Kafe Berkonsep Artsy di Jogja, Santap Hidangan Sambil Memandang Karya Seni

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia
Kafe dengan konsep Artsy di Jogja. Kafe dengan konsep Artsy di Jogja.

Belakangan ini, bisnis kuliner di Indonesia sangat berkembang pesat. Hal tersebut tampak dari banyaknya tempat makan yang menyajikan suasana yang unik untuk menarik konsumen. Termasuk di Jogja, kota wisata di Indonesia yang takpernah sepi pengunjung. Bagi Teman Traveler yang ingin mencari tempat nongkrong, ada beberapa kafe berkonsep artsy di Jogja yang juga memamerkan karya seni. Jadi, lapar perut dan mata bisa diatasi bersamaan, deh. Di mana saja, ya?

Awor Gallery & Coffee

Awor Gallery & Coffee
Awor Gallery & Coffee via Instagram/wisatangopi

Bagi Teman Traveler yang ingin menikmati menu kopi enak sambil mengagumi karya seni, bisa berkunjung ke Awor Gallery & Coffee. Kafe ini berlokasi di Jl. C. Simanjuntak, Terban, Gondokusuman, Yap Square 11 B. Ruangan Awor Coffee terlihat cantik karena dihiasi dengan beberapa hasil dari fotografi. Walaupun tidak terlalu besar, namun tempat ini juga sering mengadakan event dan pameran seni.

Menu yang mereka tawarkan adalah berbagai jenis kopi seperti red velvet, americano. Sedang menu makanannya adalah waffle, pancake, dan lain-lain. Kafe berkonsep artsy di Jogja satu ini buka setiap hari mulai jam 09.00 hingga pukul 00.00 malam, pelanggan hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp5.000 saja, lho.

Via Via Jogja

Via Via Jogja
Via Via Jogja via Instagram/travelokaeats

Berlokasi di daerah yang ramai turis yaitu Jl. Prawirotaman No. 30, Brontokusuman, Mergangsan, Via Via menghadirkan konsep yang unik. Ruangan yang ada di kafe ini dijadikan sebagai tempat pameran seni kontemporer. Hal ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi seniman lokal agar dapat menuangkan ekspresi mereka melalu karya dan nantinya akan dipajang di berbagai sudut kafe.

Hal menarik lainnya adalah mereka juga menggunakan menu organik, seperti tidak menggunakan MSG, penggunaan beras organik, dan lain-lain. Kafe berkonsep artsy di Jogja ini menyajikan hidangan Indonesia seperti ayam betutu, ikan acar kuning, rendang daging, dan lain-lain. Pelanggan harus mengeluarkan biaya mulai dari Rp25 ribu untuk satu porsinya.

Lotus Mio

Lotus Mio
Lotus Mio via Instagram/meika_ika

Selanjutnya ada Lotus Mio yang termasuk kafe berkonsep artsy di Jogja dan berlokasi di Jl. Tirtodipuran No. 10, Mattrijeron. Letak kafe ini menyatu dengan outlet Coklat Monggo sehingga pelanggan yang datang juga bisa mampir dan membeli produknya. Menu makanan yang ditawarkan di Lotus Mio berupa perpaduan western dan lokal dengan harga mulai dari Rp10.000 per porsinya. Salah satu sajian yang bisa dicoba adalah Apple Pie, Choco Lava Cake, Potato Wedges, dan gelatonya. Para pengunjung juga bisa menikmati berbagai karya seni yang terpampang di area kafe.

Tirana Art House & Kitchen

Tirana Art House & Kitchen
Tirana Art House & Kitchen via Instagram/tiranakitchen

Terakhir, tempat yang juga cocok untuk anak-anak adalah Tirana Kitchen yang berlokasi di Jl. Suryodiningratan No.55, Mantrijeron. Di kafe ini pengunjung bisa menemukan 49 karya seni dari anak-anak yang berusia dari 4 hingga 11 tahun. Dalam satu tempat, pengunjung akan menemukan 3 konsep yang berbeda. Pertama ada coffee corner, kedua terdapat koleksi seni yang unik, dan ketiga ada Tirana House yang menyerupai butik.

Buka setiap hari mulai jam 09.00 hingga pukul 24.00 malam, pelanggan bisa menemukan berbagai menu es krim seperti affogato, menu kopi ice matcha latte, dan makanan ringan sweet potato.

Itulah sekian kafe berkonsep artsy di Jogja. Seru juga masuk dalam daftar tempat-tempat yang wajib dikunjungi saat bertandang ke Kota Pelajar. Setuju, kan?