Kafe Perpustakaan di Indonesia, Asyiknya Ngopi Sambil Baca Buku

Kafe dengan kopi yang enak sedang menjamur di tanah air. Di setiap kota besar dan kecil, tak susah untuk menemukan kedai yang menjual kopi enak khas daerah. Namun, tak banyak yang menyatukan kedai dengan perpustakaan. Ternyata ada beberapa kafe buku di Indonesia yang asyik banget untuk dikunjungi. Cocok nih untuk kerja atau ngopi sambil membaca. Di mana saja, ya?

1. The Reading Room, Jakarta

The Reading Room Jakarta
The Reading Room Jakarta via Instagram/@readingroomcafejkt

Bosan mengerjakan skripsi di rumah? Kini banyak kafe yang nyaman untuk bekerja. Salah satunya adalah The Reading Room yang ada di Jalan Kemang Timur No. 57 A-B, Jakarta Selatan. Tak hanya tempat yang nyaman, kafe ini juga menyediakan banyak rak yang penuh dengan buku. Jangan khawatir kelaparan saat bekerja, kamu tinggal pesan makanan. Untuk membantumu tetap bersemangat, jangan lupa pesan kopinya juga. Rasanya juara!

The Reading Room
The Reading Room via Instagram/@arafahnieria

2. The Library Coffee and Bar, Malang

The Library Coffee
The Library Coffee via Instagram/@stepanustrihartanto

Malang merupakan kota dengan seribu kafe. Kamu akan dengan mudah menemukan kedai dengan kopi enak di setiap meternya. Namun, ada satu kafe baru yang wajib masuk dalam daftarmu. The Library Coffee and Bar berlokasi di Jalan Guntur No.23, Oro-oro Dowo, Malang tak hanya menyediakan menu-menu yang super enak, namun juga interior yang instagenic. Seperti namanya, kafe ini menyediakan berbagai buku bacaan yang bisa menemanimu ngopi. Tersedia ruangan indoor dan outdoor, kamu bisa memilih sesuai selera. Coba cicipi lasagnanya, dijamin luar biasa!

Library Cafe Malang
Library Cafe Malang via Instagram/@nurul_malika

3. Blanco Coffee & Books, Yogyakarta

Blanco Coffee & Books
Blanco Coffee & Books via Instagram/@jssica_wang

Mau ngopi pagi sambil ngerjain lemburan? Ke Blanco Coffee & Books saja yang terletak di Jalan Kranggan No.30, Cokrodiningratan, Jetis, Jogja. Kafe ini menyuguhkan kopi terbaik dan juga beragam buku yang tidak akan membuatmu bosan. Serunya lagi, Blanco sudah buka sejak pukul 7 pagi. Jangan khawatir, Wifi di sini kenceng banget. Colokan pun tersebar di mana-mana. Mirip dengan coworking space di Bali. Nah, boleh nih liburan ke Jogja sambil bawa kerjaan. Setuju, kan?

Blanco Coffee & Books Jogja
Blanco Coffee & Books Jogja via Instagram/@benzbara_

4. Libreria Eatery, Surabaya

Libreria Eatery Surabaya
Libreria Eatery Surabaya via Instagram/@libreriaeatery

Tak susah menemukan tempat nongkrong di Surabaya. Namun lebih dari tempat kongkow, Libreria Eatery juga bisa digunakan sebagai tempat bekerja atau belajar bersama teman. Disediakan meja-meja besar yang siap menjadi kantor dadakanmu. Tak hanya itu, ada pula buku-buku di rak yang bisa dibaca. Saat lapar tiba, tinggal pesan makanan dan minuman. Kafe yang berlokasi di Jalan Raya Ngagel Jaya No.89 Surabaya ini juga menyediakan kopi yang siap dibawa pulang, lho.

Makanan di Libreria Eatery
Makanan di Libreria Eatery via Instagram/@libreriaeatery

5. Rumah Buku Kineruku, Bandung

Rumah Buku Kineruku
Rumah Buku Kineruku via Instagram/@kineruku

Bandung adalah surganya kafe gaul dengan berbagai tema. Dari kafe bertema gua hingga restoran yang berada di pinggir sungai, semua bisa kamu temukan di Kota Kembang. Tempat ngopi yang dilengkapi dengan perpustakaan juga ada, yaitu Rumah Buku Kineruku yang berlokasi di Jalan Hegarmanah No.52, Hegarmanah, Cidadap, Bandung. Buku sastra di kafe ini sangat melimpah. Kamu bahkan bisa meminjam dan membawa pulang buku, hanya dengan menjadi membernya. Benar-benar seperti perpustakaan, ya. Kineruku juga nyaman dijadikan tempat belajar karena tidak berada di jalan utama, jauh dari kebisingan.

Kopi di Kineruku
Kopi di Kineruku via Instagram/@kineruku

Kalau sebelumnya jadi malas ke perpustakaan, sekarang jadi semangat karena bisa sambil ngopi. Bagaimana, mau baca buku sambil ngemil di mana nih?

Tags
Indonesia kafe buku kuliner
Share