Ini Tempat Wisata di Kabupaten Belu NTT, Asal Joni Gala Si Pemanjat Tiang Bendera

Aksi heroik yang dilakukan oleh Joni Gala saat memanjat tiang dan membetulkan tali bendera, mendapat banyak apresiasi. Bocah 13 tahun tersebut mendapatkan undangan dari Menpora untuk dapat menyaksikan pembukaan Asian Games 2018, beasiswa pendidikan hingga sarjana dari PLN, bahkan ‘uang permen’ senilai 50 juta dari Hotman Paris Hutapea. Seperti yang diketahui, Joni Gala berasal dari Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Tak hanya menjadi rumah bagi pahlawan yang menyelamatkan jalannya Upacara Kemerdekaan, namun banyak destinasi wisata di Kabupaten Belu yang sayang dilewatkan.

Lembah Fulan Fehan

Lembah Fulan Fehan via instagram/nttadventure

Lembah Fulan Fehan terletak di perbatasan Indonesia dengan Timor Leste, lebih tepatnya tempat ini berada di Kecamatan Lamakanen, Kabupaten Belu. Lembah yang berada di kaki Gunung Lakaan ini memiliki hamparan sabana yang luas. Karena itu bentuknya pun menyerupai lapangan golf. Udara di sekitar tempat ini cukup sejuk, rata-rata berkisar antara 21-30 derajat celcius.

Benteng Ranu Hitu

Benteng Ranu Hitu via jalanwisata.id

Di Kabupaten Belu, Teman Traveler juga dapat menemukan benteng peninggalan sejarah. Benteng Ranu Hitu, atau yang juga dikenal dengan nama Benteng Lapis Tujuh Makes, memiliki pertahanan yang terdiri dari tujuh lapis. Pertahanan tersebut dapat ditemukan mulai dari ruang depan hingga ruang pertemuan yang berbentuk lingkaran. Tempat bersejarah ini berada di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen.

Pantai Pasir Putih Atapupu

Sunset di Pantai Atapupu via instagram/hairilsaleh

Pantai yang berada di kawasan perbatasan NKRI dengan Republik Demokrat Timor Leste ini adalah salah satu destinasi andalan masyarakat Atambua. Pantai Atapupu memiliki pasir putih yang masih bersih dan terjaga serta hutan bakau di bagian kiri pantai. Dari Kota Atambua, tempat ini berjarak 24 kilometer atau berjarak 1 jam perjalanan.

Teluk Gurita

Teluk Gurita via instagram/nttadventure

Teluk Gurita merupakan salah satu tempat bersejarah di Atambua. Tempat yang dulu dikanal dengan nama Kuit Namon ini merupakan pelabuhan alam yang sering digunakan oleh para saudagar pedagang dari Asia dan Eropa. Teluk Gurita sendiri berjarak sekitar 20 kilometer dari Pusat Kota Atambua. Pentolan grup musik Slank, Kaka, pernah melakukan penyelaman di tempat ini bersama tim penyelam Jailolo untuk memetakan spot-spot diving di Teluk Gurita.

Bukit Kakeu Mantenu

Bukit Kakeu Mantenu via instagram/farahlynaa

Bukit Kakeu Mantenu berjarak 30 kilometer dari Kota Atambua. Aksesnya pun dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Hampir sama dengan Lembah Fulan Fehan, di bukit ini Teman Traveler juga dapat menemukan pemandangan perbukitan yang diselimuti dengan sabana.

Panorama alam di kawasan timur Indonesia memang luar biasa. Selain itu, alam yang masih terjaga dan bersih adalah salah satu nilai lebihnya. Beberapa tempat wisata seperti yang ada di sekitar tempat tinggal Joni Gala di Kabupaten Atambua tersebut. Ada yang pernah Teman Traveler kunjungi?

Tags
Indonesia Joni Gala Joni Pemanjat Tiang Kabupaten Belu Wisata
Share