Jurang Toleh, Taman dan Danau Indah di Malang Selatan

Malang, bisa dibilang gudangnya beragam destinasi menawan. Mulai dari pantai di pesisir selatan, hingga gunung gagah di sekeliling wilayahnya. Salah satu yang cukup saya rekomendasikan adalah Jurang Toleh.

Terlepas dari namanya, Jurang Toleh sangat mudah diakses, kok. Destinasi di Malang ini punya banyak hal keren untuk manjakan pengunjung. Daripadan penasaran, yuk simak cerita saya berikut ini.

Tambak Disulap Jadi Tempat Wisata

Tambak yang Disulap Jadi Tempat Wisata (c)Willy/travelingyuk
Tambak disulap jadi tempat wisata (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Jurang Toleh adalah sebutan untuk danau di selatan Malang. Sebelum hits di kalangan wisatawan, warga setempat kerap memanfaatkan tempat ini sebagai tambak untuk membudidayakan ikan dan pemancingan. Teman Traveler jangan heran jika melihat banyak orang duduk berjajar dengan tenang, menunggu umpan disambar.

Suasana di sekitar sini benar-benar tenang. Pemandangannya juga sangat keren. Bisa jadi alternatif untuk menghabiskan libur di akhir pekan.   

Taman di Pesisir Danau 

Taman di Pesisir Danau Jurang Toleh (c) Willy/travelingyuk
Taman di pesisir danau (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Keindahan Jurang Toleh mengingatkan saya pada Bendungan Selorejo. Tak hanya danau luas, di sini Teman Traveler juga bisa nikmati keindahan taman bunga dan spot foto cantik. Bahkan di akhir pekan, kalian bisa menyewa kostum ala suku indian.

Gardu pandang di pohon jadi spot paling favorit di sini. Dari sini, Teman Traveler bisa menikmati pemandangan indah danau dari ketinggian. Jika sudah puas berfoto, kalian bisa duduk santai sambil menikmati bermacam makanan. Rasakan lembutnya terpaan angin sepoi-sepoi, dijamin jadi makin enggan pulang.

Sensasi Naik Perahu yang Seru 

Sensasi Naik Perahu yang Seru di Jurang Toleh (c)Willy/Travelingyuk
Sensasi seru naik perahu (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Puas santai di bawah pohon rindang, saatnya mencoba tantangan keliling danau naik perahu. Takkan lengkap rasanya mampir ke Jurang Toleh tanpa menjajal wahana ini. Sensasinya begitu seru dan tak terlupakan.

Jika Teman Traveler takut mendayung sendiri, bisa minta diantar oleh penjaganya. Berikutnya kalian cukup duduk tenang dan menikmati pemandangan sekitar.

Selain itu ada juga wahana sepeda air berbentuk bebek. Untuk keseruan ini, Teman Traveler bisa mengayuhnya bareng teman maupun pasangan. Pastinya bakal sangat menyenangkan.

Spot Foto di Tengah Danau 

Spot Foto di Tengah Danau Jurang Toleh (c)Willy/Travelingyuk
Spot foto di tengah danau (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Salah satu yang bikin Jurang Toleh terkenal adalah spot foto mengapung di tengah danau. Untuk menuju sini Teman Traveler harus naik perahu karena tidak ada jembatan penghubung dan jaraknya lumayan jauh dari bibir danau.

Spot foto ini berbentuk mirip dermaga, lengkap dengan miniatur perahu dari kayu. Tempat selfie ini ukurannya sebenarnya tidak terlalu besar. Tidak bisa menampung banyak orang. Agar makin keren, Teman Traveler bisa manfaatkan sepeda tua yang sudah disediakan sebagai properti foto.  

Cara Menuju Jurang Toleh 

Cara Menuju Jurang Toleh (c)Willy/travelingyuk
Cara menuju Jurang Toleh (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Jurang Toleh berada di Jatimulyo, Jatiguwi, Kecamatan Sumber Pucung. Teman Traveler bisa berangkat dari pusat Kota Malang, dengan menempuh jarak sekitar 31 kilometer. Perjalanan bakal memakan waktu kira-kira 45 menit.

Teman Traveler bisa ambil rute lewat Pakisaji, dilanjutkan dengan Kepanjen, kemudian teruskan ke arah Blitar hingga sampai Sumber Pucung. Tidak disarankan menggunakan kendaraan umum karena lokasi wisatanya masuk kawasan perdesaan dan melewati persawahan. 

Tiket serta biaya parkir di sekitaran Jurang Toleh cukup murah. Sewaktu berkunjung ke sini, saya hanya mengeluarkan Rp5.000 untuk parkir dan Rp10.000 untuk sewa perahu. Saya juga berikan sedikit rupiah sebagai tips untuk bapak yang mendayung perahu.

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan di Jurang Toleh. Jika Teman Traveler sedang jelajah wisata Malang dan mencari wisata bernuansa alam, jangan lupa mampir ke sini ya.  Bagaimana, mau ajak siapa untuk mulai berpetualang?

Tags
jurang toleh malang kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share