Viral Video Kaki Penumpang Kereta Naik ke Kursi di Depannya, PT KAI: Bisa Lapor ke Kondektur

Advertisement

Viral sebuah video yang memperlihatkan kelakuan seorang penumpang kereta api Indonesia (KAI) yang dinilai mengganggu. Video yang direkam pemilik akun Tiktok @yokootm ini diunggah pada Selasa (18/7/2023) lalu. Dalam video, terlihat kaki seorang penumpang naik ke atas kursi di kereta.

Seorang penumpang yang duduk di kursi depan perekam menaikkan kakinya. Kaki sebelah kanan penumpang tersebut terlihat bersila di atas kursinya sendiri. Sedangkan kaki kirinya menumpang di bagian depannya, tepatnya berada di samping kanan perekam.

Kaki Penumpang Naik Kursi Kereta
Foto via Tiktok

Yang membuat @yokootm risih ialah kaki penumpang depannya yang menumpang di sebelahnya. Meski terlihat tidak menggunakan alas kaki saat menumpang, hal itu dianggapnya tidak sopan.

Serius nanya, emang biasa ya di kereta api kayak gini? Dengan eloknya dia meletakkan kakinya tanpa ada ngomong apa-apa. Kalau tadi orang tua aku masih maklum. Emang pegel sih berjam-jam di kereta api, tapi setidaknya tau sopan santunlah.” tulisnya dalam video.

@yokootm #keretaapi ? original sound – yokooo

Video tersebut pun ditanggapi bermacam-macam oleh netizen. Beberapa menanyakan mengapa ia tidak menggunakan kereta api bisnis atau eksekutif, sehingga bisa lebih nyaman. Sebelumnya, di dalam caption video, ia telah menjelaskan bahwa tidak ada kereta bisnis atau eksekutif untuk jalur yang ia tuju, ialah Tanjungbalai-Medan.

@yokootm menambahkan pula di caption bahwa ia sudah menegur orang di depannya tersebut untuk tidak menumpangkan kaki di kursinya. Namun, penumpang tersebut masih tetap melakukan hal tersebut. Bahkan, perekam sudah sengaja membuka kakinya, namun penumpang di depannya justru meletakkan kaki kiri di antara kaki perekam.

Netizen juga menanggapi bahwa jika telah mendapatkan izin untuk menumpangkan kakinya, maka hal itu wajar. Dalam videonya, @yokootm menulsikan bahwa penumpang tersebut tidak mengatakan apa pun pada dirinya sebelum menumpangkan kaki.

Kereta Api Indonesia
Foto via Detik

Ada pula netizen yang memaklumi kejadian kaki penumpang yang naik ke kursi di kereta. Mereka mengatakan bahwa pasti terasa pegal karena melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta api. Juga beberapa kejadian serupa pun sering terjadi di kereta api ekonomi.

Pihak PT KAI pun menanggapi kejadian ini dengan menghimbau penumpang untuk tetap menghargai dan menghormati para penumpang lain. Hal ini bertujuan agar perjalanan bisa tetap aman dan nyaman bagi seluruh penumpang.

Terdapat nomor kondektur di dinding gerbong kereta, sehingga penumpang yang enggan menegur langsung, bisa melaporkannya kepada kondektur. Maka, kondekturlah yang akan menegur penumpang tersebut.

Advertisement
Tags
Kaki Penumpang Naik ke Atas Kursi di Kereta PT KAI PT Kereta Api Indonesia video viral
Share