Kabupaten Lima Puluh Kota, Surga Sumatera Barat yang Penuh Wisata Indah

Sumatera memang mempunyai banyak tempat wisata eksotis yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa sebenarnya banyak ‘harta karun’ terpendam di wilayah satu ini.  Penasaran seperti apa? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Ngalau Indah

Kabupaten Lima Puluh Kota
Ngalau Indah via instagram/ jezyabdinata

Tidak hanya gunung dan hutan, Kabupaten Lima Puluh Kota juga punya goa yang bernama Ngalau Indah. Objek wisata ini mempunyai beberapa kelebihan.

Pertama adalah stalagtit dan stalagmit yang bentuknya masih sangat terjaga. Kemudian yang kedua, ada salah satu bagian dari gua yang bisa mengeluarkan suara seperti gong. Maka dari itu, bagian goa tersebut dinamakan dengan batu gong. Lalu yang terakhir, Ngalau Indah memiliki lebih dari satu mulut goa sebagai akses masuk dan keluar.

Lembah Harau

Kabupaten Lima Puluh Kota
Lembah Harau via instagram/ asrul_b_y

Bagi Teman Traveler yang ingin berkunjung ke Kabupaten Lima Puluh Kota, jangan lupa untuk berkunjung ke Lembah Harau. Destinasi ini merupakan sebuah lembah yang diapit oleh dua bukit terjal. Ada air terjun di tengahnya yang menjadi pelengkap keindahan dari Lembah Harau. Bagi yang ingin mencoba pengalaman baru, bisa mengunjungi Kampung Eropa yang berada di sekitar air terjun.

Batang Tabik

Batang Tabik via instagram/ _cokxx____

Jika ingin mandi air panas, Teman Traveler bisa datang ke Batang Tabik. Wisata ini bukanlah kolam air panas buatan seperti di tempat-tempat lain. Airnya langsung dari mata air pegunungan yang jelas membuat para pengunjung merasa nyaman. Keunggulan lainnya yang disediakan oleh Batang Tabik yakni para turis juga bisa berenang bersama ikan-ikan.

Padang Mangatas

Padang Mangatas via instagram/ badrussholeh087

Objek wisata satu ini merupakan peternakan terbesar di Asia Tenggara pada tahun 1955. Pada 1958 sampai 1961, peternakan ini berubah menjadi lokasi basis pertahanan pemberontak Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia atau PRRI dan mengakibatkan peternakan Padang Mengatas rusak berat.

Kini, objek wisata yang terletak di Jalan Padang Mangatas, Mungo, Luak, Kabupaten Limapuluh Kota ini kembali menjadi area peternakan. Bahkan, panorama dari Padang Mangatas ini disebut-sebut New Zealand-nya Indonesia.

Ternyata, Kabupaten Lima Puluh Kota mempunyai beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari goa, hingga peternakan yang pemandangannya tak kalah dengan luar negeri. Hal ini jadi bukti kalau Sumatera mempunyai beragam destinasi yang layak didatangi. Bagaimana, Teman Traveler paling tertarik berkunjung ke mana dulu, nih?

Tags
Indonesia Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat Wisata
Share