi, via Instagram/asyari.azhar
Rumah Makan Kaledo Abadi, via Instagram/asyari.azhar

Rumah Makan Kaledo Abadi berlokasi di Jl. Diponegoro No. 75, Palu. Untuk reservasi atau lain-lain, kamu bisa menghubungi nomor (0451-426046). Merupakan salah satu rekomendasi utama saat orang-orang ingin menyantap sop kaledo di Palu.

Bukanya mulai dari jam 09:00 hingga 23:00, Daging kaledonya empuk dan goreng paru disajikan terpisah. Kuahnya dominan rasa asam. Bisa jadi jujukan jika kamu ingin kaledo saat berada di Palu.

Rumah Makan Kaledo Tumbelaka

RM Kaledo Tumbelaka, via Instagram/culinary.story
RM Kaledo Tumbelaka, via Instagram/culinary.story

Tempat berburu kaledo enak lain adalah Rumah Makan Kaledo Tumbelaka. Alamatnya berada di Jl. Malonda, Silae, Palu, Sulawesi Tengah. Di sini menu utamanya adalah kaledo dengan rasa yang juara banget enaknya.

Kamu bisa memilih nasi atau singkong rebus sebagai makanan beratnya. Kuahnya asam dan menyegarkan. Selain kaledo, ada menu lainnya sebut saja mie kuah kaledo, ayam geprek, dan lain-lain. Harganya satu porsi kaledo dipatok Rp60.000 saja.

Kaledo memang sangat rekomended untuk dicicipi saat kamu memutuskan untuk traveling ke Palu. Pastikan Teman Traveler mampir di salah satunya, ya.

Tags
Indonesia kaledo di Palu kuliner palu Palu
Share