Kado Cantik dari Desa Mantar: Kain Tenun Negeri di Atas Awan

Teman Traveler, apa kamu punya rencana berlibur ke Sumbawa? Jika iya, kali ini Travelingyuk akan membahas salah satu desa di pulau ini. Pulau Sumbawa berlokasi di Kabupaten Sumbawa Barat. Kabupaten ini memiliki keanekaragaman budaya karena hampir setiap desa memiliki suku dan bahasanya sendiri. Pulau Sumbawa memang punya banyak sejuta pesona, salah satunya adalah kado cantik dari Desa Mantar.

Sunset terindah di Desa Mantar

View menyaksikan sunset di Desa Mantar via Instagram/@wira.ahm

Desa Mantar terletak di ketinggian kurang lebih 630 meter di atas permukaan laut. View terbaik di desa ini adalah ketika matahari terbit tiba. Untuk bisa menikmati keindahan ini, Teman Traveler disarankan menginap di sekitar desa ini. Namun karena perjalanan cukup jauh, kamu bisa beristirahat sebentar di Desa Kiantar. Desa Kiantar ini berlokasi di Dusun Sagena yang menjadi pintu gerbang menuju desa Mantar.

Perjalanan menuju Desa Mantar

Pemandangan Desa Mantar via Instagram/ @wira.ahm

Untuk menuju Desa Mantar, tidak ada akses transportasi khusus menuju ke sana. Maka dari itu menaiki sepada motor bisa jadi alternatif. Nantinya kamu bisa naik motor dari Dusun Sagena. Perjalanan menuju desa Mantar dari Dusun Sagena menghabiskan waktu sekitar 45 menit.

Tenun cantik karya warga Desa Mantar

Kain cantik dari Sumbawa (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Sesampainya di Desa Mantar, nantinya kamu akan bertemu dengan warga Dusun Sagena. Mereka ini yang akan menemani perjalanan selama berkeliling di Desa Mantar. Hal pertama yang akan dilakukan adalah berkunjung ke rumah penenun legendaris di desa ini.

Setelah mengobrol ringan, ternyata penenun di Desa Mantar mengatakan kalau mereka cukup mendapat perhatian dari Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Tentunya dari perjalanan ke Sumbawa ini kita bisa mendapatkan banyak pelajaran. Bahwa menenun bukanlah pekerjaan yang mudah. Prosesnya yang begitu panjang dan detail inilah yang membuat karya seni mereka berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi.

Itu dia kado cantik dari Desa Mantar yang tak bisa kamu dapatkan di tempat manapun. Tentunya selain traveling, perjalanan ke sini selalu membawa banyak pelajaran berharga yang tak mudah dilupakan. Jadi kapan kamu liburan ke Desa Mantar?

Tags
Sumbawa Sumbawa Barat wisata sumbawa barat
Share